Fitrah Tauhid dan Ikrar Kehidupan

Fitrah Tauhid dan Ikrar Kehidupan

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Tahukah anda, bahwa manusia diciptakan Allah dalam kondisi fitrah (baik, suci, dan meng-Esa-kan Allah). Itu yang dinamakan Fitrah Tauhid. Sejak manusia dalam kandungan ibu, ketika ditiupkan RUH ke dalam janin, manusia sudah dimintai pengakuan dan kesaksian tentang keesaan Allah. Ruh manusia sudah berikrar dan mengakui bahwa sesungguhnya Dia (Allah) adalah Tuhan mereka, pecipta mereka, dan penguasa mereka.

Hal ini diceritakan dalam firman Allah, QS Al-A’raf ayau 172:

Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): “Bukankah Aku ini Tuhanmu?” Mereka menjawab: “Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi”. (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: “Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)”

Berikut ini artikel dari pak Nasrullah Baksolahar, yang menulis tentang Ikrar Kehidupan. Semoga dapat menyadarkan kita akan tugas dan amanah yang harus kita emban di muka bumi ini, dan nantinya akan kita pertanggungjawabkan kembali kepada Allah. Simaklah..!!

Baca juga: Who Am I? Menemukan Jati Diri

=========

Ikrar Kehidupan
Oleh: Nasruloh Baksolahar

Hidup itu amanah. Waktu itu amanah. Banyak amanah kehidupan yang menjadi tanggung jawab kita. Gunung yang kuat dan kokoh tidak sanggup memikul amanah. Manusia yang mengambil amanah tersebut.

Banyak hal yang tak disadari oleh kita. Sebelum dilahirkan ke dunia, kita sudah berikrar di hadapan Allah. Berikrar menyembah dan taat kepada Allah. Berikrar menjaga dan menjalankan amanah kehidupan yang gunung tak sanggup menjalankannya. Atas dua komitmen inilah kita dihadirkan oleh Allah di muka bumi ini.

Saat dunia berhias dengan kenikmatan harta, kekuasaan dan syahwat. Saat dunia memunculkan sifat aslinya yang penuh dengan kepayahan dan kegelisahan. Manusia melupakan ikrarnya dihadapan Allah. Manusia melalaikannya dan mengikuti settingan hasrat keduniaan.

Banyak yang terperosok dengan kenikmatan. Banyak yang terhina dengan kesempitan. Itulah takdir bagi yang melupakan ikrarnya di hadapan Allah.

Hidup ini adalah perjuangan dengan ikrar kita sendiri. Hidup ini untuk merealisasikan ikrar kita kepada Allah. Hidup ini menjaga dan mewujudkan sumpah kita kepada Allah. Karakter manusia memang sering mengabaikan dan melanggar ikrar dan sumpahnya sendiri.

Allah menghukum manusia, karena manusia mengkhianati ikrar dan sumpahnya. Ada kesenjangan antara ikrar dengan realita perbuatannya, inilah yang dituntut oleh Allah. Diturunkan Nabi, Rasul dan Kitab Suci hanyalah pertolongan Allah agar manusia memiliki panduan untuk mengingatkan, menjaga, memudahkan dalam merealisasikan ikrar kehidupan tersebut. Menjaga dan mendidik manusia agar bisa merealisasikan ikrarnya. Masya Allah.

Ikrar kita selalu diulangi ketika shalat. Ketika baru bangun tidur, ketika sedang sibuk dan kelelahan dan ketika akan tidur. Itulah cara Allah agar manusia teringat terus akan janji kehidupannya. Walau kita tak maksimal merealisasikan ikrar tersebut, minimal kita selalu mengingatnya. Inilah yang bisa mengendalikan tarikan nafsu syahwat keduniaan.

Mari kita ingat kembali ikrar kita dihadapan Allah. Ikrar untuk taat pada Allah dan merealisasikan amanah kehidupan.

=========

Syahadat yang selalu kita ikrarkan setiap sholat, semoga dapat memberikan bekas dalam hati kita, meningkatkan iman kita, membuka kesadaran kita, untuk senantiasa beramal kebajikan di dunia ini. Seharusnya kita disibukkan dengan amal-amal yang membangun, karya-karya yang dapat menebar manfaat untuk umat, dan aktivitas dakwah yang mengajak kepada kebenaran. Bukan malah sebaliknya, hidup kita dipenuhi dengan perbuatan dosa dan kemaksiatan…

Baca juga: Apa Kiprahku di Dunia?

Salam Perubahan..!!

Advertisements


Categories: Siroh

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: