Tujuan Selalu Baik

Tujuan Selalu Baik

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Setiap orang hidup, pasti memiliki tujuan. Apakah anda memiliki atau menulis Resolusi Hidup atau tidak, pasti memiliki tujuan hidup. Orang yang membuat resolusi, punya tujuan jelas dan tertulis. Orang yang tanpa menulis resolusi, memiliki tujuan walaupun kurang jelas alias samar-samar, namun tidak menulisnya. Nasib kedua orang ini akan berbeda di masa depannya. Anda pasti tahu, siapa yang akan lebih sukses…

Baca juga: Menulis Resolusi Tahun Baru

Bahkan Alloh menciptakan manusia di dunia ini pun ada tujuannya. Bukan diciptakan untuk sekedar main-main saja. Apa coba?? Dalam Alqur’an Surah Al-Mu’minum ayat 115 Alloh berfirman, “Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?”

Tujuan penciptaan manusia adalah untuk menjadi KHALIFAH di muka bumi. Tugasnya untuk membangun peradaban manusia berdasarkan aturan dari Alloh SWT sehingga tidak terjadi kerusakan di alam semesta ini.

Setiap manusia melakukan suatu tindakan apapun, pasti di dalamnya terkandung NIAT dan TUJUAN yang ingin dicapai. Niat dan Tujuan inilah yang mampu menggerakkan tubuh untuk melakukan sesuatu. Makanya, tanpa tujuan hidup, manusia bagaikan mayat berjalan. Artinya orang yang hidup, namun pada hakekatnya ia seperti orang mati. Hidupnya seperti orang Bingung. Na’udzubillah…

Coba perhatikan baik-baik. Buka mata anda, buka telinga anda, buka pikiran anda dan buka hati anda, apa Tujuan di balik setiap Tindakan yang anda lakukan?? Hanya saja, apakah tujuan itu sifatnya insidentil, jangka pendek saja atau terhubung dengan Tujuan Hidup jangka panjang anda? Itu yang membedakan kualitas hidup setiap orang.

Yang pasti, setiap Tujuan dari tindakan anda pasti BAIK, minimal Baik untuk diri sendiri. Tujuan yang tersirat pasti untuk memenuhi hasrat dan keinginan diri sendiri atau mungkin untuk keluarga dan orang lain. Hasil akhir yang diinginkan agar mendapatkan kepuasan dan kebahagiaan hidupnya.

Baca juga: Tujuan Hidup = Tujuan Keuangan

Jadi benar bila dikatakan Tujuan itu Selalu BAIK. Namun, yang membuat orang dikenal baik atau buruk adalah CARA yang ditempuh untuk mencapai tujuan tsb. JALAN yang ditapaki untuk memenuhi tujuan itu. Apakah baik atau tidak, apakah Benar atau Salah sesuai dengan norma, etika dan aturan Alloh SWT. Misalnya, simak ilustrasi berikut ini:

Tujuan yang ingin dicapai: INGIN KAYA

Cara BENAR yang ditempuh si A:
Si A berusaha keras membangun bisnis kuliner yang unik dan enak, dan mengembangkannya ke berbagai kota hingga tumbuh menjadi bisnis besar. Omsetnya semakin besar, Profit pun semakin besar. Akhirnya si A berhasil sukses dan menjadi orang kaya.

Cara SALAH yang ditempuh si B:
Si B berusaha keras menjadi Pejabat di perusahaan ataupun pemerintahan dengan cara menyikut dan menjatuhkan pesaingnya. Setelah berhasil menjadi pejabat, ia pun memanfaatkan kekuasaan/ wewenangnya untuk kepentingan diri, untuk memperkaya diri sendiri alias KORUPSI. Akhirnya, ia pun berhasil menjadi orang Kaya.

Gimana Sahabatku, anda pasti ingin kaya kan? Sama kalo gitu!! Anda mau pilih cara yang mana? Cara yang ditempuh oleh si A atau B? Mau menelusuri jalan HALAL atau HARAM? Mau menapaki jalan panjang, terjal dan berliku… atau jalan pintas yang serba cepat? Anda sendiri yang tahu jawabannya…

Sebagai orang yang beriman, kalo ingin SUKSES, milikilah Tujuan Hidup yang jelas dan tulislah!! IKHTIAR-lah dengan menempuh jalan yang BENAR, jalan yang tidak menzhalimi orang lain, jalan yang tidak menipu orang lain, jalan yang tidak merampas hak orang lain. Janganlah menggunakan paham Machiavellianism, yang menghalalkan segala cara untuk meraih tujuan. Kalo perlu tempuhlah jalan yang justru banyak membantu orang lain, memberi manfaat pada orang banyak. Insya Alloh usaha anda akan berkah, bertumbuh menjadi besar dan berpahala berlipat ganda…

Baca juga: Berbisnis, Menjemput Hati Customer

Salam Perubahan..!!



Categories: Bisnis

Tags: , , , , , , , ,

5 replies

Trackbacks

  1. Lari Pagi Mencerdaskan Otak – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  2. SIKAP HIDUP BAHAGIA – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  3. Hidup Lebih Berwarna – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  4. Tujuan Akhir SUKSES dan BAHAGIA – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  5. Siapakah Anda? – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: