Lari Pagi Mencerdaskan Otak

Lari Pagi Mencerdaskan Otak

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Saya sering memperhatikan orang-orang yang sudah berumur cukup tua, sekitar 70-80 tahun, tetapi tubuhnya masih kelihatan bugar dan sehat. Berjalan seperti biasa, tidak bungkuk, tidak dibantu tongkat, kulit terasa masih agak kenceng, awet muda, bahkan masih ada yang kuat jogging, lari pagi dan gowes.

Coba tanyakan kepada mereka, apa rahasianya kok bisa begitu? Pasti jawaban terbanyak adalah jaga pola makan sehat, rajin makan buah dan sayur, serta rajin berolah raga terutama jogging atau lari pagi. Dan yang tidak kalah penting juga adalah… selalu menjaga PERASAAN dan EMOSI agar tetap baik.

Baca juga: Gaya Hidup Sehat

Ingat lagunya Rhoma Irama yang berjudul Lari Pagi? Waah, lagu jadul banget itu..!! Lari Pagi untuk membina jasmani. Lari pagi ternyata tak hanya menyehatkan tubuh, membuat perut langsing, tetapi juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak Anda asalkan dilakukan secara konsisten.

Riset terbaru telah membuktikan bahwa olahraga lari bagus untuk memelihara kecerdasan. Sebuah penelitian yang pernah dilakukan di Jepang, menunjukkan bahwa orang yang konsisten latihan fisik di pagi hari, terutama berlari memiliki intelektualitas yang lebih tinggi.

“Penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan lari memiliki pengaruh yang besar terhadap fungsi prefrontal dan kognitif seseorang jika dilakukan secara konsisten,” kata pemimpin penelitian Dr Kisou Kubota dari Nihon Fukushi University di Handa, Jepang.

Menurut studi yang pernah diterbitkan di jurnal ilmiah Cell Metabolism, olahraga lari juga dapat meningkatkan fungsi otak dan menyimpan informasi lebih baik.

Dengan rutin berlari dapat mempertahankan aliran darah dan oksigen yang melindungi otak. Asupan oksigen yang maksimal ditambah peredaran darah yang sempurna membuat otak bekerja secara optimal. Ketika kita lari, otot-otot berkontraksi dan memompa sekumpulan zat yang di antaranya terdiri dari protein ke aliran darah. Beberapa protein ini akhirnya juga mengalir ke otak.

Satu protein khusus yang disebut cathepsin B dipompa keluar dan beredar ke seluruh tubuh ketika kita lari. Zat ini disebut sejenis protein superhero, karena tidak hanya membantu otot-otot untuk memulihkan diri, tetapi juga mempercepat memori serta pembelajaran di otak. Menurut para periset, semakin kita berlatih lari dengan serius, semakin banyak cathepsin B yang dihasilkan. (Kontributor Health, Dhorothea).

Dalam jangka panjang, berlari dapat mencegah penyakit Alzheimer alias pikun dan memperlambat penuaan. Tak perlu berlari secara berlebihan. Cukup luangkan waktu 30 menit agar otak Anda bekerja lebih cepat dan efisien.

Sudah banyak yang membuktikan, orang yang konsisten lari pagi tubuhnya lebih sehat dan fit. Kecerdasannya juga lebih fit, maksudnya masih bisa berkontribusi untuk pembelajaran hidup bagi orang lain. Masih bisa memberikan pemikiran, ide dan gagasan dalam memecahkan permasalahan dalam kehidupan.

Yuks Sahabatku, kita berusaha keras untuk bisa merutinkan olahraga lari ini. Seringkali kita terpacu dalam keinginan untuk bisa lari pagi, tapi pada saatnya selalu kalah dengan KEMALASAN. Karena lemah KOMITMEN dalam diri, lemah dalam KESADARAN akan manfaat lari pagi, akhirnya lemes lagi. Lari pagi hanya sebatas keinginan, belum menjadi AMAL nyata yang konsisten…

Baca juga: Tujuan Selalu Baik

Salam Perubahan..!!

Advertisements


Categories: Personal

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: