Orang BEJO Mengalahkan Orang Rajin

Orang BEJO Mengalahkan Orang Pintar

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Dalam tulisan sebelumnya, saya sedikit membahas tentang Orang Pintar akan dikalahkan oleh Orang Rajin. Dimana untuk bisa sukses ternyata PINTAR saja tidak cukup, tapi dibutuhkan ketekunan, keuletan, Konsistensi, dan ACTION oriented sebagaimana sifat-sifat itu dimiliki oleh Orang Rajin. Orang Rajin lebih kaya akan PENGALAMAN di bidang apapun dibanding orang Pintar yang banyak diam diri.

Baca juga: Orang Rajin Mengalahkan Orang Pintar

Naah, sekarang kita lanjutkan pembahasannya pada kalimat selanjutnya, yaitu Orang Rajin dan Orang Pintar akan dikalahkan oleh orang BEJO. Hayooo… gimana maksudnya?

Kalo anda mendengar kata BEJO, apa yang kebayang? BEJO itu istilah bahasa Jawa yang menggambarkan orang yang BERUNTUNG, kok PASSS… banget, Kebetulan, Tiba-tiba… dll. Mungkin anda mengapresiasikan kata BEJO seperti berikut:

  • Orang yang kaya mendadak karena mendapatkan Warisan atau Lotere atau Hadiah Undian. Hmmm… tidak salah, itu orang BEJO banget ya..!!
  • Orang yang terlambat naik pesawat, sudah marah-marah, dan ternyata… pesawat yang harusnya ia tumpangi kecelakaan terjun bebas ke laut dan meledak. Semua penumpang tewas. Wahhh… kalo ini benar-benar BEJO banget..!!
  • Orang yang rumahnya tetap berdiri kokoh, padahal rumah-rumah di sekelilingnya hancur dan banyak ditelan bumi akibat bencana Gempa Bumi yang dahsyat. Ini juga bisa dibilang BEJO banget..!!
  • Karyawan yang karirnya cepat sekali menanjak, promosi berkali-kali, padahal banyak sekali karyawan lain yang bertahun-tahun masih berada pada posisi yang sama. Bisa jadi orang ini juga BEJO..!!

Begitu kan maksud BEJO menurut kebanyakan orang? Tidak ada angin, tidak ada hujan, TIBA-TIBA, secara KEBETULAN, seseorang mendapatkan keberkahan, kekayaan atau terhindar dari suatu musibah/bencana.

Padahal menurut para motivator, arti kata BEJO bukan begitu, bukan orang yang sukses secara kebetulan, tetapi SUKSES yang dipersiapkan dan bertemu dengan peluang yang ada. Jadi, “BEJO adalah bertemunya antara KESEMPATAN dengan KESIAPAN”. Orang yang mendapatkan sesuatu karena mengalami kondisi seperti itu, dialah orang yang BEJO sesungguhnya.

Orang yang BEJO, berhasil mendapatkan kekayaan karena faktor kebetulan, bukan karena persiapan, itu namanya BEJO SEMU alias Bejo Sementara. Orang yang belum siap mendapatkan kekayaan besar, dan tiba-tiba mendapatkannya, bisa jadi dalam waktu yang tidak terlalu lama, kekayaannya akan kembali habiss. Ia akan kembali seperti kehidupan sebelumnya lagi. Mengapa bisa begitu?? Karena ia belum memiliki mindset, mental, perilaku dan habits layaknya orang kaya/sukses.

Lain halnya dengan Orang BEJO, berhasil mendapatkan kekayaan/kesuksesan karena persiapan, bukan karena faktor kebetulan, itu namanya BEJO SEJATI. Orang BEJO yang ini biasanya akan bisa bertahan dalam kondisi kaya/sukses bahkan akan terus bertambah sukses. Karena memang ia sudah mempersiapkan dirinya, menggembleng mentalnya untuk menjadi orang sukses. Ia memiliki Mindset yang benar tentang orang sukses. Ketangguhan mentalnya sudah teruji menghadapi berbagai tantangan hidup. Sikap, kebiasaan dan perilakunya ia bangun secara KONSISTEN untuk meng-HEBAT-kan dirinya. Belajar dan Pengembangan Diri tiada pernah henti. Itulah yang dinamakan PERSIAPAN.

KESIAPAN DIRI yang dibangun bertahun-tahun sebelumnya mengantarkan dia kepada taqdir-Nya. Alloh menghadirkan KESEMPATAN dan PELUANG di depannya. Maka, Kesempatan itu tidak akan disia-siakannya. Amanah diemban, tugas dan tanggung jawab dilaksanakan, proses dijalankan, karya dan prestasi dihadirkan. Jadilah ia orang SUKSES karena BEJO…

Wahai sahabatku, anda mau pilih yang mana? Mau jadi orang Pintar atau jadi Orang Bejo Mendadak, atau Bejo karena SIAP??

Baca juga: SUKSES dan GAGAL, Harus Belajar

Salam Perubahan…!!!



Categories: Bisnis

Tags: , , , , , , , ,

1 reply

Trackbacks

  1. Alam Tidak Pernah Bohong | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: