Lawan SHIFTING dengan INOVASI

Lawan SHIFTING dengan INOVASI

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Pada hari Minggu belum lama ini, saya dan keluarga jalan-jalan ke AEON Mall di BSD City. Rupanya pengunjung mall ramai sekali, sampai-sampai begitu banyaknya tempat parkir mobil di gedung, maupun parkir alternatif di luar gedung penuh semua dengan kendaraan. Di dalam mall pun berjubel pengunjung yang datang, ada yang shopping, kuliner, refreshing atau sekedar jalan-jalan dan cuci mata.

Saya sering berpikir, katanya ekonomi lagi lesu dan makin sulit. Daya beli masyarakat turun dan menjerit. Tapi kok mall ramai terus ya? Tapi kok di jalanan selalu ada mobil baru berseliweran? Tapi kok restoran-restoran mewah/mahal selalu berdesakan konsumen. Apakah mereka semua itu masyarakat dengan ekonomi menengah ke atas?

Tapi yang jelas, di beberapa sektor riil seperti misalnya pada sektor retail, properti, perlengkapan rumah tangga, tekstil dan konstruksi mengalami banyak penurunan omset. Bahkan ada beberapa gerai retail yang tutup dan harus merumahkan karyawannya. Yang terjadi mungkin bukan kelesuan ekonomi, akan tetapi terjadi SHIFTING (pergeseran pola konsumsi masyarakat) yang salah satunya diakibatkan oleh perubahan konsumsi dari sistim konvensional ke sistim e-commerce  (online).

Baca juga: Milenial Zaman Now

Lihatlah fenomena ojek online dan taxi online, yang sekarang bermunculan (Uber, Grab, Gojek, Gocar), langsung menghajar habis perusahaan taxi konvensional dan tukang ojek pangkalan. Masyarakat pun langsung berbondong-bondong pindah ke layanan taxi dan ojek online ini. Dalam hal makan, masyarakat dimanjakan dengan banyak menu pilihan cukup order online (Go-Food, Grab-Food) makanan diantar ke alamat tanpa harus keluar rumah/kantor. Begitu juga dengan kebiasaan belanja kebutuhan fashion dan asesoris, mereka cukup order online di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dll. Dan masih banyak lagi layanan e-commerce yang sangat memanjakan kita dengan segala kemudahan, karena cukup dilakukan dengan jari (Smartphone + kuota internet), seperti ticketing, hotel, asuransi, bahkan pinjaman online.

Baca juga: Perkembangan Zaman Yang Memanjakan

Itulah Shifting yang terjadi, perubahan/pergeseran perilaku konsumen besar-besaran, yang sangat mempengaruhi perubahan ekonomi secara umum di sektor tertentu. Shifting bisa terjadi karena faktor berikut:

  • Perkembangan Teknologi Informasi yang sangat pesat dan cepat sekali berubah. Internet sudah menjangkau seluruh pelosok Indonesia sampai ke kampung-kampung. Perkembangan gadget (Smartphone) dengan segala kecanggihan dan konektivitasnya. Membanjirnya aplikasi (Apps) yang bisa didownload kapan saja dari Google Play Store dan App Store. Semuanya itu sangat memudahkan dan memanjakan kita.
  • Pergantian Generasi, dari Generasi Old ke Generasi Milenial. Semakin meledaknya jumlah penduduk generasi sekarang (Milenial) akan menggeser generasi terdahulu. Generasi Milenial yang berpikir praktis dan Rasionalis, jelas sangat nyambung dengan perkembangan teknologi informasi di atas. Generasi online, generasi Google, generasi Selfish, generasi yang sangat tergantung dengan gadget dan koneksi internet. Generasi ini sudah pasti berperilaku yang sangat berbeda dengan generasi Old.

Oleh karena itu, bagaimana sikap kita, bagaimana seharusnya para pengusaha menghadapi fenomena Shifting ini? Apakah harus melakukan shifting juga? Tunggu, jangan buru-buru ikut melakukan perubahan besar-besaran. Pengusaha harus jeli melihat fenomena ini. Kalau tidak ingin gulung tikar, mereka harus bisa menyesuaikan bisnisnya dan melakukan inovasi baru. Menurut Prof Rhenald Kasali, Lawan Shifting dengan Inovasi. Beliau mengatakan, “Begitulah shifting terjadi. Bagi bangsa yang menghargai inovasi, ancaman dan gempuran tak dihadapi dengan tangisan, melainkan sikap produktif-inovatif”.

Dunia berubah, teknologi berubah, pendapatan berubah, konsumsi pun berubah. Generasi berubah, Gaya Hidup pun berubah. Shifting pun terjadi, kalau tidak ingin mati, Lakukanlah Inovasi…!!

Baca juga: Berubah Atau Punah

Salam Perubahan…!!!



Categories: Bisnis

Tags: , , , , , ,

4 replies

Trackbacks

  1. Bangku Depan Kosong | Sugibisnis's Blog
  2. Kendalikan Ketakutanmu ! | Sugibisnis's Blog
  3. Berbisnis, Menjemput Hati Customer – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  4. Persaingan Melahirkan Kreativitas – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: