SIKAP HIDUP BAHAGIA

Sikap Hidup Bahagia

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Setiap orang pasti memiliki tujuan hidup yang ingin dicapai. Betul tidak? Tujuan hidup itu bisa bermacam-macam dan berbeda-beda setiap orang. Namun, kalo kita telusuri lebih jauh, ujung dari semua tujuan hidup manusia itu adalah KEBAHAGIAAN. Setiap manusia pasti mendambakan KEBAHAGIAAN dalam hidupnya.

Baca juga: Tujuan Selalu Baik

Berikut ini 10 Sikap Hidup Bahagia menurut Mahatma Gandhi yang bisa kita teladani dan kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Jangankan 10 sikap itu bisa kita lakukan, beberapa saja yang mampu kita lakukan… lakukanlah !! Insya Alloh kita akan merasakan BAHAGIA. Dengan sedikit tambahan penjelasan (NB), simaklah !!

1. Lepaskanlah Rasa Kuatir dan Ketakutan

Ketakutan dan kekuatiran hanyalah IMAJINASI PIKIRAN akan suatu kejadian di masa depan yang belum tentu terjadi. Kebanyakan hal-hal yang Anda kuatirkan dan takutkan tak pernah terjadi ! It’s all only in your mind. NB: Rasa Takut dan Kuatir hanya menggelayut dalam pikiran anda, lepaskanlah !!

2. Buanglah Dendam

Dendam dan amarah yang disimpan hanya akan menyedot energi diri Anda dan hanya mendatangkan KELELAHAN JIWA. BUANGLAH !! NB: Dendam selalu menyatu dengan Amarah. Dendam muncul karena ada amarah dan kebencian yang memuncak dalam diri anda, karena sebab perilaku orang lain.

3. Berhentilah Mengeluh

Mengeluh berarti selalu tak menerima apa yang ada saat ini. Secara tak sadar Anda membawa-bawa BEBAN NEGATIF. NB: Sikap menerima apa yang didapatkan dan apa yang dimiliki saat ini mencerminkan orang yang pandai bersyukur.

4. Bila Ada Masalah, Selesaikan Satu Per Satu

Hanya inilah cara paling efektif menangani setiap persoalan hidup anda: Selesaikan satu demi satu !! NB: Masalah tidak bisa dihindari, karena ia akan selalu mengejarmu ke mana pun kamu lari. Solusinya ya… hadapi dan segera selesaikan satu per satu.

5. Tidurlah Dengan Nyenyak

Semua masalah yang terjadi tak perlu dibawa tidur. Hal tersebut BURUK dan TIDAK SEHAT. Biasakanlah tidur dengan nyaman. NB: Ketika mau tidur, lepaskanlah segala persoalan yang anda alami, perselisihan dengan orang lain, dan semua masalah hidup, tanggalkanlah dari Pikiran anda. Dan jangan lupa BERDOA, agar tidur anda berkualitas dan menghindarkan godaan syetan. Bangun tidur dapat merasa fresh kembali.

6. Jauhi Urusan Orang Lain

Biarkan masalah orang lain menjadi urusan mereka sendiri. Mereka memiliki cara sendiri untuk menangani setiap masalahnya. NB: Mungkin maksud dari sikap ini adalah, janganlah kita terlalu keppo dan turut campur dengan masalah orang lain, kalo itu merupakan urusan pribadi orang tsb. Akan tetapi, memberikan pertolongan dan memudahkan orang lain, akan memberikan kebahagiaan tersendiri.

7. Hiduplah Pada Saat Ini, Bukan Masa Lalu

Nikmati masa lalu sebagai kenangan, jangan tergantung padanya. Konsentrasilah hidupmu pada kejadian saat ini, karena apa yang Anda miliki adalah saat ini, bukan kemarin, bukan besok. “Be totally present”. 

NB: Baca juga: Hidup Adalah SAAT Ini dan juga Jangan Terlalu Lama Melihat Spion

8. Jadilah Pendengar Yang Baik

Saat menjadi pendengar, Anda belajar dan mendapatkan ide-ide baru yang berbeda dari orang lain. NB: Untuk menjadi orang yang semakin DEWASA dan BIJAK, dibutuhkan kemampuan MENDENGAR yang baik. Meski sangat sulit dilakukan, terutama kaum perempuan, berusahalah !!

9. Berpikirlah Positif

Rasa frustasi datang dari pikiran negatif. Kembalilah berpikir positif. Bertemanlah dengan orang-orang yang berpikiran positif dan terlibatlah dengan kegiatan-kegiatan positif. NB: Pikiran negatif jangan dipiara, karena akan menarik pikiran negatif lainnya. Ujung-ujungnya anda akan terjerumus melakukan tindakan yang negatif pula.

Baca juga: Kekuatan Pikiran

10. Bersyukur

Sekecil apapun karunia yang kita terima, akan menghasilkan hal-hal besar dan selalu membawa kita kepada Kebahagian saat kita pandai Bersyukur. NB: Bersyukur akan merontokkan pikiran dan perasaan negatif dalam diri kita, seperti pongah, selalu merasa kurang, protes, serakah dan tidak pernah puas.

Salam Perubahan..!!

Advertisements


Categories: Motivasi

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: