Harta Paling Berharga

Harta Paling Berharga

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Pada tulisan kali ini, saya ingin bertanya kepada anda, kira-kira harta yang paling berharga di dunia ini apa? Aset yang sangat menentukan kualitas dan kesuksesan hidup anda. Setiap orang memilikinya. Apakah itu??

  • Apakah itu Rumah? Rumah sangat berharga sebagai tempat untuk anda tinggal, tumbuh dan berkembang. Tapi, tanpa rumah orang masih bisa sewa rumah untuk hidup.
  • Apakah itu Mobil/Kendaraan? Kendaraan sangat berharga untuk mobilitas dan aktivitas kita sehari-hari. Tapi, tanpa mobil/motor orang masih bisa naik kendaraan online.
  • Apakah itu HP, Computer, Laptop? Peralatan teknologi ini sangat berharga untuk membantu kita dalam bekerja dan komunikasi, terutama orang kantoran. Tapi, tanpa itu semua, orang masih bisa bekerja dan berkomunikasi antar sesama.
  • Apakah itu Uang, Emas, Investasi? Harta ini sangat berharga untuk memenuhi semua kebutuhan hidup kita. Tapi, tanpa harta itu pun, orang masih bisa hidup bahagia.
  • Apakah itu Keluarga? Keluarga (anak, istri/suami) sangat berharga dalam kehidupan kita. Tapi, tanpa keluarga pun orang masih bisa hidup dan berkembang.

Trus… apa dong jawabannya?

Yang benar adalah Sang WAKTU. Waktu adalah Harta yang Paling Berharga dalam hidup kita. Setiap orang hidup, pasti memiliki WAKTU, cuma sangat sedikit yang dapat menyadarinya, sangat sedikit yang bisa mensyukurinya. Akibatnya, hidupnya terjebak dalam rutinitas yang membosankan. Bahkan hidupnya akan mudah terombang-ambing dalam suasana yang penuh dengan tantangan dan ketidakpastian.

Uang, Emas, Rumah, mobil, hand phone, laptop, dan harta benda lainnya yang kita miliki merupakan HARTA milik kita di LUAR diri kita. Sedangkan WAKTU, merupakan HARTA milik yang ada DALAM diri kita. Harta yang berada di luar diri kita, ketika hilang, dengan mudah orang bisa untuk mengumpulkannya kembali. Namun, harta yang ada dalam diri kita, WAKTU, ketika berlalu dan hilang, orang tidak akan pernah bisa untuk mengembalikannya.

Baca juga: Roda Kehidupan Berputar

Mengapa kebanyakan manusia lebih memilih hal-hal yang bersifat kesenangan hawa nafsu guna menghabiskan waktunya? Mengapa kebanyakan anak muda, generasi millenial lebih suka menghabiskan waktunya untuk online, main games, youtube, update status medsos, tidur di pagi hari, dll..? Mereka tidak menyadari bahwa WAKTU adalah HARTA yang paling BERHARGA. Mereka membuang waktunya untuk hal yang sia-sia. Mereka menggadaikan masa depannya dengan kegiatan yang tidak jelas tujuannya.

Bukankah Alloh SWT berfirman, yang artinya:

“Demi waktu. Sesungguhnya manusia dalam kerugian. Kecuali orang yang beriman dan beramal sholeh yang saling menasihati dalam kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran.” (QS: Al-‘Ashr 1-3).

Hasan Al Bashri mengatakan,

“Wahai manusia, sesungguhnya kalian hanyalah kumpulan hari. Tatkala satu hari itu hilang, maka akan hilang pula sebagian dirimu.”

Wahai Sahabatku, Waktu pasti akan Berlalu, bahkan terlalu cepat Berlalu, maka Beramallah..!! Waktu akan terus berjalan, tanpa anda bisa menghentikannya, Berdayakanlah..!! Sibukkanlah dirimu dalam kebaikan. Jika dirimu tidak tersibukkan dengan hal-hal yang baik (haq), pasti akan tersibukkan dengan hal-hal yang sia-sia (batil).

Waktu tidak bisa dihentikan, tapi manusia bisa mengendalikannya. Jangan sampai ada PENYESALAN di belakang. Dan memang tempat penyesalan selalu di belakang. Buatlah Goals dan Rencana-rencana masa depan anda, supaya anda disibukkan dengan aktivitas yang penting, pengembangan diri dan berorientasi masa depan. Jagalah waktumu, sebelum terlambat..!!

Baca juga: Penyakit Kronis Mental Manusia

Salam Perubahan..!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , , , , , , ,

4 replies

Trackbacks

  1. Bagaimana Kualitas Hidup Anda? – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  2. Salah Kaprah Manajemen Waktu – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  3. Siapakah Anda? – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  4. Daya Ungkit Dalam Kehidupan – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: