SUKSES dan GAGAL, Harus Belajar

SUKSES dan GAGAL, Harus Belajar

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Pagi ini, dalam perjalanan ke kantor saya sambil mendengarkan radio Smart FM. Kebetulan acara Smart Business Talk kali ini yang mengisi adalah motivator Mbahnya Dahsyat, yaitu siapa lagi kalau bukan Tung Desem Waringin (TDW). Beliau membawakan siaran tentang Kebiasaan yang Membuat Orang Sukses dalam Bisnis dan Kehidupan.

Saya tidak akan menulis tentang kebiasaan-kebiasaan tersebut, tetapi ada satu kalimat pembuka yang menjadi konsen saya, yaitu salah satu rumus anti gagal. Beliau mengatakan:

“Dalam hidup itu tidak ada KEGAGALAN, yang ada adalah SUKSES dan BELAJAR”.

Coba renungkan baik-baik, apa maksud dari kalimat motivasi dari pak Tung tsb?

Saya jadi teringat kehidupan waktu kecil, yaitu saat kita semua sedang dalam masa belajar untuk berjalan dan saat saya belajar naik sepeda. Saat kita belajar berjalan… mungkin masa itu kita tidak bisa mengingatnya, karena umur kita masih bayi (1 tahunan). Otak sadar kita belum optimal dan masih dikendalikan oleh Otak bawah sadar. Namun, ketika kita belajar naik sepeda, masa itu betul-betul bisa diingat, karena usia kita sudah masuk masa anak-anak. Otak sadar kita mulai berkembang.

Baca juga: Belajar Bersepeda

Coba perhatikan, ketika anak-anak belajar berjalan dan bersepeda, apakah mereka langsung bisa berjalan/bersepeda dengan mulus??? Tentu tidak bukan? Mereka pasti pernah TERJATUH, Kaki lecet, Memar, SAKIT dan BERDARAH. Apakah saya dan anda, waktu itu langsung MENYERAH? Tidak mau mencoba lagi? Pasti tidak !! Buktinya sekarang kita bisa berjalan bahkan berlari dan lancar bersepeda/mengendarai motor.

Begitu hebatnya kita waktu kecil. Tidak ada kata GAGAL. Tidak ada kamus MENYERAH waktu itu. Keinginan kita sangat kuat, yaitu Bisa Berjalan/Bersepeda (GOAL). Yang ada adalah kata SAYA HARUS BISA.

Begitulah seharusnya, rumus anti gagal dalam kehidupan. Kalo ingin menjadi orang SUKSES, Belajarlah madal hayah. Proses Belajar harus terus menerus sepanjang kehidupan, kapan pun dan dimana pun. Mencoba sesuatu yang baru, Berlatih, Praktek langsung adalah bagian dari proses belajar. Ketika anda terjatuh, RUGI bahkan BANGKRUT… itu bukan GAGAL. Ada banyak pelajaran berharga yang bisa anda ambil dari situ. Apa yang harus diperbaiki, ditambahkan, ditingkatkan dan dihilangkan. Selanjutnya Mencoba lagi, dengan cara baru, dengan strategi baru, dengan semua perbaikan yang sudah anda pertimbangkan.

Bagaimana dengan kondisi sekarang??? Jangan sampai sebaliknya, mau memulai usaha/bisnis… bingung, karena tidak memiliki GOALs yang jelas. Sudah berani mencoba sesuatu dan gagal, langsung BAPER dan berkesimpulan… ternyata hidup itu susah..!! Akhirnya menyerah dan anda menjadi orang yang KALAH.

Baca juga: Bisnis Harus ALL OUT

Wahai sahabatku, memang benar bahwa dalam hidup ini tidak ada kata SUKSES dan GAGAL, yang ada adalah SUKSES dan BELAJAR. Ketika kita GAGAL, belajar lagi untuk Bangkit kembali. Dan ketika kita SUKSES, belajar lagi untuk menggapai sukses yang lebih besar lagi. Justru orang yang berhenti Belajar, walaupun dia hidup, sejatinya dirinya telah Mati…

Baca juga: Katak Kecil Memanjat Menara

Salam Perubahan…!!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , , , , ,

5 replies

Trackbacks

  1. Mendorong Mobil Mogok | Sugibisnis's Blog
  2. Jangan Takut Pada Masalah | Sugibisnis's Blog
  3. Orang BEJO Mengalahkan Orang Pintar | Sugibisnis's Blog
  4. Ternyata Aku Orang HEBAT!!! – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  5. Tips Memilih Bisnis – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: