Apa Itu NYINYIR?

Apa Itu NYINYIR

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Sebenarnya arti kata nyinyir itu apa sih? Sekarang ini lagi musim Nyinyir. “Nyinyir” lagi HITS, terutama selama masa kampanye, pemilu dan Pilpres. Makanya banyak netizen di dunia maya, di sosial media yang seringkali menuliskan kata nyinyir ini. 

Media sosial dipenuhi postingan atau status yang bernada menyindir atau menyinggung pihak lain. Perhatikan comment yang masuk, pasti ada saja yang berkomentar tentang nyinyir dan sebagainya. Saya jadi tergelitik untuk mencari arti/maksud dari kata “Nyinyir” ini.

1. Nyinyir dalam Bahasa Jawa

Dalam tutur kata keseharian orang Jawa, terutama di kampungku, saya tidak pernah menemukan orang mengucapkan kata nyinyir. Jadi menurut saya, bisa dibilang bahwa kata nyinyir ini tidak ada dalam kosa kata bahasa jawa. Yang sering kita dengar adalah orang ngrasani / rasan-rasan. Contohnya, ngrasani tonggone dewe (menggunjing tetangganya sendiri), dan sejenisnya. Justru dalam bahasa Sunda ditemukan kata Nyinyir yang artinya cerewet atau loba omong.

2. Nyinyir dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Dalam KBBI, ternyata kata nyinyir memiliki arti atau makna “mengulang-ulang perintah atau permintaan” dan juga “nyenyeh, cerewet”.

Jadi bisa dibilang bahwa orang yang nyinyir adalah orang yang cerewet, orang yang banyak bacot, orang yang suka mengulang-ngulang kata atau permintaan. Makanya orang sering memplesetkan orang nyinyir dengan istilah “Lambe Turah”.

Jadi kalo anda mengartikan kata nyinyir dengan istilah menggunjing, mengejek, menyindir atau mengkritik justru kurang tepat. Sungguh di luar ekspektasi orang-orang/netizen di luar sana 😂.

Baca juga: Ingat Kematian, Mencerdaskan

3. Nyinyir dalam Bahasa Medsos

Naah, ini yang lebih heboh dan miris. Karena sekarang lagi masanya orang banyak Nyinyir melalui medsos baik FB, instagram, WA dan Youtube. Siapa lagi yang diNyinyirin, kalo bukan lawan politiknya. Sekali buat status, jangankan yang terang-terangan, yang tersamar pun langsung deh… banjir dengan komentar nyinyir dari orang-orang yang berbeda pilihan politik.

Netizen dan kebanyakan orang menganggap nyinyir ini sama artinya dengan menggunjing, menyindir atau mengkritik seseorang atau pihak lawan. Si tukang nyinyir ini, menurut para netizen artinya sama saja dengan tukang gosip, tukang sebar aib orang, tukang kritik dan menggunjing orang lain dan tukang sebar berita HOAX.

Orang Nyinyir juga diidentikkan dengan orang yang banyak bacot, suka ngomel, bawel dan bisanya cuma menjelek-jelekkan dan mencari-cari kesalahan pihak sebelah. Orang Nyinyir itu suka mengkritik orang lain terus menerus secara pedas.

Trus mengapa mereka melakukan hal itu?? Tujuannya sudah tentu ingin membela pilihan politiknya dan ingin menjatuhkan lawan politiknya. Mereka membela mati-matian kubu sini dan menjatuhkan sejatuh-jatuhnya kubu sana. Masing-masing merasa menyuarakan kebenaran, masing-masing mencari pembenaran dirinya, pembenaran keberpihakannya.

Sahabatku, Yuks kita hentikan kebiasaan saling Nyinyir, kecuali anda menyuarakan KEBENARAN yang hakiki. Kebenaran yang didukung dengan hujjah dan dalil yang jelas. Kebenaran yang didasari dengan data dan fakta yang nyata. Sampaikanlah dengan cara yang bijak, indah dan santun. Kalau bisa, usahakan jangan sampai melukai perasaan orang lain.

Baca juga: PEMILU: Pesta Demokrasi

Salam Perubahan..!!



Categories: Uncategorized

Tags: , , , , , , , ,

2 replies

Trackbacks

  1. Jari Telunjuk Mengarah ke Luar – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  2. REFLEKSI: Misteri Maling – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: