4 KATA Yang Harus Dihindari Orang SUKSES

KATA Yang Harus Dihindari Orang SUKSES

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Anda pasti sering mendengar ucapan “kata-kata adalah do’a”. Maksudnya kata-kata yang sering ditujukan untuk seseorang akan menjadi Doa bagi orang itu, sehingga suatu saat, entah kapan, kata-kata yang sering diucapkan akan menjadi kenyataan.

Misalnya, orangtua yang sering marahin ke anaknya dengan selalu mengatakan, “dasar anak nakal…!!”, maka kemungkinan besar, anaknya benar-benar akan menjadi anak nakal. Untuk itu, berhati-hatilah mengeluarkan kata-kata untuk orang lain, apalagi dia adalah anggota keluarga anda.

Saya sering memperhatikan perkataan yang sering digunakan anak-anak Millenial zaman now, baik melalui WA, FB, Twitter atau perkataan langsung kepada teman-temannya. Saya merasa miris dengan tutur kata mereka, yang dengan mudahnya (= seolah-olah tanpa beban dosa), mengeluarkan kata-kata umpatan, ejekan, cemoohan, yang pada zaman Old sangat dianggap tabu.

Misalnya: kata-kata yang sering muncul dari mulut anak zaman now: bego’, tolol, dungu, goblok, oon, dodol, anjir, najis, gila, kampret, koplok, dan lain-lain… Na’udzubillah..!!

Baca juga: Tujuan Akhir SUKSES dan BAHAGIA

Dalam ilmu NLP, kita dianjurkan untuk selalu memilih kata-kata yang baik dalam setiap pembicaraan kita. Kata-kata yang bernada positif, optimis, yang secara psikologis dapat mempengaruhi orang lain untuk berbuat lebih baik lagi. Bukan kata-kata KASAR dan NEGATIF yang dapat mempengaruhi orang lain justru menjadi semakin negatif.

Termasuk dalam hal meraih masa depan. Setiap orang tentu ingin menjadi SUKSES. Ternyata orang Sukses sangat memperhatikan kata dan kalimat yang dia ucapkan dan selalu dia dengar dari orang lain. Ia selalu menghindari kata-kata Negatif yang sangat menghambat Kesuksesan. Berikut ini, 4 kata-kata yang sangat dihindari oleh orang Sukses dimana pun:

1. SAYA TIDAK BISA

Ketika kata ini diucapkan, sistem Kerja Otak kita akan menutup untuk mencari Jalan Keluar. Namun sebaliknya, jika yang diucapkan “SAYA BISA“, maka Otak akan bekerja keras mencari Jalan Keluar (SOLUSI) terhadap segala pekerjaan, masalah dan tantangan yang dihadapi.

2. TIDAK MUNGKIN

Ketika kata ini diucapkan, maka pertama, kita sudah tidak Percaya lagi dengan ke-Maha Kuasa-an Allah. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ketika Allah berkehendak, maka tinggal “Kun Fayakun”. Di dunia ini tidak ada yang Tidak Mungkin, kecuali manusia berusaha menghindari kematian.

Kedua, kita juga tidak Yakin dengan potensi dan kemampuan kita sendiri. Manusia itu makhluk paling sempurna di dunia ini. Di balik kesusahan, ada kemudahan. Di balik masalah ada solusi. Di balik tantangan ada peluang. Tinggal bagaimana manusia bisa mengeksplorasi kehebatan dirinya untuk menghadapi gelombang kehidupan. Sejatinya semua hal yang ada di dunia ini berasal dari sesuatu yang belum pernah ada.
(Contoh: Lampu, Pesawat, Terbang Ke Bulan, dll)

3. SAYA SUDAH TAHU

Ketika kata ini diucapkan, maka EGO kita akan meningkat dan Pikiran dan Hati kita langsung menutup diri untuk BELAJAR. Padahal, sejatinya Ilmu yang baru itu harus selalu dipelajari. Ibaratnya, orang yang selalu berkata “Saya sudah tahu” seperti “Gelas Penuh”, yang diisi apa pun akan luber dan tumpah. Ia tidak akan bisa menerima masukan apa pun dari luar.

4. NANTI SAJA

Ketika kata ini diucapkan, maka akan memicu Rasa MALAS dalam diri kita dan akhirnya terjadilah penundaan. Ini merupakan salah satu penyakit kronis mental manusia, yaitu Suka Menunda-nunda pekerjaan.

Mereka yang suka menunda akan melemahkan Antusiasme dan akan tersadar ketika baru mendapat musibah. Mereka akan merasa STRESS ketika pekerjaan dan masalah menumpuk di belakang, ibarat BOM Waktu yang akan meledak setiap saat. Ujung-ujungnya PENYESALAN ada di belakang…

Baca juga: Penyakit Kronis Mental Manusia

Salam Perubahan..!!

Advertisements


Categories: Motivasi

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: