Milenial Zaman Now

Milenial Zaman Now

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Pada moment libur panjang, long weekend, saya dan keluarga berlibur ke Bandung. Jangan ditanya tentang kemacetan perjalanan ke sana, karena sudah pasti rute merah semua menurut Google maps. Begitu juga kondisi jalan-jalan di kota Bandung, macet sekali dipenuhi mobil-mobil dengan plat B dari Jakarta.

Di kota Bandung saya memperhatikan cafe-cafe di sepanjang jalan Dago, semua dipenuhi oleh anak-anak muda yang sedang kongkow-kongkow. Mereka nongkrong, bercanda ria, asyik bercerita, main gadget dan sesekali berfoto bersama maupun selfie. Mereka semua adalah generasi Milenial.

Saya juga menyempatkan mengunjungi salah satu objek wisata di Bandung yang sangat terkenal, yaitu The Lodge Maribaya, salah satu spot selfie yang sangat menawan di atas ketinggian. Kita bisa naik Sepeda Terbang di atas bukit, sambil diabadikan moment tersebut dengan foto maupun video, dengan pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

Baru tiba di lokasi, parkiran sudah sangat penuh mobil-mobil pengunjung. Masuk ke area penjualan tiket masuk, masya Allah… antrian panjang sekali. Saya perhatikan para pengunjung mayoritas anak muda dan keluarga muda. Mereka semua adalah generasi Milenial.

Karena antrian sangat panjang, maka kami pun memutuskan untuk balik arah dan menuju tempat rekreasi yang lain, yaitu ke Kawah Ratu Tangkuban Perahu. Sampai di sana pun pengunjung sudah sangat padat, yang didominasi juga oleh kalangan anak muda. Hampir semua pengunjung mencari spot untuk foto selfie yang bagus. Saya dan keluarga pun sama, berfoto-foto ria, mengabadikan moment indah di sana. Mereka semua adalah generasi Milenial.

Saya juga merasa yakin, tidak cuma di Bandung, di kota-kota lain pun, tempat-tempat rekreasi dan cafe-cafe pasti dipadati oleh pengunjung dari generasi Milenial. Rupanya hal ini sudah menjadi salah satu ciri khas dan gaya hidup kaum Milenial, yang menurut Yuswohady (mas Iwo) – pakar Marketing dan Branding – disebut Experience Generation.

Menurut Mas Iwo, By-default, Konsumen Milenial adalah konsumen yang paling haus akan pengalaman (experience) dibanding generasi-generasi sebelumnya. Survei di seluruh dunia (Everbrite-Harris Poll, 2014) membuktikan bahwa milenial lebih memilih menghabiskan uang mereka untuk pengalaman (experience) ketimbang barang (material goods). Experience-based consumption ini antara lain: liburan, menginap di hotel, makan dan nongkrong di kafe/resto, nonton film/konser musik, karaoke, nge-gym, wellness, dan lain-lain. Pola konsumsi mereka bergeser dari yang awalnya didominasi oleh makanan-minuman menjadi hiburan dan leisure.

Jadi wajar, jika cafe-cafe/resto yang mengusung konsep zaman Now akan dipenuhi oleh anak muda. Begitu juga tempat-tempat rekreasi yang memiliki spot menarik untuk berfoto/selfie, kaum milenial akan memburunya. Mereka rela merogoh kocek, datang dari jauh ke tempat itu, dan sesampai di lokasi, mereka hanya mencari spot untuk berfoto. Setelah puas berfoto dengan berbagai gaya, mereka pun pulang, tanpa menikmati lebih dalam keindahan tempat tersebut.

Begitulah cara generasi Milenial untuk mencari pengalaman baru, mengeksplorasi tempat baru, dan mengabadikannya dalam foto/video. Selanjutnya dengan sekali sentuh, foto/video mereka pun sudah masuk ke akun media sosial, seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Mereka pun merasa sangat PUAS dengan Like, Comment and Share dari teman-temannya yang mengunjungi akun medsosnya…

Baca juga: Loyalitas Generasi Milenial

Salam Perubahan…!!!



Categories: Bisnis

Tags: , , , , , , ,

4 replies

Trackbacks

  1. Lawan SHIFTING dengan INOVASI | Sugibisnis's Blog
  2. Milenial Sindrom FoMO | Sugibisnis's Blog
  3. Mengapa Millenial Bisa Multi-Tasking? – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  4. Milenial Generasi Pembunuh – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: