Menghitung MARGIN Dalam Bisnis

Menghitung MARGIN Dalam Bisnis

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Suatu ketika, saya ditanya sama anak saya yang sudah lulus SMA dan sedang menjalani program kuliah 1 tahun, di Sekolah Bisnis. Dia mengatakan, “Ayah… Margin itu apa sih?”. Dengan raut muka agak kaget, saya pun menjelaskan secara singkat, apa itu margin. Yang menggelitik pikiran saya, anak lulusan SMA sekarang, bahkan sudah masuk di Sekolah Bisnis pun masing asing dengan istilah MARGIN.

Hal ini seakan menggambarkan bahwa dalam kurikulum anak sekolah maupun mahasiswa, tidak diberikan pembelajaran tentang Melek Financial. Mereka tidak dibekali ilmu-ilmu praktis yang dapat membangkitkan Kecerdasan Financial-nya. Mungkin guru dan dosen yang mengajarkan pun sama, mereka juga bukan seorang Enterpreneur. Jadi wajarlah, ketika lulus sekolah/kuliah, mereka jadi bingung untuk bisnis apa. Malah bukan berbisnis, mereka sibuk untuk mencari kerja.

Baca juga: Bingung Memulai Bisnis

Di suatu pagi, setelah sholat Shubuh saya pun mengajak anak saya untuk berdiskusi tentang bisnis Bakso yang sedang kami rintis. Kami sedang membuka Kedai Bakso Lahar Daeng ICHAM, di depan rumah. Kedai ini kami jadikan laboratorium untuk belajar, sebelum mengembangkannya yang lebih besar. Kedai ini sebagai tempat untuk R & D untuk menemukan pola dan sistem bisnis Bakso Lahar yang akan dikembangkan ke depan. Mohon do’a dari para Sahabat ya…

Dalam diskusi ini, saya ingin memberikan pelajaran tentang pentingnya Pembukuan (pencatatan) dalam bisnis sejak dini. Bisnis baru yang sedang dirintis harus dibiasakan dari awal untuk dibuatkan Pembukuan yang rapi. Karena, hanya dengan Pembukuan kita bisa mendapatkan perhitungan hal-hal berikut:

  • Total Investasi, artinya kita bisa menghitung berapa modal awal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis bakso ini, misalnya untuk sewa ruko, beli semua peralatan, dll. Selain itu, untuk perputaran bisnis harian, mingguan, atau bulanan dibutuhkan Modal Kerja (working capital) berapa?
  • Omset, artinya kita bisa mengetahui bagaimana trend perkembangan omset bisnis bakso, naik atau turun, atau turun-naik? Itulah gambaran perputaran bisnis kita dalam kurun waktu mingguan maupun bulanan.
  • Harga Pokok (COST), artinya biaya yang diperlukan untuk membuat 1 (satu) porsi bakso itu berapa? Itulah Harga Pokok, yang terdiri dari biaya bahan-bahan untuk membuat bakso, seperti daging, mie, sayur, tahu, bumbu, dll.
  • Harga Jual, artinya kita bisa menetapkan berapa Harga Jual ke konsumen untuk satu porsi Bakso Lahar. Disinilah keputusan kita dibuat, mau ambil MARGIN berapa persen?
  • Beban, artinya semua biaya yang dikeluarkan dalam bisnis bakso, namun tidak berkaitan langsung dengan pembuatan bakso. Misalnya beban promosi dan marketing, beban gaji karyawan, beban listrik/air/gas, beban penyusutan dari semua peralatan yang digunakan, beban amortisasi sewa tempat atau ruko, dll.
  • Profitability, artinya sejauh mana perkembangan bisnis kita, apakah profitable atau tidak? Dengan membandingkan dan menganalisa semua komponen di atas, maka kita bisa menilai profitabilitas bisnis bakso ini. Apakah prospektif atau tidak? Kesimpulan ini sangat penting untuk keputusan langkah pengembangan bisnis bakso selanjutnya.

Jadi, kita tahu dari penjelasan singkat di atas, yang dinamakan MARGIN adalah, selisih antara Harga Jual ke konsumen dengan Harga Pokok produk bakso. Harga pokok bakso 1 porsi mau dimark-up berapa persen sehingga menjadi harga jual bakso.

Sedangkan PROFIT adalah total Margin dikurangi dengan Total Beban dalam satu periode waktu. Dengan perhitungan sederhana, berikut rumusnya untuk menghitung Margin dan Profit:

OMSET – COST = MARGIN  dan  MARGIN – BEBAN = PROFIT

Begitulah Sahabatku, cara mudah mengetahui perhitungan bisnis dengan cara mencatat semua pengeluaran biaya yang dilakukan dan semua pemasukan yang didapatkan dari bisnis kita. Maka kita dapat menilai, bisnis kita UNTUNG atau RUGI…

Baca juga: Kesalahan Pebisnis Pemula

Salam Perubahan..!!



Categories: Bisnis

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: