Mengapa Uang HABIS Terus?

Mengapa Uang HABIS Terus

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Pernahkah Anda bertanya pada diri sendiri, “Perasaan saya tidak boros, tidak beli apa-apa tapi kok HABIS ya uangnya?” Anda pun tertegun dan mengingat-ingat apa saja barang-barang yang telah dibeli dan menguras kantong anda.

Apa pun profesinya, setiap berganti bulan, banyak orang yang merasakan hal di atas. Saldo rekening bank selalu menyentuh saldo minimal. Dompet selalu tersisa uang receh. Terutama bagi orang yang berprofesi dengan menerima gaji bulanan… siapa hayoo..?? Yaa, anda pasti tahu lah..

Masalahnya terkadang bukan pada besarnya income yang didapatkan. Besar-kecilnya penghasilan bagi setiap orang bisa relatif. Orang yang punya income besar sering mengeluh, uangnya habis terus. Demikian juga orang yang berpenghasilan kecil, sebagian besar bilang, uangnya juga habis terus. Apakah anda merasakan hal yang sama??

Trus, dimana masalahnya? Mengapa uang bisa habis terus? Uang sedikit habis… uang banyak juga amblass. Hal itu terjadi karena anda bermasalah dengan KOMITMENT diri dan Pola MANAGEMENT Uang anda. Akhirnya anda memiliki kebiasaan buruk dalam hal pengeluaran uang. Banyak kebiasaan tanpa disadari yang sebenarnya justru merugikan diri sendiri. Salah satunya adalah gaya hidup yang -bisa bilang- remeh-temeh tapi mengacaukan kondisi keuangan.

Baca juga: Keuangan Keluarga Bocor Halus

Simaklah penjelasan berikut ini:

  • Anda tidak berani berkomitmen untuk membuat GOALS, Tujuan Hidup yang jelas di masa depan, yang ingin sekali anda kejar. Padahal tujuan hidup itu selalu berimplikasi kepada keuangan. Merencanakan hidup masa depan = merencanakan keuangan anda. Lupa membuat Goals, berarti lupa terhadap pengelolaan keuangan yang baik. Orang yang memiliki Goals saja, masih banyak godaan untuk berbelok dan akhirnya benar-benar berbelok, apalagi orang yang tidak memiliki Goals di depan..!! Hidupnya akan selalu zig-zag tidak jelas.
  • Ketika anda tidak memiliki Goals atau Resolusi atau daftar Impian yang ingin anda tuju, maka sudah pasti anda tidak memiliki manajemen PRIORITAS yang baik. Tidak terbiasa dengan memilah dan memilih mana yang penting, kurang penting dan tidak penting. Tidak bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Akibatnya pengeluaran anda tidak terkontrol dan tidak terarah.
  • Anda tidak berani berkomitmen untuk membangun Budaya/Kebiasaan MENABUNG dan INVESTASI dalam hidup anda. Seyogyanya, pengeluaran untuk SAVING and INVESTMENT itu dikaitkan dengan Goals yang ingin dicapai, sehingga menumbuhkan kedisiplinan dalam mengelola keuangan.
  • Semua kondisi di atas, mencerminkan bahwa anda memiliki Manajemen Keuangan yang lemah. Banyak pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting tapi anda lakukan. Banyak pengeluaran yang tiba masa tiba akal alias dadakan, anda juga lakukan. Bahkan banyak pengeluaran yang sifatnya mubadzir pun masih anda lakukan. Dengan kata lain, Keuangan keluarga anda mengalami ke-BOCOR-an Halus.

Baca juga: Tujuan Hidup = Tujuan Keuangan

Jadi sahabatku, dibutuhkan Komitment Diri yang KUAT untuk bisa mengatasi masalah keuangan kita, agar tidak terjadi kondisi Uang Habis Terus..!!

  • Komitmen diri untuk mengelola keuangan dengan baik.
  • Komitmen diri untuk berhemat.
  • Komitmen diri untuk menabung dan investasi.
  • Komitmen diri untuk membuat Goals.
  • Komitmen diri untuk berfokus pada Goals tsb.
  • Komitmen diri untuk membuat rencana keuangan.
  • Komitmen diri untuk Disiplin pengeluaran.
  • Komitmen diri untuk membuat skala prioritas.
  • Komitmen diri untuk mengatur kebutuhan dan keinginan.
  • Komitmen diri untuk selalu belajar dan belajar…

Yuks, kita coba terapkan Komitmen di atas selama satu bulan dulu. Komitmen yang kuat, akah melahirkan Kebiasaan-kebiasaan yang Sehat. Lihat dan rasakan, perubahan apa yang akan anda dapatkan. Keajaiban apa yang akan anda alami. Dan saya yakin, tidak akan muncul lagi pertanyaan seperti judul artikel ini, Mengapa Uang Habis Terus??

Baca juga: Refleksi Hidup Akhir Tahun

Salam Perubahan..!!



Categories: Bisnis

Tags: , , , , , , , , ,

2 replies

  1. bagaimana mengatasinya kalo gaji sudah habis buat bayar utang?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: