PEMILU: Pesta Demokrasi

PEMILU: Pesta Demokrasi

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

PEMILU tinggal menghitung hari. Tak terasa, jadwal Pemilu legislatif dan Pilpres sudah di depan mata, tinggal beberapa hari ke depan. Hiruk pikuk dan hingar bingar masa kampanye sudah kita lalui. Kampanye tertutup, kampanye terbuka dengan mendatangkan lautan massa di setiap daerah menjadi pemandangan indah yang terjadi setiap 5 tahun sekali. Debat kandidat di TV menjadi moment bersejarah bagi rakyat untuk melihat siapa paslon yang akan didukung dan dipilih.

Tidak kalah gemuruhnya, kampanye lewat media sosial baik Youtube, FB, Twitter dan Instagram. Setiap kandidat, pasangan calon, partai, tim sukses, dan para pendukung paslon, setiap saat berkampanye melalui akun medsos masing-masing. Ada yang memposting status, foto-foto, gambar, meme, narasi, dll tentang calon yang didukung. Banyak pula yang memposting kelemahan dan kekurangan calon lawannya.

Tidak sedikit juga yang menyebarkan berita hoax tentang lawan-lawan politik untuk mendiskreditkannya supaya tidak dipilih oleh rakyat. Banyak komentar-komentar yang nyinyir dan kasar yang mengandung cemoohan, umpatan, hinaan, hujatan yang kalo dirangkum menjadi sebuah ujaran kebencian. Kalo kita ikuti status-status mereka dapat membuat darah mendidih dan telinga kita memerah, karena saking keselnya dengan berita hoax dan komentar mereka…

Baca juga: Katak Kecil Memanjat Menara

Terlepas dari panasnya persaingan dalam kampanye PEMILU yang saling jegal, saling sikut, saling menjelekkan, dll, sebenarnya bagaimana Sikap anda terhadap PEMILU? Bagaimana pendapat, cara pandang dan perasaan anda menghadapi PEMILU ini?

  • Happiness Moment. PEMILU merupakan pesta demokrasi, pesta rakyat yang datang setiap 5 tahun sekali. Oleh karena itu, mari kita sambut dan isi Pesta Rakyat ini dengan suasana SUKA CITA dan penuh KEGEMBIRAAN. Sekaranglah saatnya untuk berkontribusi menentukan nasib bangsa ke depan. Janganlah GOLPUT, karena anda tidak peduli dengan nasib bangsa sendiri.
  • Ekspresi Diri. Orang yang merdeka adalah orang yang mampu mengekspresikan dirinya supaya potensi dirinya bisa keluar. Oleh karena itu, ekspresikan diri anda, ekspresikan calon anda, ekspresikan Capres anda. Sebarkan dan sampaikan kepada masyarakat hal-hal yang POSITIF tentang Capres anda untuk menarik simpati dari rakyat. Berfokuslah pada Capres anda, bukan pada lawan anda.
  • Ekspresi CINTA. Siapa calon pilihan anda dan siapa Capres yang anda dukung, pada hakekatnya adalah ekspresi Cinta anda kepada Capres tsb. Dukungan anda mencerminkan ungkapan Cinta anda terhadap Nilai, Kepribadian, Pemikiran dan Gagasan, serta Visi-misi dari Capres tsb. Oleh karena itu, ekspresikan dengan penuh CINTA.
  • Kompetisi alias Fastabiqul Khairat. PEMILU adalah moment untuk memilih Pemimpin terbaik bangsa. Dalam kompetisi dibutuhkan lawan/partner kompetisi, bukan MUSUH. Ekspresikan seluruh KEBAIKAN Capres anda dengan cara-cara yang santun dan mendidik. Berkompetisilah secara baik, jujur dan damai. Jangan saling menjatuhkan lawan, apalagi menyebarkan hoax alias FITNAH. Siapa pun yang terpilih adalah Putra Terbaik bangsa Indonesia. Dan dia akan menjadi Pemimpin kita semua. Setelah selesai berkompetisi, seluruh masyarakat kembali bersaudara sebagai bangsa Indonesia.

Baca juga: Persaingan Melahirkan Kualitas
Baca juga: Persaingan Melahirkan Kreativitas

Saya yakin, setiap kandidat capres-cawapres dan calon anggota legislatif, semua memiliki tujuan yang baik. Tujuan untuk memajukan negara Indonesia. Tujuan untuk mensejahterakan rakyat Indonesia. Hanya orang-orang yang mengelilingi kandidat yang memiliki kepentingan dan ambisi pribadilah yang mengotori PEMILU. Hanya orang-orang yang haus kekuasaanlah yang menciderai pesta demokrasi. Hanya orang-orang yang ingin memecah belah bangsa lah yang mendatangkan kekacauan dan perpecahan dalam PEMILU.

Akhirnya, bisa terjadi kandidat dan tim suksesnya yang menghalalkan segala cara untuk memenangkan kompetisi. Kampanye hitam (black campaign) dilakukan untuk menghantam lawan. Cara-cara curang, kebohongan, dan manipulasi data bisa saja terjadi karena ambisi hanya ingin menang dan tidak siap untuk kalah…

So, anda termasuk bagian yang mana???

Baca juga: Tujuan Akhir SUKSES dan BAHAGIA

Salam Perubahan..!!



Categories: Inspiratif

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

3 replies

Trackbacks

  1. PEMILU: Menjadi Pemilih CERDAS – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  2. PEMILU: Jangan GOLPUT – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  3. Apa Itu NYINYIR? – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: