Bagaimana Kualitas Hidup Anda?

Bagaimana Kualitas Hidup Anda?

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Dalam perjalanan menuju Musholla untuk menunaikan sholat Dhuhur, di Petukangan, saya melihat rumah/ruko yang ramai sekali. Banyak anak-anak remaja usia sekolah dan beberapa pemuda sedang berkumpul. Ternyata tempat itu adalah penyewaan Play Station alias PS. Mereka lagi asyik main PS, tak peduli adzan berkumandang, tak peduli dengan waktu yang mereka hambur-hamburkan.

Di sisi yang lain, saya juga pernah melihat sekumpulan anak muda, yang berpakaian nyentrik dan kelihatan kumal, banyak tato di tubuhnya, rambut jabrik dan dicat berwarna-warni. Mereka nongkrong di pinggir jalan. Ternyata mereka adalah kelompok anak Punk. Saya tidak tahu berapa lama mereka menghabiskan waktu untuk nongkrong dengan dandanan seperti itu…

Kedua pemandangan di atas sangat menarik perhatian saya. Karena menurut saya, keduanya merupakan contoh orang-orang yang sangat tidak menghargai WAKTU untuk kehidupan MASA DEPAN-nya. Mereka lebih suka mengisi waktunya dengan kegiatan yang menyenangkan hawa nafsunya saja. Mereka terjebak dalam aktivitas yang sia-sia, mubadzir, bahkan batil. Mereka tidak peduli untuk membangun KUALITAS HIDUP-nya di masa depan. Sungguh sangat disayangkan…

Mungkin masih banyak fenomena orang yang terbuai dengan waktunya, yang hanya digunakan untuk kesenangan saat ini belaka. Misalnya orang-orang yang hobbynya nongkrong sambil ngopi-ngopi, karyawan yang kebiasaannya nonton film atau main games di jam kerja, orang yang selalu tidur pagi hari, orang yang larut dalam dunia online, medsos dan main games, dan lain-lain…

Baca juga: Harta Paling Berharga

Sesungguhnya, kita bisa menilai KUALITAS HIDUP seseorang itu dari kehidupan sehari-harinya. Bagaimana cara ia menjalani dan menikmati hidupnya setiap hari. Secara mudah, lihatlah dari dua hal berikut:

  • Bagaimana cara ia menggunakan WAKTU-nya.

Brian Tracy dalam bukunya Master Your Time, Master Your Life, menulis “Kualitas hidup anda terutama ditentukan oleh manajemen waktu anda. Tapi manajemen waktu sesungguhnya merupakan manajemen personal, manajemen hidup. Jika anda tidak mengendalikan waktu anda dengan baik, sulit bagi anda untuk mengendalikan hal lainnya.”

Bagaimana orang memandang waktu, akan mempengaruhi bagaimana ia menggunakan waktunya. Kesadaran akan Waktu adalah HARTA yang paling BERHARGA, maka akan mempengaruhi bagaimana anda dalam memberdayakan waktu. Setiap orang memiliki waktu yang sama, baik itu orang kaya, orang miskin, orang baik, orang jahat, orang sukses ataupun orang gagal. Perbedaannya adalah dalam manajemen waktu masing-masing.

Baca juga: Salah Kaprah Manajemen Waktu

  • Bagaimana ia memutuskan PILIHAN dalam hidupnya.

Sebenarnya poin kedua ini juga berhubungan dengan poin pertama. Dalam menjalani waktu hidupnya, dalam mengisi hari-harinya, setiap orang dihadapkan pada banyak PILIHAN yang harus segera diambil. Memilih Goals yang akan diraihnya. Memilih cara dan jalan yang akan ditempuhnya. Memilih solusi yang akan digunakannya. Dan… memilih aktivitas apa yang akan anda lakukan SAAT ini.

Baca juga: Hidup Adalah Pilihan

Sahabatku, KUALITAS HIDUP seperti apa yang akan anda kejar? Anda sendiri yang menentukan. Keputusan dan tanggung jawab ada di pundak anda. Ingatlah kedua hal di atas, bagaimana manajemen waktu anda dan bagaimana pilihan jalan hidup anda.

Salam Perubahan..!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , , , , , ,

2 replies

Trackbacks

  1. Generasi BUIH – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  2. Karyawan Bernilai Tambah – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: