Menulis: Menjadi Orang Cerdas dan Filosofis

Menulis: Menjadi Orang Cerdas dan Filosofis

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Lautan hikmah ada di alam semesta ini. Jutaan inspirasi lahir dari berbagai peristiwa dan moment yang terjadi di dunia ini. Setiap kejadian yang ada di sekitar kita, baik itu berasal dari diri kita sendiri, dari orang lain, dari binatang, dari tanaman, maupun dari benda-benda mati di sekeliling hidup kita, semua mengandung inspirasi. Semua mengandung hikmah dan pelajaran berharga, yang bisa kita ambil untuk memperbaiki kualitas hidup kita.

Masalahnya adalah, sejauh mana ketajaman pandangan mata kita dan pandangan mata batin kita? Sejauh mana kekuatan spiritualitas dan kesadaran filosofis kita dalam memandang dan membaca setiap kejadian di alam ini? Apakah kita bisa menangkap inspirasi ataukah setiap kejadian itu berlalu begitu saja, tanpa memberikan bekas dan kesan apa-apa dalam diri kita?

Baca juga: Apa Manfaat MENULIS?

Jangan khawatir, kalau anda ingin menjadi orang yang lebih CERDAS dan FILOSOFIS, solusinya sederhana saja, yaitu dengan kebiasaan MENULIS. Setiap inspirasi yang anda dapatkan dari manapun, segeralah untuk menulisnya.

  • Tulis setiap inspirasi yang anda dapatkan di Notes dalam aplikasi HP. Kalau tidak bisa, luangkan waktu untuk menulisnya di hand book atau buku saku anda.
  • Renungkanlah inspirasi tersebut, Kenapa itu bisa terjadi? Kembangkan berbagai alternatif kemungkinan dan hubungan sebab-akibat di kepala anda.
  • Kaitkan inspirasi itu dengan realitas kehidupan anda.
  • Ambillah hikmah/pelajaran berharga, dan
  • Aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika anda melakukan langkah di atas, maka secara tidak langsung anda sedang mengembangkan PIKIRAN anda untuk memahami setiap kejadian. Dan kalau anda membiasakan diri untuk melakukan itu, jelas… lambat laun anda akan memiliki pandangan mata batin yang tajam. Anda tidak kesulitan untuk menjadi orang yang lebih Cerdas dan Filosofis.

Baca juga: Inspirasi Menulis

Orang pintar adalah orang yang mengetahui, pandai, dan memiliki ilmu. Tak heran jika pintar selalu dikaitkan dengan prestasi akademik, karena orang pintar selalu bergelut pada ilmu. Berbeda dengan orang pintar yang membutuhkan proses, orang cerdas seringkali berimprovisasi dan lebih kreatif dalam melakukan sesuatu. Kemampuan berfikir orang cerdas sangatlah cepat, sehingga ia sangat mudah mengerti, memahami, dan menangkap maksud dari suatu kondisi atau keadaan.

Berpikir filosofis adalah kerangka berpikir kritis dan mendalam untuk mencari solusi atas segala permasalahan hidup. Solusi yang ditemukan untuk mengatasi suatu persoalan melalui berpikir secara kritis merupakan buah dari pemikiran filosofis. Apabila solusi suatu persoalan tidak dipikirkan secara matang dan kritis, maka itu bukan merupakan buah pemikiran filosofis melainkan cuma asal bunyi saja. Anda mau pilih yang mana??

Coba anda berlatih, untuk mengaplikasikan langkah-langkah di atas terhadap obyek berikut ini: Kursi, Cermin, Burung, Laptop, dll. Silahkan kembangkan kerangka berpikir filosofis anda, untuk mendapatkan inspirasi dari obyek tersebut. Selamat mencoba..!!

Baca juga: Kekuatan Pikiran

Salam Perubahan..!!



Categories: Personal

Tags: , , , , , , , ,

1 reply

Trackbacks

  1. Apa Manfaat MENULIS? – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: