Kendalikan Ketakutanmu !

Kendalikan Ketakutanmu !

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Saya teringat masa-masa sekolah dan kuliah dulu, terutama saat-saat menjelang ujian triwulan maupun semesteran. Di kala itu, muncul perasaan TAKUT dalam diriku, apakah pelajaran/mata kuliah yang aku pelajari akan keluar di soal ujian atau tidak? Kalau keluar betapa beruntungnya aku, akan tetapi jika soal ujian yang keluar adalah materi yang tidak aku pelajari… matilah aku..!! Aku akan kesulitan dalam mengerjakan soal ujian.

KETAKUTAN berikutnya muncul menjelang pengumuman hasil ujian atau menjelang kenaikan kelas dan kelulusan sekolah/campus. Di masa itu jantung ini berdetak cukup kencang, dag… dig… dug menanti pengumuman hasil ujian dan kelulusan. Sehari menjelang pengumuman, rasanya susah tidur, memikirkan berbagai kemungkinan setelah pengumuman nanti. Setelah pengumuman, hati ini rasanya Ploong, walaupun hasilnya bisa sedih/gembira, bisa memuaskan atau menyebalkan…

Begitulah hidup ini..!! Di setiap fasenya selalu memunculkan perasaan yang namanya KETAKUTAN. Hal ini wajar kok, manusiawi. Setiap manusia pasti memiliki rasa TAKUT pada kondisi tertentu, tidak terkecuali seorang yang mengaku dirinya pemberani sekalipun, tidak terkecuali anda. Iya kan..?? Ada orang yang takut dengan binatang tertentu, ada yang takut dengan ketinggian, takut apabila dikucilkan oleh komunitas, takut hidup menderita, takut kalah dalam persaingan dan berbagai ketakutan lainnya. Lain kali kita bahas apa sih jenis-jenis ketakutan manusia dalam hidup ini?

Menurut Wikipedia, Ketakutan adalah suatu tanggapan emosi terhadap ancaman. Takut adalah suatu mekanisme pertahanan hidup dasar yang terjadi sebagai respons terhadap suatu stimulus tertentu, seperti rasa sakit atau ancaman bahaya. Beberapa ahli psikologi juga telah menyebutkan bahwa takut adalah salah satu dari emosi dasar, selain kebahagiaan, kesedihan dan kemarahan.

Ketakutan biasanya muncul ketika kita berada dalam kondisi yang penuh dengan ketidakpastian, keraguan dan ancaman terhadap diri kita dan masa depan kita. Kondisi demikian menghasilkan rasa CEMAS dan KHAWATIR dalam diri kita. Cemas terhadap nasib kita selanjutnya dan Khawatir akan kepastian keberhasilan/prestasi kita. Khawatir dengan kondisi buruk yang tidak kita inginkan justru malah benar-benar terjadi. Makanya kalimat yang keluar dari lisan kita biasanya,… “Jangan-jangan…bla-bla-bla…!!!”

Baca juga: Lawan SHIFTING dengan INOVASI

Ketakutan adalah faktor utama yang merusak Kebahagiaan seseorang. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari ketika rasa TAKUT mengendalikan dirinya (Arvan Pradiansyah). Selama kita dibayang-bayangi rasa KETAKUTAN itu, maka hidup kita menjadi tidak tenang, selalu merasa cemas, dan sudah pasti jauh dari rasa BAHAGIA.

Wahai sahabatku, Alloh menciptakan rasa TAKUT dalam diri manusia untuk apa? Pasti ada tujuannya kan? Manusia diberikan rasa Takut agar berhati-hati dan waspada. Takut adalah sebuah signal/isyarat bahwa ada sesuatu yang harus kita lakukan, tetapi belum kita lakukan. Jadi seharusnya, rasa TAKUT memberikan Kesadaran kepada kita, akan pentingnya PERSIAPAN DIRI dalam segala hal. Betapa pentingnya membuat perencanaan dan manajemen waktu yang baik untuk mengantisipasi atau untuk mengurangi resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Terkadang kita menyangkal adanya ketakutan dalam diri kita atau bahkan mengabaikannya. Padahal keberanian tak akan muncul begitu saja tanpa kita menyadari bahwa ketakutan harus dilawan atau diatasi. Akui bahwa rasa takut kita memang ada dan nyata. Jadi rasa TAKUT akan dapat dikurangi/ dikendalikan dengan Kontrol diri yang kuat, Keyakinan dan Persiapan yang matang sebelum kita melakukan segala sesuatu. Munculkan KEBERANIAN untuk mengetahui, memahami dan menghadapi rasa TAKUT dalam diri…

Baca juga: Bangku Depan Kosong

Salam Perubahan…!!!



Categories: Personal

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: