Kegelisahan Bulan November

Kegelisahan Bulan November

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Tak terasa, sekarang sudah masuk pertengahan bulan November 2018. Perasaan belum lama, baru kemarin tahun baru, baru kemarin puasa, baru kemarin lebaran… dan belum lama perayaan kemerdekaan atau Agustusan. Eeeehh.. sudah sampai akhir tahun 2018 lagi. Subhanalloh… waktu berjalan begitu cepat.

Baca juga: Salah Kaprah Manajemen Waktu

Bulan November, bagi kebanyakan orang merupakan bulan yang krusial, bulan yang mendebarkan, bulan yang secara psikologis menimbulkan kegelisahan dan STRESS. Apakah anda termasuk orang yang merasakan hal ini? Kenapa bisa begitu? Ada apa dengan bulan November? Tidak ada yang salah dengan bulan November.

Apakah anda seorang pebisnis, pengusaha, owner, jajaran manajemen perusahaan baik direksi maupun manajer, atau anda seorang profesional di bidang tertentu, atau anda seorang kepala keluarga, atau anda individu yang selalu berkeinginan maju, maka anda semua akan merasakan kegelisahan psikologis di bulan November ini. Kegelisahan itu bisa jadi akan membuat anda berteriak kegirangan atau sebaliknya, anda justru merasa sedih dan stress.

  • Bagi perusahaan, November adalah bulan saatnya untuk mengintip tingkat pencapaian target kinerja bisnis, omset perusahaan, profit perusahaan, dll. Apakah capaian kinerja sampai dengan bulan November sudah mencapai target atau melebihi target? Atau kah sebaliknya, belum mencapai target dan bahkan jauh dari target yang ditetapkan? Apakah perkembangan bisnis dan perusahaan membanggakan atau mengkhawatirkan?
  • Bagi Individu, November adalah bulan untuk mulai mengevaluasi satu per satu Resolusi Awal tahun anda. Apakah Impian dan Cita-Cita yang sudah anda tuliskan sudah terealisasi atau belum? Sejauh mana tingkat pencapaiannya, terang atau gelap?
  • Bagi Keluarga, November adalah bulan untuk duduk bersama semua anggota keluarga, untuk mulai membicarakan pencapaian level kebahagiaan keluarga. Apakah tujuan, keinginan dan harapan keluarga dalam setahun itu sudah dapat diraih? Apakah kebahagiaan keluarga semakin dapat dirasakan? Atau malah sebaliknya, kegersangan dan pertengkaran yang selalu dirasakan?

Begitulah psikologi kegelisahan bulan November bagi setiap orang, khususnya bagi orang yang hidupnya tidak pernah lepas dari IMPIAN dan TARGET Kinerja. November, sebulan sebelum masa akhir tahun tiba, saatnya untuk memonitor dan evaluasi progress hidup anda, keluarga anda, bisnis anda dan perusahaan anda. Kalau masuk bulan Desember, sudah masuk bulan sibuk, bulan persiapan closing dan tutup buku tahunan. Masih ada waktu, untuk mengejar ketertinggalan target. Masih ada waktu untuk memperbaiki kesalahan dan kekurangan yang terjadi.

Kegelisahan bulan November tidak akan anda rasakan, apabila anda selalu melakukan evaluasi kinerja setiap bulan. Continuous Improvement selalu dilakukan setiap saat di semua departemen. Bilamana perusahaan memiliki Teamwork yang SOLID, motivasi kerja karyawan yang tinggi, bukan tidak mungkin perusahaan akan mencapai kinerja yang melampaui target. Demikian juga dengan individu dan keluarga, dengan prinsip yang sama, selalu melakukan evaluasi (introspeksi dan muhasabah), maka progress kemajuan akan selalu anda dapatkan.

Baca juga: LEADER Berjiwa Membangun

Salam Perubahan…!!!

Advertisements


Categories: Personal

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: