Jadikan Liburan Bermakna

Jadikan Liburan Bermakna

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Moment akhir Desember (akhir tahun) dan awal tahun selalu menjadi moment untuk Liburan panjang bagi banyak orang. Banyak karyawan yang sekaligus ambil CUTI panjang demi untuk liburan, memanfaatkan hari kerja yang kejepit. Tidak sedikit pula para perantau yang Mudik ke kampung halamannya.

Destinasi wisata di luar kota pun menjadi tujuan untuk rekreasi dan berlibur keluarga. Media sosial (FB, instagram, twitter) banjir dengan postingan foto-foto selfie dan aksi mereka di setiap tempat wisata. Seolah-olah mereka berlomba untuk membuat jepretan camera yang paling indah, lucu dan unik…

Baca juga: Milenial Sindrom FoMO

Libur panjang… apakah selalu memberikan kebahagiaan bagi semua orang?? Atau justru menghasilkan stress baru bagi mereka? Bagaimana dengan anda, apa yang anda dapatkan dari moment liburan tahun ini?

Menurut Arvan Pradiansyah, motivator nasional di bidang Leadership and Happiness,  mengatakan bahwa, “Holiday sesungguhnya merupakan barometer kedekatan dalam keluarga”. Menurutnya, Holiday akan menyenangkan bagi orang-orang yang dekat dengan keluarganya, dan Holiday juga bisa menjadi siksaan bagi orang-orang yang tidak dekat dengan keluarganya.

Liburan harus dapat mempererat hubungan keluarga. Kedekatan keluarga semakin intens dan intim. Bukan sebaliknya, liburan justru menghasilkan perpecahan dan pertengkaran baru dalam keluarga. Bagaimana bisa terjadi..?? Ketika anda berbeda pendapat dalam menentukan tujuan liburan, budget liburan, memilih menu kuliner, tempat menginap, dan agenda acara selama liburan. Kalo masing-masing mengedepankan EGO, tidak menghasilkan kesepakatan, maka liburan akan menjadi siksaan dan stress baru bagi anda.

Seringkali orang yang berlibur hanya mendapatkan kesenangan saja saat itu, karena terjebak dalam rutinitas dan euforia belaka. Padahal, jika liburan anda benar, anda bisa mendapatkan banyak hal lebih dari sekedar kesenangan. Saat liburan, anda akan mendapatkan pengalaman baru yang bisa membuat Pikiran anda kembali fresh/segar.

Lebih dari itu, Liburan panjang seharusnya memberikan percakapan yang sehat, yaitu kata-kata yang penuh dengan rasa syukur, terima kasih dan apresiasi. Manusia harus dapat merasakan anugrah yang besar dari Alloh SWT, meningkatkan IMAN, dapat menyadari kebesaran Alloh, dan dapat menikmati keindahan alam semesta ciptaan-Nya. Manusia juga harus bisa menyadari betapa berharga dan berjasanya, orang-orang yang selalu bersama kita atau orang-orang di sekitar kita, terutama keluarga, rekan kerja, dan relasi-relasinya. Mereka semua telah mensupport anda dalam mencapai keberhasilan, walaupun anda tidak menyadarinya…

Jadikan juga Liburan panjang sebagai waktu yang pas untuk mengasah dan mempertajam kepribadian anda. Saatnya untuk men-cas battery anda yang sudah mulai lowbat. Manusia perlu mengasah fisik, sosial-emosional, mental dan spiritualnya. Tujuannya adalah agar anda memiliki energi baru, yang semakin mendorong anda untuk maju ke depan meraih Goals selanjutnya.

Jadi Sahabatku, jangan jadikan Liburan hanya sebatas untuk mendapatkan kesenangan belaka. Akan tetapi, jadikan Liburan anda tahun ini jauh lebih bermakna. Liburan harus memberikan unsur-unsur berikut (3E) – Inspirasi Arvan Pradiansyah:

  • Entertainment, sesuatu yang bisa menghibur diri dan keluarga.
  • Enjoyment, sesuatu yang memberikan kesenangan dan bisa dinikmati bersama keluarga.
  • Enlightment, sesuatu yang bisa mencerahkan diri dan keluarga.

Selamat menikmati liburan akhir tahun. Selamat menikmati liburan Tahun Baru. Dapatkan energi baru, semangat baru yang mencerahkan dan peningkatan keharmonisan keluarga. Happy Holidays..!!

Baca juga: Refleksi Hidup Akhir Tahun

Salam Perubahan..!!

Advertisements


Categories: Personal

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: