Pertempuran Dalam Diri

Pertempuran Dalam Diri

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Sadarkah kita, bahwa setiap saat dalam kehidupan, kita selalu dihadapkan kepada sebuah PILIHAN? Pilihan apakah itu? Yang jelas bukan seperti menjawab soal ujian multiple choice ya..!! Tapi pilihan seperti berikut ini:

  • Pilihan untuk MELAKUKAN sesuatu atau TIDAK melakukan?
  • Ketika memilih Melakukan, mau lakukan SEKARANG atau NANTI?
  • Ketika memilih Melakukan Sekarang, dengan cara yang BAIK atau BURUK?

Baca juga: Hidup Adalah Pilihan

Sesuatu yang selalu datang tiap saat dan harus kita pilih itu bisa berupa Sikap, Ucapan dan Perilaku/Tindakan yang harus kita pilih. Apakah itu sesuatu yang baik, terpuji dan bermanfaat untuk orang banyak, atau justru sesuatu yang buruk, tercela dan merusak hubungan dan peradaban manusia? Idealnya, setiap orang bisa membuat PILIHAN yang tepat atas Sikap, Ucapan dan Perilakunya.

  • Sesuatu yang BURUK, seyogyanya kita memilih untuk TIDAK MELAKUKAN, sehingga tidak menimbulkan mudharat, kerusakan, kerugian, kekacauan dan perpecahan antar manusia, baik individu, keluarga maupun masyarakat.
  • Sesuatu yang BAIK, seharusnya pilihan kita adalah LAKUKAN SEKARANG juga, dengan cara yang tidak menciderai orang lain, sehingga kemanfaatan dan keberkahannya bisa dirasakan orang banyak.

Tapi kenapa di dunia ini, selalu aja banyak terjadi kema’syiatan, kerusakan, kezhaliman, perpecahan dan peperangan, bahkan kecenderungannya semakin meraja lela dan terang-terangan? Itu karena kebanyakan manusia SALAH dalam menentukan PILIHAN dalam hidupnya. Mereka tidak menyadari bahwa menjadi Orang BAIK atau Orang BURUK adalah sebuah Pilihan, bahkan sebuah PERTEMPURAN.

Tahukah anda, bahwa dibalik proses menentukan PILIHAN itu, inherent dalam diri manusia terjadi proses PERTEMPURAN yang dahsyat dalam dirinya. Secara psikologis terjadi proses tarik menarik, saling mempengaruhi, saling mengalahkan, saling mendominasi, saling menjegal dan berebut kemenangan dalam proses menentukan pilihan. Dalam diri berkecamuk hebat perseteruan antara Hati dengan Pikiran, Perasaan, dan Emosi. Menambah ruwet lagi tarikan-tarikan Keinginan, Kecenderungan, nafsu dan EGO. Diperparah lagi dengan bisikan Syetan yang selalu menggoda dan menggelincirkan manusia dari jalan yang BENAR.

Baca juga: Your Enemy is Yourself

PERTEMPURAN dalam DIRI itulah yang banyak menyebabkan orang KALAH dan akhirnya salah MEMILIH. Banyak manusia yang terjerumus dalam lembah kema’syiatan, keterlenaan, dan kemubadziran. Banyak yang memilih mengagungkan diri sendiri, membenarkan diri sendiri dan menyepelekan orang lain, menyalahkan orang lain. Dirinya selalu benar dan orang lain lah yang salah, orang lainlah yang selalu berbuat masalah. Banyak yang memilih bersenang-senang saat ini demi memuaskan keinginan dan nafsunya tapi melupakan masa depannya.

Baca juga: Rotimu Memang Enak Banget

Sahabatku, didiklah diri sendiri (Tarbiyah Dzatiyah) untuk menjadi Orang DEWASA dan BIJAK (Wisdom), yang bisa memenangkan PERTEMPURAN dalam Diri. Upgrade-lah diri sendiri untuk menjadi orang yang mampu memilah dan memilih yang Benar dan yang Salah, yang Pantas dan Gak Pantas, yang Penting dan Gak Penting. Indahkan Kepribadianmu untuk menjadi orang yang mampu mengenali Diri Sendiri dan memahami Orang Lain. Sadar diri akan kelemahan dan kekurangannya sehingga tidak menyombongkan diri. Sadar diri akan kelebihan dan potensi dirinya sehingga mampu mengarahkannya untuk menjadi berkah buat sesama.

Salam Perubahan…!!!

Advertisements


Categories: Motivasi

Tags: , , , , , , , ,

1 reply

Trackbacks

  1. Kekuatan Pikiran | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: