Kita Butuh STRESS

Kita Butuh STRESS

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Siang ini, saya duduk di meja kerjaku, sambil mainin pulpen yang ada pegasnya, yang bisa dipencet-pencet penutup atasnya untuk mengeluarkan dan menyembunyikan mata penanya. Tutup pulpen saya tekan-tekan bergantian, yang membuat mata pena juga keluar dan masuk lagi. Tekan… lepas… tekan… lepas lagi. Silahkan kalo mau coba, ambil pulpen masing-masing, lakukan hal yang sama. Apa yang anda rasakan?

Ketika tutup pulpen ditekan, trus dilepas lagi, maka tutup itu akan memantul dan menyembul keluar. Terutama saat melepas tutup pulpen untuk memasukkan mata pena, pantulannya lebih panjang keluar. Ketika ditekan, muncul tenaga tersimpan sehingga ketika dilepas tekanannya, tenaga akan dilepas dan memantulkan tutup pulpen. Hal ini bisa terjadi, karena dalam pulpen tersebut, di bawah tutup pulpen ada pegasnya. Pegas itulah yang mengatur tekanan dan tenaga yang dilepaskan ke tutup pulpen.

Begitu juga dengan manusia, pasti pernah mengalami tekanan hidup, beban hidup yang berat, yang akhirnya menimbulkan tekanan mental dan psikologis alias STRESS. Siapa yang berani bilang tidak pernah mengalami STRESS? Angkat tangan..!!

Menurut Wikipedia, STRESS adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan ini muncul dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Tekanan ini bisa berasal dari dalam diri, atau dari luar. Beban hidup, beban kerja, tekanan dari atasan/manajemen perusahaan kalo anda seorang karyawan, tuntutan dari keluarga, dll, dalam menjalani hidup ini, sering membuat kita merasa STRESS.

Ternyata STRESS itu diperlukan oleh manusia loh. Itu artinya tidak semua STRESS itu negatif, tapi ada yang positif. Sekuat apa Pegas dalam diri kita mampu menahan tekanan, di situlah batas kita bisa mengontrol STRESS. Seandainya tekanan melebihi batas kekuatan Mental kita, maka Pegas akan patah. Saat itulah muncul respon dan perilaku negatif terhadap STRESS. Misalnya orang jadi Depresi, murung berlebihan, doyan makan, pemarah, bahkan ada yang sampai GILA…

Jagalah Pegas dalam diri anda ketika menghadapi tekanan hidup. Kendalikan mental anda untuk menghadapi tekanan, jangan sampai mematahkan pegas anda. Arahkan tekanan itu untuk menyentuh dan menyapa Jati Diri anda, sehingga muncul Energi baru untuk memantulkan tekanan itu. Jadikan STRESS untuk mengungkit KESADARAN anda untuk mengeluarkan POTENSI dan KOMPETENSI yang tersimpan dalam diri anda.

Berusahalah sekuat tenaga, untuk mengontrol STRESS agar tidak muncul perilaku merusak diri sendiri. Segera lakukan kontemplasi, istighfar dan introspeksi, berdoa, minta pertolongan Alloh SWT untuk membangkitkan kekuatan diri menghadapi segala permasalahan yang membuat anda tertekan. Setelah anda SADAR dan menemukan kembali JATI DIRI, maka segera bangkitlah..!! Urai masalah satu per satu, cari jalan keluar dan selesaikan !! Optimislah, badai pasti berlalu. Masa depan lebih baik akan menjadi milik anda…

Baca juga: Kepribadianku Menentukan Masa Depanku

Alloh SWT akan memberikan jalan keluar kepada orang-orang yang bertaqwa, dan memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Ini janji Alloh dalam Alqur’an Surah: Ath-Thalaq ayat 2-3 (QS 65 : 2-3).

Sahabatku, tidak ada seorang pun yang bebas dari masalah, terhindar dari tekanan. Pasti semua orang pasti pernah mengalami STRESS. Hasil akhirnya, tergantung respon anda terhadap STRESS tersebut.

Salam Perubahan…!!!

Advertisements


Categories: Personal

Tags: , , , , , , ,

4 replies

  1. Tetap berkarya pak..

Trackbacks

  1. Menggenggam Masalah Terlalu Lama | Sugibisnis's Blog
  2. Berapa Lama Memegang Batu | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: