Sumpah Pemuda Bukan SAMPAH PEMUDA

Sumpah Pemuda Bukan SAMPAH PEMUDA

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Manusia adalah makhluk sosial, yang hidupnya cenderung berkelompok atau lebih kerennya berkomunitas. Siapa yang hari ini tidak memiliki komunitas, minimal komunitas dalam Whatsapp Group. Pasti punya kan??

Kehidupan di kantor, perusahaan, lembaga juga sama, pasti banyak TEAM yang dibentuk untuk mengerjakan tugas-tugas rutin maupun non rutin. Tujuannya adalah agar pencapaian hasil lebih optimal bahkan berhasil melampaui target yang ditetapkan. Di semua bagian dibentuk FGD (Focus Group Discussion), untuk membahas permasalahan yang terjadi dan mencari jalan keluar yang solutif.

Naah, kita sering mendengar nih, berapa jumlah orang dalam satu kelompok, dengan sebutan sebagai berikut:

  • Berlima, artinya jumlah anggota dalam kelompok ada 5 orang.
  • Berempat, artinya jumlah anggota dalam kelompok ada 4 orang.
  • Bertiga, artinya jumlah anggota dalam kelompok ada 3 orang.
  • Bedua, artinya jumlah anggota dalam kelompok cuma 2 orang.
  • BERSATU, artinya ??? Bukan berarti jumlah anggota kelompok hanya 1 orang, itu namanya sendirian alias ALONE…

Ternyata kata BERSATU bukan menunjukkan hitungan kuantitas seperti yang lain, tetapi lebih menggambarkan ukuran Kualitas. BERSATU justru menunjukkan jumlah orang yang banyak dan berbeda-beda karakter, tapi mereka bisa bergabung menjadi satu kelompok. Bisa jadi mereka memiliki banyak perbedaan, misalnya berbeda warna kulit, beda latar belakang, beda suku, beda kebiasaan, beda kecenderungan, dll. Mereka disatukan oleh satu kepentingan yang sama, satu tujuan besar yang sama.

Hari Minggu kemarin bertepatan dengan tanggal 28 Oktober 2018. Ingat tanggal itu, ingat peristiwa sejarah yang sangat HEBAT 90 tahun yang lalu, yaitu SUMPAH PEMUDA. Peristiwa itu terjadi sebelum kemerdekaan Indonesia. Anda masih ingat cerita sejarahnya kan??

Waktu itu muncul kesadaran nasionalisme para pemuda-pemudi untuk keluar dari penderitaan akibat penjajahan Hindia Belanda. Muncullah berbagai organisasi pemuda di setiap daerah, misalnya Jong Java, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Ambon, Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), dll. Mereka semua bisa BERSATU dalam Konggres Pemuda I (1926) dan II (1928). Dan pada Konggres Pemuda II inilah lahir Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda adalah pengakuan dari pemuda pemudi Indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa, yaitu INDONESIA. Mereka berasal dari bermacam-macam suku, bahasa daerah, dan budaya yang semuanya berbeda. Namun, semua berkumpul dan BERSATU dalam satu Konggres Pemuda, dan melahirkan semangat yang luar biasa, yaitu Sumpah Pemuda. Semua didorong oleh Keinginan, Kepentingan dan Tujuan yang sama, yaitu NASIONALISME yang melahirkan Persatuan dan Kesatuan bangsa Indonesia. Mereka rela berkorban, menanggalkan kepentingan pribadi demi kepentingan bersama yang jauh lebih besar.

Baca juga: Menggenggam Sapu Lidi

Wahai Pemuda Zaman NOW..!! Wahai generasi Millenial..!! Bagaimana kondisi anda sekarang? Apakah anda pernah mengenang sejarah Sumpah Pemuda?? Apakah anda masih mementingkan keinginan masing-masing, Individualis dan tidak peduli dengan kepentingan bangsa?? Apakah anda masih menjadi generasi yang suka MAGER, MALAS, maunya serba INSTAN, minim prestasi dan karya? Apakah anda masih menjadi generasi yang tidak memiliki peran Sosial, peran Kebaikan dan peran Perubahan??

Sungguh sangat disayangkan. Janganlah seperti itu. Janganlah menjadi SAMPAH PEMUDA, yang justru akan menjadi beban dan menghancurkan bangsa Indonesia ke depan. Akan tetapi, kenanglah dan ambillah nilai-nilai luhur SUMPAH PEMUDA untuk kalian tanamkan dalam diri kalian. Jadikanlah semangat SUMPAH PEMUDA sebagai bekal dan motivasi untuk membangun diri, keluarga, masyarakat dan bangsa Indonesia yang lebih maju dan bermartabat. Indonesia yang adil dan makmur, gemah ripah loh jinawe…

Baca juga: Generasi Mbah Google

Salam Perubahan…!!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , , , ,

1 reply

Trackbacks

  1. Orang Rajin Mengalahkan Orang Pintar | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: