Persaingan Melahirkan Kreativitas

Persaingan Melahirkan Kreativitas

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Kali ini saya akan mengajak anda untuk berjalan-jalan keluar rumah. Atau bagi anda yang sedang dalam perjalanan ke manapun, naik mobil pribadi, bus, angkot, kereta api, ojek online, dll, saya minta anda untuk membuka mata lebar-lebar dan pikiran lebih dalam. Perhatikan orang-orang di luaran sana atau di sekeliling anda atau setiap orang yang anda temui di jalan, bagaimana kehidupan mereka? Apa profesi mereka?

Saya yakin, anda akan menemukan banyak orang dengan pekerjaan dan profesi yang bermacam-macam. Dan anda pasti bisa menilai, kira-kira bagaimana kualitas hidup mereka. Tapi jangan menilai tingkat Kebahagiaan mereka, karena anda bisa salah. Ukuran kebahagiaan setiap orang berbeda-beda. Mungkin anda akan menemukan orang-orang seperti berikut:

  • Penjual kue dan makanan. Mereka menjajakan makanan untuk anak sekolah dan orang-orang yang butuh sarapan pagi.
  • Tukang sampah. Mereka bekerja pagi-pagi untuk mengumpulkan sampah-sampah dari masyarakat untuk dibawa ke tempat pengolahan sampah.
  • Pak Ogah. Mereka berada di setiap persimpangan jalan atau putaran. Mereka membantu pengendara mobil untuk berbelok arah atau berputar balik, dengan mengharapkan uang GOPEK atau seribuan.
  • Tukang parkir. Mereka selalu berdiri di bawah terik matahari untuk mengatur motor dan mobil parkir di suatu tempat dengan mendapatkan imbalan uang parkir.
  • Tukang Ojek. Mereka selalu menunggu orang lewat untuk diantar ke tujuan, atau menunggu order masuk bagi ojeg online untuk mengantarkan orang ke suatu tempat.
  • Pekerja dan karyawan. Mereka berangkat pagi-pagi menuju kantor, tempat mereka bekerja masing-masing. Ada yang naik ojek online, berdiri di pinggir jalan menunggu bus, dan banyak sekali yang berdesak-desakan naik kereta api menuju tempat kerjanya.
  • Pemulung. Mereka berpakaian lusuh, berjalan dari tempat sampah satu ke tempat sampah yang lain, untuk mengumpulkan sampah dan barang bekas yang bisa didaur ulang.
  • Pengamen dan Pengemis. Di setiap lampu merah, anda akan menemukan mereka, meminta-minta kepada para pengemudi yang berhenti di lampu merah.
  • Pemilik warung kelontong. Mereka menjual sembako dan kebutuhan sehari-hari keperluan masyarakat sekitar.
  • Warung makan. Mereka menjual makanan dengar berbagai menu masakan. Ada warteg, warung padang, warung sunda, warung indomie, warung bakso, dll.
  • Penjual kopi keliling. Mereka berkeliling ke tempat-tempat yang ramai, seperti perkantoran, proyek, dll untuk menjual kopi panas.
  • Penjual somay, bakso, cilok, es, ketoprak, sayur, dll dengan gerobak dorong. Mereka berkeliling ke kompleks dan perumahan untuk menjajakan dagangannya.
  • Di jalan raya selalu macet, penuh dengan pengendara mobil dan motor, yang entah apa pekerjaan mereka semua.

Banyak banget kan apa yang bisa kita lihat di jalan atau di luar rumah? Berbagai tipe manusia dengan berbagai macam pekerjaan mereka. Sejatinya, mereka sedang berjuang untuk hidup baik untuk diri sendiri maupun keluarga. Mereka sedang BERSAING untuk mengais rezeki dari Alloh SWT, BERSAING untuk hidup lebih baik, BERSAING untuk sukses, karena memang Hidup adalah Persaingan. Janganlah menghindar dari persaingan.

Baca juga: Persaingan Melahirkan Kualitas

Dalam bersaing tentu ada yang kalah dan ada yang menang. Ada yang untung dan ada yang rugi. Ada yang berhasil dan ada yang gagal. Bahkan banyak orang yang menjalankan pekerjaan mereka karena TERPAKSA, mereka dituntut oleh tanggung jawab dan kewajiban mereka. Makanya mereka mau bekerja menjadi apa saja, yang penting bisa menghasilkan uang…

Persaingan itu sebenarnya dibutuhkan untuk menstimulus menuju perbaikan dan kesempurnaan di segala bidang.

  • Bagi orang yang sadar, jadikan persaingan sebagai penyemangat untuk tumbuh dan berkembang, untuk tumbuh menjadi hebat dan menuju kesempurnaan.
  • Bagi orang yang berpikir, jadikan persaingan untuk memunculkan ide, KREATIVITAS dan INOVASI baru agar anda unggul dalam bersaing.
  • Bagi orang yang beriman, jadikan persaingan sebagai cara untuk beramal dan berkarya sebanyak-banyaknya sehingga memberikan kemanfaatan dan berkah bagi alam semesta.

Baca juga: Lawan SHIFTING dengan INOVASI

Salam Perubahan..!!



Categories: Bisnis

Tags: , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: