Mengundang Allah Dalam Hidup Kita

Mengundang Allah Dalam Hidup Kita

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Kembali lagi, saya berkolaborasi tulisan dengan artikel pak Nasrullah Baksolahar. Kali ini berkaitan dengan tema KEIKHALASAN. Pak Nasrullah menggambarkan bahwa kalau kita ingin “mengundang” Allah, maksudnya melibatkan Allah, dalam setiap aktivitas dalam hidup kita, maka Keikhlasan Hatilah kuncinya. Bagaimana rahasianya? Yuks simak tulisan berikut:

Baca juga: Mengamati Kehidupan Burung

==========

Oleh: Nasrulloh Baksolahar

Percayalah pada hati yang ikhlas, walaupun engkau hanya seorang diri.

Syekh Abdul Qadir Jailani mengatakan bahwa KEIKHLASAN HATI akan menarik jiwa-jiwa manusia untuk berjalan bersama, untuk bekerja sama.

Dr Abdullah Azzam memaparkan bahwa Jihad Afghanistan dimulai dari para mujahidin ikhlas yang disiksa oleh penguasa di bilik penjara yang sunyi tersembunyi. Keikhlasan para mujahidin lah yang menarik manusia berbondong ke Afghanistan. Siapa yang memberitahukan perjuangan Afghanistan? Saat semua jalur informasi dibungkam? Allah lah yang mengundangnya. Dalam sejarah, baru kali ini negara penjajah hancur oleh bangsa yang dijajah? Keajaiban selalu hadir dari keikhlasan.

Keikhlasan itu menyatukan. Keikhlasan itu mengeratkan. Keikhlasan itu menggerakkan. Keikhlasan itu memudahkan. Hidupkan keikhlasan terlebih dahulu sebelum merancang strategi dan bekerja. Keikhlasan berarti mengundang keterlibatan Allah dalam gerak nafas kita.

Tanpa keikhlasan berarti hanya mengandalkan energi sendiri. Bukankah manusia itu lemah, rapuh, bodoh, miskin dan melampaui batas? Apakah jiwa seperti ini layak untuk meraih kegemilangan hidup? Bila hanya mengandalkan diri sendiri, apa yang bisa diperbuat manusia?

Kekuatan manusia bukan pada idenya, bukan pada akalnya, bukan pada semangatnya, semua energi itu bisa hilang seketika. Kekuatan terbesar manusia itu pada keikhlasan nya, pada ketundukan dan kebergantuannya pada Allah.

Energi terkuat di semesta ini adalah keikhlasan. Ikhlas bisa menanggung semua beban kehidupan yang tak bisa ditanggung oleh gunung dan kekuatan semesta. Ikhlas menjadi daya dobrak yang tak pernah terpikirkan dan terduga oleh manusia, karena Allah akan mengajarkan ilmu-Nya tanpa perantara.

Ikhlas bukan sekedar syarat diterima amal ibadah, tetapi syarat pokok membangun peradaban dunia.

==========

IKHLAS sering dipersepsikan sebagai satu kata singkat yang mudah diucapkan, akan tetapi sangat sulit/berat untuk dilakukan. Kita sering mendengar orang mengatakan, “Saya sudah ikhlas kok…” atau “Saya sudah meng-ikhlas-kannya…”. Apa kira-kira orang itu sudah benar-benar Ikhlas? Seringkali orang bilang ikhlas, tetapi masih selalu mengingat-ingatnya, mengungkit-ungkitnya. Itu artinya belum ikhlas…

Keikhlasan itu kerelaan, tulus dan bersih hati. Keikhlasan Hati sebagai wujud amal tanpa pamrih dan tendensi. Keikhlasan Hati tidak akan pernah menciderai. Keikhlasan Hati akan merasuk ke dalam relung sanubari. Keikhlasan Hati akan menyatukan dan mengeratkan silaturahmi (ikatan hati). Sehingga dapat melahirkan cinta dan persaudaraan yang abadi. Allah pun akan menurunkah berkah dan melipatgandakan prestasi.

Sahabatku, yuk berjuanglah untuk selalu mendatangkan Allah dalam setiap langkah kerja kita. Dalam beramal, dalam berdakwah, dalam bekerja, dalam berbisnis/ berusaha, dalam bekerjasama dengan orang lain, dan aktivitas apapun… hadirkanlah KEIKHLASAN HATI di dalamnya. Itu artinya anda “Mengundang” Allah dalam kehidupan anda. Maka kehidupan anda akan semakin berkembang dan mendapatkan berkah dari Allah SWT…

Baca juga: Tujuan Akhir SUKSES dan BAHAGIA

Salam Perubahan..!!

Advertisements


Categories: Siroh

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: