Motor Karomah Pak Kyai

Motor Karomah Pak Kyai

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Diceritakan dalam sebuah kisah, ada seorang Kyai yang tinggal di daerah yang dirahasiakan. Beliau ini pimpinan pondok pesantren, oleh para santrinya sangat dikagumi. Beliau juga dita’dhimi oleh semua orang karena ilmu dan akhlaqnya yang tinggi. Disamping itu, beliau juga terkenal mempunyai kemampuan ‘khoriqu lil’adah‘. (hayoo pada tahu gak artinya?)

Salah satu karomahnya adalah beliau memiliki motor yang bisa berjalan tanpa menggunakan bahan bakar. Cukup dengan beberapa wirid saja, motor sudah bisa jalan dan melesat kencang. Hal seperti ini sudah ma’lum di kalangan para Kyai.

Suatu ketika, saat ada santrinya yang ingin pergi ke pasar untuk keperluan pesantren, namun motor pesantren sedang tidak ada. Santri itu pun melapor pada Pak Kyai dan bermaksud meminjam motornya. Akhirnya Santri pun dikasih pinjam motor sang Kyai tersebut.

Namun sang santri kebingungan. Motor yang dipinjamkan pak Kyai tidak bisa menyala. Distarter atau pun disela kaki tetap saja mesinnya tidak bisa menyala. Santri pun bertanya kepada pak Kyai,

Santri: “Maaf kyai, kaifiyah mengendarai motor ini bagaimana?”

Pak Kyai: “Owh…, begini! Mudah saja mengendari motor karomah ini. Bacalah basmalah untuk menstarter, hamdalah untuk nge-gas dan istighfar untuk mengerem.”

Tanpa pikir panjang, dua anak santri langsung nemplok naik motor milik Kyai.

“Bismillahirrahmanirrahiim” ajaib motor langsung hidup, meskipun tanpa suara tapi ada indikatornya. “Alhamdulillah”, motor pun mulai melaju. Tikungan pertama, santri yang pegang kendali motor membaca istighfar, “Astaghfirullah” , motor menikung dengan mulus.

Karena perjalanan dari pesantren ke pasar lumayan jauh, sudah begitu jalan yang dilalui melewati sisi tebing, hal ini menambah adrenalin dua orang santri ini. Oleh karenanya, hampir tanpa disadari dia telah memacu motor semakin kencang.

“Alhamdulillah”. “Alhamdulillah”. “Alhamdulillah”. Motor melaju semakin kencang dan serasa hampir melayang. Tanpa disadari, di depan mereka ada tikungan tajam yang menghadap persis dengan jurang yang sangat dalam. Mereka pun kaget dan segera mengambil tindakan cepat untuk mengendalikan motor karomah pak Kyai.

Dengan sigap mereka mengurangi laju motor, “Astaghfirullah, Astaghfirullah, Astaghfirullah… “. Motor pun berhenti beberapa centimeter di bibir jurang. Dengan perasaan lega luar biasa, PLONG… keduanya bersyukur karena selamat dari musibah yang hampir menimpa mereka. Dengan kompak dan spontan, mereka mengucapkan, “ALHAMDULILLAH…”

“Krusaakkkkk, gebbbbrugh gedebbbrugh brakh, Aakkhhhh…….. tolooooonngg!!!” (terdengar suara keras dari dasar jurang).

==============

Huuuaaaaa…hahahahaha…!! Semoga kisah di atas memberika pelajaran kepada kita agar kita tidak SOMBONG dengan kelebihan yang kita miliki. Semua itu karunia dari Allah SWT yang akan dipertanggungjawabkan kepada-Nya. Yang kedua, agar kita amanah ketika diberikan kepercayaan dan tanggung jawab oleh orang lain. Jangan digunakan untuk kepentingan dan kepuasan pribadi…

Baca juga: Tutuplah Botol Dengan Rapat

Salam Perubahan..!!



Categories: Kocak

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: