Generasi Mbah Google

Generasi Mbah Google

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Suatu ketika, ada seorang anak tetangga yang masih sekolah SD datang ke rumah. Anak ini mau mengerjakan PR, minta bantuan ibunya, yang waktu itu masih bantu-bantu kerjaan catering di rumah. Ketika anak itu bertanya, apa jawaban dari soal-soal yang menjadi PR? Ibunya pun menjawab, “Udah, cari di Google aja”..!!

Setiap membaca soal PR, anak itu pun langsung membuka Mbah Google, berusaha mencari jawaban yang tepat untuk soal itu. Ia tersenyum gembira ketika mendapatkan jawabannya. Ditulisnya lah jawaban itu pada buku PR nya. Ia kerjakan semua soal, dengan jawaban hasil searching dari Google

Saya tergelitik sambil senyum-senyum, memperhatikan tingkah anak itu dan ibunya. Rupanya fenomena ini memang sudah membudaya pada generasi Zaman NOW, baik itu pelajar SD, SMP, dan SMA serta mahasiswa perguruan tinggi. Setiap mengerjakan tugas apapun, pasti yang dijadikan rujukan pertama kali adalah Google. Mereka mengumpulkan sumber referensi dan jawaban hanya dengan meng-KLIK Mbah Google.

Saya sendiri dan anda mungkin, setiap mencari sesuatu, misalnya materi belajar, ilmu, tips dan cara, berita politik, olahraga dan berita yang lagi viral, pasti yang dicari Google atau Youtube. Semuanya serba “Googling aja..!!”. Bahkan dengan perintah suara pun Google akan menampilkan apa yang anda cari. “Ok Google..!!”

Tidak ada yang salah..!! Memang sudah zamannya. Dunia sudah serba digital dan online. Pacaran saja bisa online… Nanti jangan-jangan anaknya hasil Download secara online… Hahahaha… Just kidding.!!

Saya membayangkan, betapa berjasanya Google ya? Seandainya itu termasuk Amal jariyah, maka pahalanya akan mengalir terus setiap detik, dari pengguna internet seluruh dunia. Google dalam waktu sangat singkat, dengan sekali KLIK, langsung memberikan jawaban atas Kata Kunci yang dicari orang, dalam jumlah yang tidak sedikit. Sampai jutaan alternatif jawaban yang dicari, diurut sesuai traffic-nya menurut Google.

Baca juga: Perkembangan Zaman Yang Memanjakan

Sangat memanjakan. Sangat mengenakkan. Sangat memudahkan. Namun, di sisi lain sangat melenakan. Orang secara tidak sadar, bisa berlama-lama berselancar di dunia maya. Berawal dari searching mbah Google, banyak link muncul, trus tertarik untuk klik-klik, asyik dech membaca, melihat apa yang dibuka di internet. Padahal isinya sudah jauh dari apa yang dicarinya di awal. Tanpa disadari, waktu berlalu begitu cepat…

Selain itu, Google juga berhasil merubah pola hidup manusia. Google memenuhi kebutuhan informasi secara instan. Akhirnya zaman pun ikut berubah. Semua serba INSTANT. Orang generasi sekarang, ketika menginginkan sesuatu, maunya serba cepat. Tidak kreatif. Tidak betah menunggu lama. Tidak sabar menjalani proses panjang. Tidak tahan dengan perjuangan. Kalau bisa potong kompas. Lahirlah generasi Malas…

Wahai Sahabatku, inilah realita yang ada. Generasi Mbah Google. Jangan menolak perubahan. Jangan melawan perkembangan peradaban. Yuks, kita sikapi secara bijak dan dewasa. Hidupkan Filter Kebenaran dan Kebaikan dalam diri kita, sehingga kita akan mendapatkan kemanfaatan yang besar.

Baca juga: Umur Manusia Makin Pendek

Salam Perubahan…!!!



Categories: Personal

Tags: , , , , , , , , ,

1 reply

Trackbacks

  1. Sumpah Pemuda Bukan SAMPAH PEMUDA | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: