Persaingan Melahirkan Kualitas

Persaingan Melahirkan Kualitas

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Saya yakin, anda sering mendengar kata-kata ini, “Hidup adalah perjuangan… Hidup adalah Pengorbanan…”. Itu menggambarkan bahwa dalam hidup ini, SUKSES tidak datang dengan sendirinya, tapi harus diusahakan. Sukses harus dikejar dengan Kerja Keras, Kerja Cerdas, Keuletan, Konsistensi dan Pengorbanan baik waktu, tenaga, pikiran dan modal. Kalo Sukses bisa diraih tanpa Usaha keras, semua orang sudah pasti akan sukses.

Namun, kalo dikatakan bahwa “Hidup adalah persaingan (kompetisi)…”, apakah anda setuju? Benarkan dalam hidup ini penuh dengan persaingan? Siapa yang bersaing? Berarti hidup itu seperti perlombaan dong? Bagaimana pendapat anda?

Baca juga: Jangan Takut Competitor

  • Di komplek, banyak kaum hawa terutama ibu-ibu bersaing untuk tampil cantik dan kelihatan kaya.
  • Masyarakat bersaing untuk menjadi orang sukses/kaya dan membangun rumah yang megah, kendaraan mewah, dll.
  • Anak sekolah dan mahasiswa di perguruan tinggi bersaing untuk mendapatkan nilai dan ranking terbaik.
  • Tenaga kerja bersaing untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi.
  • Karyawan di perusahaan bersaing untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi.
  • Supplier, Kontraktor, Vendor, Rekanan bersaing untuk mendapatkan kerjasama, project atau job di perusahaan-perusahaan dan pemerintah.
  • Dalam bisnis, semua perusahaan yang memasarkan produk dan jasa bersaing untuk mendapatkan konsumen yang banyak dan loyal.
  • Calon Anggota Dewan (CAD) bersaing untuk merebut hati dan suara rakyat dalam pemilu agar menjadi anggota dewan (DPR/DPRD).
  • Di setiap perlombaan pasti ada persaingan untuk menjadi JUARA, menjadi yang Terbaik, menjadi Nomor Satu. Misalnya di Liga sepak bola, balap MotoGP, balap mobil F1, bulutangkis, tenis, lomba lari, dan masih banyak lagi.

Benar kan, bahwa Hidup ini penuh dengan Persaingan. Persaingan untuk menjadi yang TERBAIK. Kompetisi untuk menjadi yang TERDEPAN. Berlomba untuk menjadi NOMOR SATU. Justru orang yang tidak mau masuk dalam persaingan, malah akan terlempar keluar. Hidupnya akan menjadi orang biasa saja alias orang rata-rata.

Baca juga: Jangan Mau Menjadi Orang Rata-Rata

Persaingan adalah Sunnatullah dan keniscayaan hidup. Allah SWT menciptakan manusia memang untuk bersaing, untuk membuktikan manusia mana yang paling baik amalnya. Lihatlah di Alqur’an Surat (QS Al-Mulk : 2) sbb:

“Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” 

Persaingan Hidup inilah yang sejatinya menghasilkan Perjuangan dan usaha keras setiap orang. Setiap manusia berlomba untuk menjadi orang SUKSES, berprestasi dan beramal sebanyak-banyaknya. Manusia yang ingin meraih tujuan hidup SUKSES dan BAHAGIA pasti akan mengerahkan segenap kemampuan dan kompetensinya untuk bekerja, berusaha, beramal dan berkarya.

Baca juga: Tujuan Akhir SUKSES dan BAHAGIA

Jadi Sahabatku, jangan pernah keluar dari persaingan. Jangan pernah menghindar dari kompetisi, dan jangan berhenti dari perlombaan. Karena PERSAINGAN itu melahirkan KUALITAS. Dengan persaingan, anda akan menjadi semakin matang, semakin dewasa, semakin ahli, semakin cerdas dan semakin berkualitas. Dengan Niat yang lurus, dengan Semangat yang membara, dengan Cara/jalan yang baik, dengan Action yang konsisten, maka persaingan akan menjadi indah. Bayangan Sukses sudah ada di depan mata anda.

Salam Perubahan..!!



Categories: Bisnis

Tags: , , , , , , , ,

4 replies

Trackbacks

  1. Persaingan Melahirkan Kreativitas – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  2. Siapakah Anda? – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  3. PEMILU: Pesta Demokrasi – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  4. Tikus vs Kucing, Siapa Yang Menang? – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: