Hidup Lebih Berwarna

Hidup lebih berwarna

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Masih ingat tulisan saya sebelumnya, yang berjudul Tujuan Selalu Baik? Kalo gak ingat atau belum baca silahkan langsung diklik aja link-nya.

Dalam artikel itu dijelaskan bahwa dalam setiap TINDAKAN manusia pasti di dalamnya terkandung suatu TUJUAN yang hendak dicapai. Paling tidak, dalam setiap tindakan pasti didahului dengan NIAT, walau tidak diucapkan. Makanya seringkali, baik NIAT maupun TUJUAN tidak disadarinya. Karena tidak ada penegasan dan penguatan akan NIAT dan TUJUAN itu dalam diri kita. Akhirnya, setiap TINDAKAN terasa mengalir begitu saja, seolah-olah berjalan tanpa tujuan…

Baca juga: Niat Saja Tidak Cukup

Kualitas TINDAKAN setiap orang berbeda-beda, walaupun bisa jadi mereka melakukan pekerjaan yang sama. Sama-sama mengerjakan tugas kantor yang sama, bidang yang sama, departemen yang sama, tetapi hasilnya berbeda-beda. Kenapa bisa begitu..??

Menurut saya, faktor penyebab utamanya adalah lemahnya KOMITMEN dan RESPONSIBILITY dalam bekerja. Jadi tambah bingung… maksudnya gimana? Begini!

  • KOMITMEN akan muncul ketika dalam diri manusia memiliki KEYAKINAN akan suatu hal, memiliki KEYAKINAN akan suatu TUJUAN yang ingin diraih, memiliki KEYAKINAN akan MASA DEPAN yang baik dan memiliki KEYAKINAN kepada Allah, Malaikat, Rasul, Kitab, Hari Akhir dan Taqdir (IMAN). Dengan Keyakinan itu, manusia akan serius dan bersungguh-sungguh dalam melakukan TINDAKAN apapun. Ia akan bekerja secara totalitas dan mengerahkan segenap potensi yang dimilikinya. Ia akan memiliki Jiddiyah (kesungguhan) dalam setiap amal ibadah yang dilakukan.
  • RESPONSIBILITY adalah bentuk tanggung jawab terhadap diri sendiri untuk merealisasikan TUJUAN dan mengejar MASA DEPAN yang sudah diyakininya. Tanggung jawab itu muncul dalam setiap TINDAKAN yang ia lakukan karena ia YAKIN bahwa apa yang dilakukannya sekarang dalam rangka merealisasikan TUJUAN hidupnya di masa depan. Setiap amal ibadah yang dilakukan merupakan tabungan AMAL untuk hari akherat nanti.

Oleh karena itu, penting sekali bagi kita untuk memiliki TUJUAN Hidup yang jelas, baik tujuan jangka pendek, menengah terlebih lagi jangka panjang. Tujuan inilah yang akan mewarnai kehidupan kita :

  • Hidup kita lebih Hidup
  • Hidup kita lebih Bersemangat
  • Hidup kita lebih Bergairah
  • Hidup kita lebih Dinamis
  • Hidup kita lebih Kreatif
  • Hidup kita lebih Terarah
  • Hidup kita lebih Bertumbuh
  • Hidup kita lebih SUKSES
  • Hidup kita lebih BAHAGIA

Dan sebaliknya, tanpa TUJUAN HIDUP yang jelas, maka warna hidup kita akan terasa Buram dan GELAP. Hidup kita akan dihinggapi penyakit Loyo, Letih, Lesu, Lunglai, Letoy, Lemes, Lemah, dll… kok diawali huruf L semua ya? Makanya, berhati-hatilah, jika tubuh anda merasakan gejala penyakit huruf L ini, segera sadar dan perbaiki diri. Jangan biarkan berlarut-larut penyakit itu menguasai diri anda karena akan berat sekali dalam menyembuhkannya.

Segera temukan TUJUAN hidup anda. Kalo masih belum ketemu, segera introspeksi dan rancanglah Tujuan Hidup untuk Masa Depan. Kembangkan imajinasi untuk mendapatkan gambar Design Masa Depan yang anda idam-idamkan. Libatkan emosi dan perasaan untuk dapat memvisualisasikan Design Masa Depan Anda.

Jika anda berhasil mendesign Gambar Masa Depan, maka saya yakin, Hidup Anda akan Lebih Berwarna…

Baca juga: Masa Depan Gelap, Terangi dengan MIMPI

Salam Perubahan..!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , , , , , ,

2 replies

Trackbacks

  1. Tujuan Akhir SUKSES dan BAHAGIA – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  2. Kondangan Pernikahan – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: