Berbisnis, Menjemput Hati Customer

Berbisnis, Menjemput Hati Customer

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Apakah anda pernah mencoba untuk berbisnis? Bisnis di bidang apa saja, baik bisnis besar atau pun kecil? Kalo pernah… selamat..! Anda telah mendapatkan pengalaman berharga, berani MEMULAI untuk berbisnis. Terlepas dari apakah hasilnya besar/ memuaskan atau sebaliknya, kecil/mengecewakan. Atau bahkan mengalami KERUGIAN yang cukup besar. Itu semua menjadi pembelajaran penting bagi anda yang belum pernah didapatkan sebelumnya.

Bagi anda yang belum pernah atau belum BERANI mencoba berbisnis, anda tidak mendapatkan pengalaman indahnya berbisnis. Anda saya ajak untuk mengamati saja, teman-teman anda yang berani berbisnis. Bagaimana kehidupan mereka? Bagaimana tingkat kesuksesan mereka dalam bisnis? Bisnisnya berjalan lancar, atau habis buka bisnis langsung tutup lagi? Jawaban anda pasti bervariasi…

Sekarang kita perhatikan bisnis Zaman Now di sekitar kita. Ada perusahaan besar yang tumbuh berkembang dan ada pula perusahaan yang banyak mem-PHK-kan karyawannya. Ada perusahaan retail yang menutup banyak gerainya. Ada pula perusahaan berbasis online yang berkembang sangat pesat, seperti market place (Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Bli-Bli, dll), travel dan booking tiket online (Traveloka, Pegi-Pegi, Tiket, Gotik, dll), serta transportasi online (Gojek, Grab). Sekarang pun marak bisnis Pinjaman/ Hutang Online, hanya dengan syarat foto anda dan KTP.

Menurut anda, kira-kira apa kunci sukses dari perusahaan-perusahaan berbasis online yang tumbuh dan berkembang saat ini? Kalo menurutku, secara umum, bisnis di bidang apa pun, kalo ingin bertumbuh pesat, ataupun perusahaan existing yang ingin bertahan dan tumbuh, maka syaratnya adalah sbb:

1. Mengikuti dan Menyesuaikan dengan perkembangan Zaman.

Kita semua tahu, bahwa kondisi bisnis saat ini sedang mengalami SHIFTING, yaitu perubahan radikal dalam pola konsumsi masyarakat. Prioritas dan perilaku berbelanja masyarakat sekarang berubah. Hal ini dipicu oleh perkembangan teknologi informasi dan internet yang luar biasa pesat serta pergantian generasi dari generasi Old ke generasi Milenial. Dua hal inilah yang melahirkan MOMENTUM Perubahan besar saat ini.

Baca juga: Lawan SHIFTING dengan INOVASI

Para Enterpreneur harus bisa ber-INOVASI dalam membangun bisnis, dengan menyesuaikan diri terhadap Momentum Shifting ini. Inovasi dalam produk/jasa yang anda pasarkan, inovasi dalam kemasan/packaging, inovasi dalam cara pemasaran, inovasi dalam pelayanan dan inovasi dalam teknologi yang digunakan. Manfaatkan dunia online (e-commerce) untuk menunjang bisnis utama anda. Selain itu, bidiklah target market kaum millenial yang semakin membesar dalam porsi penduduk Indonesia. Maka saya yakin, bisnis anda akan cepat berkembang.

2. Menjemput Hati Customer

Ubahlah paradigma berbisnis anda. Jangan berfokus pada produk dan profit saja, yang lebih penting adalah fokus kepada Customer Satisfaction alias kepuasan pelanggan. Tujuan anda berbisnis harus dapat memberikan MANFAAT dan SOLUSI terhadap MASALAH umum Customer. Maka bisnis anda akan selalu dibutuhkan konsumen.

Jemputlah Hati Pelanggan agar mereka lebih puas dan loyal terhadap bisnis anda. Manjakan pelanggan dengan bermacam kemudahan dan fasilitas yang anda tawarkan. Sentuhlah hati pelanggan dengan Pelayanan sepenuh hati (hearthty service), agar mereka mendapatkan nilai spiritualitas bisnis anda. Tancapkan Branding bisnis anda dalam Pikiran dan Hati konsumen, dengan berbagai kesan dan pengalaman indah yang mereka dapatkan.

Apabila dua syarat di atas terpenuhi, tanpa mengabaikan KUALITAS bisnis, saya yakin bisnis anda akan cepat BOOMING. Banjir orderan setiap hari, sungguh merupakan hal yang diidamkan para Pebisnis. Maka, bersiap-siaplah untuk mengelola bisnis secara professional, dengan TEAM yang solid. Anda tinggal berpikir untuk selalu berinovasi dan ekspansi bisnis berikutnya.

Baca juga: Indonesia Kekurangan Pengusaha

Salam Perubahan..!!

Advertisements


Categories: Bisnis

Tags: , , , , , , , , , ,

1 reply

Trackbacks

  1. Tujuan Selalu Baik – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: