Memaksa Diri Sendiri Lebih Sulit

Memaksa Diri Sendiri Lebih Sulit Daripada Memaksa Orang Lain

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Sorry Sobat, judul tulisan kali ini lebih panjang dari biasanya, soalnya agak susah kalo disingkat. Maksudnya apa nih judul? Diri sendiri kok dipaksa-paksa? Kayak kagak ada kerjaan aja..!!

Gini maksudnya, Paksaan disini adalah untuk hal kebaikan ya, bukan memaksa untuk hal-hal yang buruk..!! Misalnya anda dipaksa untuk bangun subuh, dipaksa untuk sholat Lail, dipaksa untuk berbuat jujur, dipaksa untuk belajar yang rajin, dipaksa untuk membuat laporan, dipaksa untuk bangkit dari kemalasan, dipaksa untuk bekerja/ berkarya/ berbisnis untuk mendapatkan income sendiri, dipaksa untuk kerja keras supaya mencapai target, dan masih banyak lagi…

Baca juga: Siapa Yang Mendorong Saya?

Anda bisa memaksa orang lain untuk melakukan sesuatu dengan bermacam cara, sehingga orang lain dengan cara terpaksa ataupun sukarela akhirnya melakukannya. Memaksa orang lain artinya meminta/ memerintah orang lain, yang tadinya tidak mau melakukan sesuatu, akhirnya mau melakukannya. Simak penjelasan berikut ini:

  • Perintah dan Power. Ini bisa dilakukan oleh seorang atasan kepada bawahannya di sebuah perusahaan dimana atasan memiliki kekuasaan untuk melakukan itu. Seorang atasan berhak memaksa anak buahnya untuk fokus dalam bekerja, komitmen dan tanggung jawab terhadap pekerjaannya supaya performance meningkat.
  • Rayuan dan Cinta. Ini biasa dilakukan dalam sebuah keluarga, dimana Orangtua bisa memaksa anaknya untuk berbuat baik, jujur, rajin belajar, dan membantu meringankan pekerjaan orangtua. Dengan bahasa Cinta yang baik, maka anak-anak akhirnya bersedia untuk melakukan pekerjaan yang diminta oleh orangtuanya. Tujuannya adalah untuk memberikan pembelajaran hidup yang lebih baik kepada anak-anaknya.
  • Reward and Punishment. Hal ini bisa dilakukan dimana pun, baik di keluarga maupun di organisasi/ perusahaan. Dalam keluarga, ketika anak-anak berhasil mencapai prestasi yang memuaskan, diberikan reward: Hadiah oleh orangtuanya. Sedangkan dalam perusahaan, supaya karyawan mau bekerja dengan maksimal, jika berhasil mencapai/ melampaui target yang ditetapkan, akan mendapatkan Bonus, Promosi Jabatan, atau Hadiah lainnya. Namun ketika hasil yang diraih mengecewakan, bisa dikenakan sanksi, misalnya tidak naik gaji, downgrade, bayar denda, dll.
  • NLP dan Hypnosis. Hal ini biasa dilakukan dalam dunia Terapi Psikologi dan Konseling. Dengan ilmu ini, seseorang yang ahli NLP akan mampu memaksa orang lain untuk melakukan pekerjaan yang diminta. Dengan mempengaruhi Pikiran Bawah Sadar seseorang, maka Terapis akan menanamkan nilai-nilai kebaikan dan motivasi untuk mengurai permasalahan yang dideritanya, dan untuk memperbaiki sikap dan perilakunya dalam kehidupan.

Dengan cara-cara di atas, dengan mudahnya anda dapat memaksa orang lain untuk melakukan sesuatu yang anda minta. Akan tetapi, coba anda memaksa diri sendiri untuk melakukan sesuatu, terutama hal-hal yang penting yang mengharuskan anda untuk mengorbankan waktu, tenaga, pikiran dan biaya, yang mengekang nafsu/ keinginan dan kesenangan anda saat ini, yang mengharuskan anda untuk kerja keras, dll. Bagaimana rasanya, pasti jauh lebih sulit kan?

Mengapa bisa begitu? Dalam diri anda ada Nafsu, yang inginnya selalu menikmati kesenangan dan keindahan. Anda juga memiliki EGO, yang selalu mendewakan, melindungi dan membenarkan diri sendiri. Dalam diri anda ada Rasa Malas, yang membuat anda ingin bersantai-santai, istirahat dan tidak menyukai perubahan.

Kalau ingin SUKSES, PAKSALAH diri anda sendiri..!! Kendalikan Nafsu anda untuk hal-hal yang baik dan penting untuk masa depan. Runtuhkan EGO anda, agar anda menjadi orang terbuka dan selalu ingin belajar (UPGRADE) keahlian dan kompetensi, agar anda semakin bijak dan dewasa dalam mengendalikan diri dan menghargai orang lain. Dobraklah Rasa Malas anda, bangkit dan bergeraklah. Arahkan energi supaya menyukai tantangan dan berani keluar dari Zona Nyaman supaya anda belajar untuk berjuang dan berkorban demi menggapai impian masa depan…

Baca juga: Sukses Adalah Hak Saya

Salam Perubahan…!!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: