Maju Terus Pantang Mundur

Maju Terus Pantang Mundur

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Pagi itu, hari Senin di awal tahun 2019. Di kantor saya kebetulan sedang ada program rutin I Love Monday (ILM). Program ini sebagai wahana untuk komunikasi dan sharing dari manajemen kepada karyawan tentang berbagai hal penting. Misalnya: Visi-Misi dan Goals perusahaan, Budaya Kerja perusahaan, sharing Kompetensi, wawasan dan motivasi serta penjelasan detail tentang berbagai program kerja perusahaan.

Pada ILM awal bulan Februari ini, temanya tentang Goals dan Tema Kerja perusahaan tahun 2019. Semua karyawan head office dikumpulkan. Pembicaranya manajemen dari Operation Department, yang membahas Tema Kerja 2019, “Maju terus untuk mencapai hasil terbaik malalui perbaikan proses kerja…dst..”.

Salah satu pembicara mengatakan, “Maju terus itu apa..??” Seluruh karyawan terdiam. Beliau pun melanjutkan, “Maju terus ya… Maju Terus…!!”. Sontak membuat semua karyawan tertawa dan bertepuk tangan.

Kita sering mendengar kata “Maju terus” itu pasti disambung dengan kata “Pantang Mundur”. Jadilah kalimat “Maju terus pantang mundur”. Tapi jangan diplesetkan ya, menjadi “Maju perut pantat mundur”. Hahaha…

“Maju terus pantang mundur”, adalah sebuah semboyan yang sangat familiar di tengah masyarakat kita, dimana semboyan merupakan sebuah peribahasa yang berisikan motto, motivasi dan pedoman hidup bagi seseorang. “Maju terus pantang mundur” adalah kalimat motivasional yang lahir di zaman perjuangan, memiliki nilai juang yang sangat luar biasa. Yuks kita kupas lebih dalam semboyan itu?

  • Maju Terus, menggambarkan motivasi dan semangat berjuang yang sangat tinggi untuk terus melangkah maju menggapai mimpi. Satukan NIAT dan bulatkan TEKAD untuk satu TUJUAN. Melangkah maju ke depan (moving forward) dengan gagah berani dan penuh perhitungan, bukan bonek alias bondo nekad. Teruslah bergerak, jangan hentikan langkah. Apapun tantangan yang terjadi di depan, siap untuk menghadapi dan memberikan solusi.
  • Pantang Mundur, menggambarkan motivasi dan semangat juang tanpa kenal henti. Sekali bergerak dan melangkah, ya harus terus bergerak dan melangkah. Jangan pernah berpikir untuk BERHENTI apalagi MUNDUR. Never Give Up…!! Jangan Menyerah..!! Hadapi tantangan, singkirkan hambatan, abaikan godaan, berjuang sampai tetes darah penghabisan, begitulah naluri seorang Pejuang.

Baca juga: Spiritualitas Target

Sejauh mana semboyan “Maju terus pantang mundur” bekerja dalam diri kita? Jangan sampai semboyan hanya menjadi semboyan, motto hanya sekedar motto, slogan hanya sekedar slogan. Tidak berfungsi, tidak berpengaruh dan tidak memberikan motivasi apa-apa dalam diri kita. Dan sepertinya, kebanyakan orang hanya seperti ini. Kalau ini yang anda rasakan, maka periksalah hal-hal berikut:

  • Goals, apakah anda memiliki tujuan hidup yang jelas-jelas ingin dicapai? Apakah anda menulisnya dalam Dream Book?¬†Apakah tujuan anda memiliki target yang jelas, terukur dan dikasih deadline?
  • Yakin, bagaimana tingkat keyakinan dan kepercayaan diri anda sendiri terhadap Goals yang anda tetapkan? Apakah anda yakin bisa menggapainya? Apakah anda percaya dengan kemampuan diri anda?
  • Bekal, persiapan apa yang sudah anda buat? You must prepare everything. Bekal yang paling penting dan wajib anda siapkan adalah Kompetensi Diri anda. Sudahkah anda meng-upgrade diri untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan, skill, keahlian, perencanaan,
  • Konsistensi, apakah anda memiliki keuletan dalam bekerja? Apakah anda memiliki daya tahan yang kuat dalam menghadapi tantangan? Konsisten – dalam bahasa Arab Istiqomah – memang berat, tapi bukan berarti tidak bisa.
  • Do’a, sudahkah anda menggantungkan target dan ikhtiar anda kepada Sang Maha Kuasa, Allah SWT? Periksalah keimanan anda. Periksalah ketaatan dan amal ibadah anda kepada Allah. Periksalah amal dakwah anda kepada Allah. Karena itu semua yang akan mengundang pertolongan Allah kepada anda.

So, Maju terus pantang mundur. Jangan karena sedikit tantangan, anda menjadi lemes. Jangan karena kegagalan sedikit, anda mundur ke belakang. Jangan karena masalah sepele, anda menyerah kalah…

Baca juga: Mengundang Allah Dalam Hidup Kita

Salam Perubahan..!!



Categories: Bisnis

Tags: , , , , , , , , ,

3 replies

Trackbacks

  1. Karyawan Bernilai Tambah – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  2. Taman Bunga Yang Mengundang Kupu-Kupu – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  3. Tikus vs Kucing, Siapa Yang Menang? – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: