Asal Usul Black Garlic

Asal Usul Black Garlic

Black Garlic atau “Bawang Putih Hitam” menjadi trend kesehatan khususnya untuk obat herbal pada saat ini. Semakin banyak orang yang mengetahui betapa bagusnya khasiat bawang hitam ini.  Tapi apakah anda tahu darimana dan asal usul Black Garlic ini sehingga populer di kalangan masyarat kita ?

“BLACK GARLIC” adalah bawang putih yang telah di proses secara alamiah pada suhu tertentu dalam waktu yang lama dan cukup panjang sehingga menghasilkan kandungan dan formulasi kimiawi baru. Dengan efek farmakologis yang baru itu menjadikan BLACK GARLIC sebagai salah satu bahan herbal yang sagat dibutuhkan sebagai suplemen untuk menjaga kesehatan, stamina, dan vitalitas tubuh.

Black Garlic (Bawang Putih Hitam) adalah Bawang hasil fermentasi bawang putih dengan melibatkan suhu yang tinggi pada bawang putih sehingga menghasilkan isi yang hitam. Rasanya sedikit manis, bertekstur lembut, gurih dan terasa kenyal.

Lebih Dalam Tentang Manfaat Black Garlic Atau Bawang Hitam

Di negara selain Indonesia, Bawang Putih hitam ini ternyata sudah populer lho, contohnya di Thailand, black garlic sudah turun temurun dijadikan sebagai bahan tambahan pada suplemen makanan dan obat kuat. Pada tahun 2008, black garlic pernah memenangi kontes dalam acara TV “Desain dan Gaya Hidup” di Amerika Serikat dan dinobatkan oleh New York Times sebagai bahan alternatif baru untuk makanan kesehatan dan ternyata telah lama digunakan oleh koki Bruce Bukit Bix Restaurant, San Francisco sebagai bahan tambahan pada masakannya.

Black Garlic (Bawang Putih Hitam) Untuk Penyakit Kronis

Popularitas Bawang Putih Hitam telah menyebar ke Amerika Serikat karena telah menjadi salah satu bahan yang dicari untuk digunakan dalam masakan high-end. Masyarakat di negara-negara maju sudah sangat peduli terhadap pentingnya makanan yang sehat.

Walaupun di Indonesia, Black Garlic masih asing didengar, namun di sejumlah restoran di hotel Jakarta sudah menggunakan Black Garlic atau Bawang Hitam sebagai bumbu andalan dalam hidangan utamanya.

Di Indonesia kabar mengenai bawang hitam ini mulai terdengar tahun 2014 pada festival Rempah dan Kuliner Korea-Indonesia, yang pada saat itu dijelaskan kandungan dan khasiat bawang hitam antara lain ;

  • Sebagai anti kanker
  • Menurunkan kadar gula
  • Menjaga kesehatan jantung.
  • Menurunkan kadar kolestrol
  • Menurunkan penyakit hipertensi
  • Mencegah penuaan dini
  • Sebagai anti tumor
  • Membuang kandungan logam seperti mercuri pada tubuh
  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Baca juga: Manfaat Bawang Putih bagi Kesahatan

Jika ingin memiliki Jantung yang sehat dan agar seluruh tubuh ikut sehat maka yang anda harus lakukan hanyalah mengkonsumsi bawang hitam yang menyembuhkan penyakit saja. Jika anda tidak terlalu suka dengan aroma dan rasa bawang hitamnya maka cukup campurkan bawang hitam pada makanan yang ingin anda konsumsi, sehingga rasa dari bawang hitam tidak terlalu terasa pada mulut anda.

Sumber: modified from https://bawangputihhitam.com

Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)



Categories: Inspiratif

Tags: , , , , , ,

1 reply

Trackbacks

  1. Manfaat Bawang Putih bagi Kesahatan | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: