Taman Bunga Yang Mengundang Kupu-Kupu

 

Taman Bunga Yang Mengundang Kupu-Kupu

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Suatu hari, seorang ayah menyuruh anaknya (katakanlah namanya Danu) untuk membangun taman bunga di depan rumahnya. Maka, tanpa pikir panjang, Danu langsung meluncur pergi ke tempat penjual tanaman dan bunga, yang menjajakan berbagai jenis tanaman hias dan tanaman bunga yang indah-indah.

Sesampai di penjual tanaman, Danu langsung mengungkapkan maksudnya ingin membangun taman bunga di depan rumahnya. Ia bingung memilih tanaman bunga yang mana yang akan ditanam di taman.

Penjual tanaman bertanya, “Taman bunga yang seperti apa yang ingin anda bangun?”
Danu menjawab, “Taman bunga yang bisa mengundang banyak kupu-kupu datang.”

Penjual tanaman mengerti, dan menunjukkan tanaman bunga apa saja yang dapat menarik kupu-kupu untuk datang. Danu pun membeli tanaman bunga yang ditunjukkan dan langsung membawanya pulang ke rumah. Taman bunga indah di depan rumah akhirnya berhasil dibuatnya. Kupu-kupu setiap pagi sampai siang selalu datang mengerumuni bunga-bunga di taman…

============

Apa pelajaran yang dapat anda ambil dari cerita singkat di atas? Mungkin banyak insight yang bisa diambil, tapi saya akan berfokus dari sisi Bisnis ya. Simaklah penjelasan selanjutnya…

1. Tujuan Harus Jelas

Setiap orang ingin membangun masa depan cerah. Betull tidak? Banyak yang menjadi karyawan dan membangun karir di ASN maupun perusahaan. Ada juga yang memutuskan membangun bisnis untuk menjadi Enterpreneur. Tidak ada yang salah. Yang salah adalah orang yang tidak bekerja/berusaha untuk membangun masa depannya.

Taman bunga yang dibangun Danu dalam cerita di atas sudah jelas, yaitu Taman yang bisa mendatangkan banyak kupu-kupu. Demikian juga dalam mendesain masa depan anda, harus tergambar JELAS dalam Pikiran dan Keyakinan anda MASA DEPAN seperti apa yang anda inginkan. Dalam berbisnis, usaha seperti apa yang ingin anda bangun? Dalam berkarir, Karyawan seperti apa yang ingin anda kejar? Dalam berumah tangga, Keluarga seperti apa yang ingin anda bentuk?

Baca juga: RENCANA Pasti Ketemu TARGET

2. Kacamata Customer

Ketika anda memutuskan untuk menjadi Enterpreneur dan membangun bisnis, jangan mengandalkan ide dan gagasan diri sendiri, jangan menuruti kemauan/keinginan sendiri karena boleh jadi semua itu tidak cocok bagi pelanggan. Anda harus berfokus dari sudut pandang calon pelanggan anda. Bisnis dan produk/jasa seperti apa yang mereka inginkan.

Membangun taman bunga yang dapat mengundang kupu-kupu, artinya anda berpikir dari sudut pandang Kupu-kupu, bukan taman bunga yang INDAH versi anda. Akhirnya anda akan menanam bunga-bunga yang disukai oleh kupu-kupu bukan yang anda sukai. Iya kan?? Dengan begitu, insya Alloh taman bunga anda akan penuh dengan kupu-kupu. Bisnis anda, insya Alloh akan diserbu oleh pelanggan…

Baca juga: Berbisnis, Menjemput Hati Customer

3. Mengejar Kesuksesan

Dalam cerita di atas, tersirat keinginan untuk mendatangkan kupu-kupu, bukanlah dengan cara MENGEJAR Kupu-Kupu, karena anda akan buang-buang waktu dan tenaga saja. Cara yang tepat adalah dengan membangun Taman Bunga Indah yang disukai kupu-kupu, maka mereka akan datang dengan sendirinya.

Apakah anda harus mengejar kesuksesan dengan “berpura-pura sampai Anda berhasil” dan menggunakan segala cara untuk mendapatkan imbalan apa pun yang Anda cari? Bukan begitu..!! Kesuksesan sejati adalah hasil dari PROSES mempersiapkan diri sendiri, membangun Kompetensi diri sehingga imbalan yang Anda inginkan datang secara alami. Sukses akan datang kepada orang yang sudah LAYAK untuk mendapatkannya, laksana Kupu-Kupu yang datang ke taman bunga yang anda bangun.

Sahabatku, ingatlah Quote berikut ini:

“Don’t waste your time chasing butterflies. Mend your garden, and the butterflies will come”. (Jangan buang waktu Anda mengejar kupu-kupu. Perbaiki kebun Anda, dan kupu-kupu akan datang).  — Mario Quintana —

Selamat mencoba ya..!! Jadilah orang yang selalu mempersiapkan diri untuk menjemput Kesuksesan anda masing-masing.

Baca juga: Maju Terus Pantang Mundur

Salam Perubahan..!!



Categories: Bisnis

Tags: , , , , , , , , ,

5 replies

  1. Kupu kupu akan datang bila ada bunga bermekaran

Trackbacks

  1. Dompet Kosong, Tidak Ada Uang – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  2. Tips SAHUR Agar Tidak Mudah HAUS – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  3. Indonesia Seperti Gado Gado – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: