Karyawan Bernilai Tambah

Karyawan Bernilai Tambah

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Tulisan kali ini membahas seputar karyawan, baik itu karyawan swasta, buruh pabrik dan ASN – Aparat Sipil Negara (dulu PNS). Bagi anda yang karyawan, apa pun posisi anda di perusahaan/lembaga, baik staff, supervisor, coordinator atau pun manager, coba perhatikan rekan sekerja anda, perhatikan anggota tim anda, samakah semangat dan motivasi kerja mereka? Samakah fokus kerja mereka? Samakah kemandirian mereka? Samakah kreativitas dan inovasi mereka? Samakah kinerja mereka?

Jawaban anda pasti ‘jelas berbeda-beda’, termasuk anda bukan? Yang lebih penting, anda termasuk kategori yang mana?

Dari berbagai survey tentang motivasi dan engagement karyawan, ditemukan fakta bahwa mayoritas karyawan memiliki motivasi kerja yang rendah dan biasa-biasa saja. Hanya sebagian kecil yang memiliki engagement tinggi terhadap perusahaan tempat mereka bekerja. Karyawan yang memiliki motivasi kerja dan engagement tinggi, pasti akan berkinerja tinggi bagi perusahaan.

Baca juga: Maju Terus Pantang Mundur

Bagaimana tips mudah agar anda menjadi seorang karyawan yang sukses? Karyawan dengan jenjang karir yang moncreng? Karyawan yang produktif? Ikutilah dua tips mudah berikut ini:

  • Jadilah karyawan yang UNIK, yang memiliki PEMBEDA dengan karyawan lain. Tentunya karyawan yang BERBEDA dalam hal-hal yang baik, bukan dalam hal-hal yang buruk. Dengan begitu anda akan memiliki KARAKTER dan BUDAYA KERJA yang kuat. Anda tidak mudah goyah, tidak mudah terseret arus kebanyakan karyawan rata-rata.
  • Jadilah karyawan yang memiliki NILAI TAMBAH dibanding karyawan lain. Nilai Tambah ini juga menjadi Pembeda bagi anda dari karyawan lain. Anda memiliki Nilai Lebih dalam banyak hal, motivasi, integritas, kompetensi, manajerial, dll.

Dua resep di atas akan membawa karyawan kepada kinerja tinggi dan sudah pasti jenjang karir akan cemerlang. Anda akan menjadi asset berharga bagi perusahaan dan perusahaan pun akan memberikan apresiasi kepada anda.

Coba tanyakan kepada diri sendiri, “Apa perbedaan saya dengan karyawan lain? Nilai Lebih apa yang saya miliki dibanding karyawan lain?”

  • Anda seorang karyawan yang jujur dan berintegritas, tapi banyak karyawan lain juga jujur dan berintegritas, maka anda menjadi RATA-RATA…
  • Anda seorang karyawan memiliki semangat kerja tinggi, tapi karyawan lain pun sama, mereka kerja dengan semangat, maka anda menjadi BIASA…
  • Anda seorang karyawan yang mandiri, tapi karyawan lain juga sama, mereka bekerja secara mandiri, maka anda menjadi SETARA…

Oleh karena itu, jadilah karyawan yang LEBIH dari karyawan lain:

  • lebih cerdas dan berpikir luas
  • lebih gesit dan cekatan
  • lebih lama waktu bekerja
  • lebih komunikatif
  • lebih kreatif dan beronovasi
  • lebih rapih pekerjaannya
  • lebih semangat dan bergairah dalam bekerja
  • lebih solutif dalam menghadapi masalah
  • lebih tahan tekanan dan tantangan
  • lebih care dan suka membantu
  • dan lain-lain…

Selamat wahai Sahabat, anda telah berhasil menjadi Karyawan yang Bernilai Tambah. Bersiaplah, hidup anda akan segera berubah. Keajaiban dan keberkahan akan segera menghampiri anda…

Baca juga: Mau Kinerja Anda Meningkat?
Baca juga: Bagaimana Kualitas Hidup Anda?

Salam Perubahan..!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , , , , , , ,

2 replies

  1. Banyak hal yang harus dilakukan untuk menjadi karyawan terbaik, tapi intinya tetap harus menjadi diri sendiri. Bukan memiliki topeng.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: