PEMILU: Jangan GOLPUT

PEMILU: Jangan GOLPUT

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

PEMILU 2019, jadikan sebagai pesta demokrasi yang damai dan menggembirakan. PEMILU sebagai sarana/ajang Kompetisi (Fastabiqul Khairat) untuk memilih wakil-wakil rakyat dan Pemimpin (Presiden-Wakil Presiden) dari putra putri terbaik bangsa Indonesia. Merekalah yang akan mewakili suara rakyat di parlemen serta Presiden-Wakil Presiden yang akan memimpin negara Indonesia ke depan.

Dengan cara pandang di atas, bisa dikatakan bahwa PEMILU merupakan moment penting dan konstitusional untuk menentukan nasib bangsa Indonesia di masa mendatang. Oleh karena itu, hak suara kita sebagai warga negara akan sangat menentukan perjalanan bangsa dan negara Indonesia ke depan. Janganlah kita sia-siakan hak suara ini.

Baca juga: PEMILU: Pesta Demokrasi

Kita semua sebagai masyarakat Indonesia memiliki hak untuk ikut PEMILU. Dalam sistem demokrasi, kita memiliki hak untuk memilih calon Pemimpin Terbaik bangsa Indonesia. Janganlah GOLPUT, walaupun itu juga sebuah hak. Namun, menurut saya, hak yang kurang pas. Kenapa?

Orang-orang GOLPUT kan tidak pergi ke TPS, jadi mereka tidak memilih paslon Capres-Cawapres yang ada sekarang. Sementara mereka hidup di negara yang akan dipimpin oleh Pemimpin pemenang Pemilu, yang dipilih oleh orang-orang yang mencoblosnya. Mereka kaum GOLPUT tidak akan dipimpin oleh Presiden GOLPUT. Iya kan???

Kaum GOLPUT, akhirnya juga tidak sanggup untuk membuat kebijakan sendiri terkait kehidupannya sebagai warga negara.

  • Kebijakan ekonomi, harga-harga bahan pokok, beban listrik, harga BBM, dll ditentukan oleh Pemerintah yang bukan anda pilih, tapi anda merasakannya.
  • Kebijakan pendidikan, biaya pendidikan, kurikulum pendidikan, dll juga ditentukan oleh Pemerintah yang bukan anda pilih, tapi anda menjalaninya.
  • Kebijakan di bidang kesehatan, biaya rumah sakit, jaminan kesehatan, BPJS, dll juga ditentukan oleh Pemerintah yang bukan anda pilih, tapi anda menghadapinya.
  • Kebijakan di bidang infrastruktur, tata ruang, dll ditentukan oleh Pemerintah yang bukan anda pilih, tapi anda menikmatinya.

Dan semua sendi-sendi kehidupan lainnya, kaum GOLPUT tidak akan pernah lepas dari kebijakan dan keputusan pemerintah yang anda tidak memilihnya.

Maka wajarlah, kalau Ustadz Abdul Shomad (UAS) mengatakan: “Jangan GOLPUT, kalo kita yang waras ini GOLPUT, sementara orang Gila MEMILIH, itu sama artinya kita menyerahkan negara ini kepada orang GILA, dan itu berarti kita lebih GILA lagi..”

Bisa juga dikatakan bahwa orang yang GOLPUT dalam Pemilu itu artinya orang yang tidak peduli kepada nasib bangsa ke depan. Mereka lupa bahwa suaranya sangat berarti untuk menentukan nasib kehidupannya dalam berbangsa dan bernegara.

Kalau anda merasa bahwa calon-calon yang ada, yang harus anda pilih, tidak sesuai dengan keinginan anda, gunakanlah kaidah fikih, Pilih calon yang akan memberikan mudharat paling kecil. Itu karena anda tidak bisa menghindarinya dan tidak bisa pula mengendalikannya.

So… Ayo ke TPS. Salurkan hak suara anda dalam bilik suara. Janganlah GOLPUT, karena nasib anda ke depan, sangat dipengaruhi oleh pilihan anda…

Baca juga: PEMILU: Menjadi Pemilih CERDAS

Salam Perubahan..!!



Categories: Uncategorized

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: