Orang Rajin Mengalahkan Orang Pintar

Orang Rajin Mengalahkan Orang Pintar

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Mungkin anda pernah mendengar orang mengatakan bahwa Orang yang Pintar kalah sama orang yang Rajin dan Orang yang Rajin kalah sama orang yang Bejo?? Bagaimana menurut anda, apa hal itu benar? Kalau menurut aku sih… iyess, dalam pengertian dan konteks yang benar. Maksudnya gimana?

Saya akan fokus pada kondisi yang pertama, yaitu orang Rajin akan mengalahkan orang Pintar. Yang kedua kita bahas lain waktu aja. Orang yang Rajin itu biasanya memiliki habits sbb:

  • Cepat tanggap dan responsif. Ketika orang Rajin dihadapkan pada masalah, ia akan cepat untuk berpikir mencari solusi dan bersegera untuk mencoba menghadapi dan menyelesaikan masalah tsb. Bila orang Rajin diberikan tugas/amanah baru maka ia akan cepat untuk segera belajar supaya dapat mengerjakan amanah itu sebaik-baiknya. Ketika orang Rajin mendapatkan perintah, dan menurutnya sudah jelas maka ia akan segera melaksanakan perintah itu.
  • Bukan PEMALAS. Namanya juga orang RAJIN, pasti dia bukan PEMALAS. Orang Rajin akan selalu aktif bergerak, tidak bisa diam. Ia akan terus berusaha menjalankan pekerjaannya dan mencoba berbagai cara untuk menyelesaikan tugasnya. Bilamana hasilnya kurang memuaskan, maka ia akan berusaha lebih maximal lagi untuk memperbaiki pekerjaan sebelumnya. Bilamana mentok (dead lock), maka ia akan bertanya dan minta bantuan kepada orang lain.
  • Tidak suka MENUNDA. Orang yang Rajin tidak akan menunda-nunda pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Ia tidak akan rela kehilangan waktu dan kesempatan berlalu begitu saja. Kesempatan yang hilang karena kelalaiannya merupakan kerugian besar baginya. Makanya orang yang Rajin, tidak akan diam berlama-lama dengan waktu santainya. Ia akan segera melakukan aktivitas yang bisa dilakukan.

Coba perhatikan, hanya dari tiga kebiasaan orang Rajin di atas saja sudah sangat membedakannya dari kebanyakan orang. Orang Rajin lebih mementingkan ACTION daripada sekedar wacana. Orang Rajin lebih banyak BERTINDAK daripada banyak berpikir dan berencana tapi gak jalan-jalan. Jadi orang yang Rajin lebih banyak melakukan tindakan dibanding orang biasa. Makanya orang yang Rajin memiliki lebih banyak PENGALAMAN dibanding orang biasa.

Kalau orang Pintar, barangkali karena otaknya lebih cerdas, akhirnya lebih mementingkan teori, wacana dan rencana yang muluk sebelum melakukan tindakan. Perhitungannya sangat panjang sebelum eksekusi pekerjaan. Pertimbangannya sangat banyak sebelum memutuskan suatu tindakan. Di atas kertas memang ideal, tetapi di alam nyata ia minim pengalaman.

Jadi wajarlah, apabila pada akhirnya orang Pintar akan dikalahkan oleh orang Rajin. Orang Rajin memiliki kekuatan yang lebih besar dibanding orang Pintar, yaitu KONSISTENSI, PENGALAMAN, KOMITMEN dan TANGGUNG JAWAB dalam setiap aktivitasnya. Orang Rajin memiliki ketekunan dan keuletan yang besar dalam menggapai impiannya.

Apapun profesi anda, tidak akan pernah rugi kalo anda menjadi orang RAJIN. Kalau anda pelajar/mahasiswa tekun/rajin dalam belajar dan berlatih, maka prestasi akademik anda pasti akan lebih bagus dibandingkan orang Pintar. Kalau anda pekerja/karyawan yang rajin/tekun dalam bekerja, anda bakal ngalah-ngalahin karyawan yang pintar. Kalau anda pengusaha yang rajin/tekun mencoba dan mengembangkan bisnis baru, maka anda akan lebih sukses dibanding pengusaha yang pintar.

Hati-hati, jangan sampe kita malah menjadi orang yang komplet POL: tidak pintar alias bodoh, gak sabaran, gak tekun, dan gak rajin di semua bidang, semua urusan, ini namanya orang yang PAYAH. Payah dalam beribadah, payah dalam belajar, payah dalam bekerja, payah dalam berbisnis… apa yang bisa diharapkan dari orang seperti ini..??

Baca juga: Sumpah Pemuda Bukan SAMPAH PEMUDA



Categories: Bisnis

Tags: , , , , ,

2 replies

Trackbacks

  1. Orang BEJO Mengalahkan Orang Pintar | Sugibisnis's Blog
  2. Alam Tidak Pernah Bohong | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: