LEADER Berjiwa Membangun

Leader Berjiwa Membangun

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Mungkin anda pernah ditanya tentang perbedaan antara Leader dan Manager apa? Anda dapat menjadi seorang Manajer sekaligus Leader pada saat yang sama, tetapi hanya karena Anda seorang Pemimpin fenomenal tidak menjamin Anda akan menjadi manajer yang hebat, dan sebaliknya, jadi apa perbedaannya? Apakah jawaban anda sudah jelas atau masih bias? Untuk memperjelas lagi perbedaannya, jawablah pertanyaan dari ilustrasi berikut:

Sebuah perusahaan Sandal (alas kaki) yang sedang berkembang, ingin membuka cabang di Papua, dimana masyarakatnya hampir semua tidak memakai sandal dalam kesehariannya. Mereka terbiasa hidup bersahabat dengan alam, berjalan kemana-mana dengan kaki telanjang alias tanpa alas kaki. Bagaimana menurut anda:

  1. Ketika mau membuka cabang dibutuhkan seorang Leader atau Manager?
  2. Ketika cabang sudah terbentuk, untuk menjalankan kegiatan operasionalnya dibutuhkan seorang Leader atau Manager?

Kalau anda bisa menggambarkan dengan jelas, jawaban dari kedua pertanyaan di atas berarti anda sudah paham perbedaan antara Leader dan Manager. Yuks, simak penjelasan berikutnya..!!

Baca juga: Tidak Cukup Hanya Menjadi Manager EFEKTIF

Kata LEADER sering diartikan sebagai seorang PEMIMPIN. Anda akan dikatakan sebagai seorang PEMIMPIN apabila memiliki Jiwa sebagai berikut:

  • Pemimpin adalah Pioneer, pembuka lahan baru (orang Jawa: Babat alas).
  • Pemimpin adalah trend setter bukan followers, dan pasti memiliki banyak follower.
  • Pemimpin itu mengembangkan visi dan mampu menggerakkan organisasi ke arahnya.
  • Pemimpin itu melakukan inovasi untuk kemajuan organisasi.
  • Pemimpin itu selalu memberikan Inspirasi kepada orang lain untuk hidup lebih baik dan maju ke depan.

Perhatkan baik-baik kutipan berikut:

“Leaders are people who do the right thing; managers are people who do things right.” (Professor Warren G. Bennis)

Dari semua ciri-ciri di atas, seorang LEADER selalu memiliki Jiwa Membangun. Maksudnya, seorang LEADER pasti memiliki Jiwa dan kemampuan untuk Membangun, Mengembangkan dan Mempertahankan sesuatu, apakah itu keluarga, bisnis, organisasi atau pun perusahaan.

  • Leader yang membangun pondasi awal sebuah organisasi.
  • Leader yang membangun Visi Misi dan Tujuan organisasi.
  • Leader yang membangun sistem dan struktur organisasi.
  • Leader yang membangun Corporate Culture dalam organisasi.
  • Leader yang membangun TEAM untuk mengelola organisasi.
  • Leader yang membangun ide-ide baru, produk baru dan inovasi.
  • Leader yang membangun Motivasi dan Inspirasi buat karyawan organisasi.

Sedangkan fungsi seorang MANAGER adalah untuk mengelola dan mempertahankan organisasi yang sudah dibangun, membuat Kontrol terhadap laju organisasi dan melakukan Analisis dan Evaluasi terhadap kinerja organisasi. Seorang Manager juga dituntut untuk memanage anggota TEAM nya agar dapat bekerja sebaik-baiknya dan mengeluarkan performance terbaiknya. Seorang Manager juga harus bisa mengelola tugas dan pekerjaan dengan sebaik-baiknya agar sejalan dengan tujuan organisasi.

Ingin menjadi Manager yang sukses..?? Seorang Manager akan menjadi lebih Hebat, ketika ia sekaligus memiliki Jiwa LEADER. Manager yang bisa memimpin departemennya untuk mencapai target kinerja yang ditetapkan. Manager yang bisa menginspirasi dan mengembangkan anggota Timnya untuk selalu berkinerja baik. Manager yang piawai dalam menerapkan strategi dan cara kerja yang efektif dan efisien, serta mampu mengatasi segala permasalahan dengan solusi terbaik. Manager yang memiliki Jiwa Membangun, akan mampu menghasilkan kinerja yang lebih tinggi. Pada akhirnya, akan memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan organisasi.

Apa pun posisi anda di perusahaan/organisasi, anda bisa menjadi seorang LEADER. Oleh karena itu, bangunlah mental dan jiwa LEADER dalam diri anda. Asahlah dan biasakanlah berpikir dan bertindak layaknya seorang LEADER yang Berjiwa Membangun. Karena pada dasarnya, setiap kita adalah seorang PEMIMPIN di bidang kita.

Jadi Sahabatku, anda sendiri yang menjawab pertanyaan di atas ya..! Sudah jelas kan, bisa membedakan antara LEADER dan MANAGER…

Baca juga: Mau Kinerja Anda Meningkat?

Salam Perubahan…!!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , , ,

%d bloggers like this: