Mengapa Orang SULIT Berubah?

Mengapa Orang SULIT Berubah?

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Siang itu, seharian penuh saya mengikuti Seminar Motivasi dan Bisnis yang dibawakan oleh pak Tung Desem Waringin di Jakarta. Pesertanya lumayan banyak, dari berbagai kalangan. Banyak anak muda, dan tidak sedikit pula orang tua. Yang jelas, mereka semua kulihat sangat antusias mengikuti seminar tsb.

Saya pun demikian, Semangat Menggelora dalam pikiran dan jiwa saya, setelah dibakar motivasi oleh pak Tung. Rasanya ingin segera BERUBAH, merubah habit, merubah kebiasaan, merubah mindset, merubah pola kerja, merubah pola bisnis, merubah Impian, dll… banyak sekali yang ingin dirubah. Rasanya ingin segera membangun BISNIS yang bisa berkembang, bisnis yang bisa passive income, dll. Dalam diri ini berkecamuk pikiran dan perasaan seperti itu.

Sehari, dua hari, seminggu, semangat itu masih menggelora. Sedikit demi sedikit apa yang ingin saya rubah, bisa berubah. Namun, tantangan dan godaan itu sangat berat. Tarikan-tarikan nafsu dan kesenangan sesaat begitu kuat mempengaruhi diriku dalam kehidupan sehari-hari.

Sebulan, dua bulan, setahun, dst… Akhirnya semangat Berubah itu mulai pudar dan lama-lama redup. Saya pun kembali kepada kehidupan sebelumnya. Kembali kepada kegiatan RUTINITAS seperti biasanya. Impian tinggal impian, Keinginan tinggal keinginan. Ingin BERUBAH hanya sebatas keinginan. Rasanya berat sekali untuk BERUBAH…

Mungkin anda juga pernah mengikuti acara seminar, workshop atau pelatihan Motivasi dan Bisnis sejenis. Bagaimana perasaan anda ketika itu? Samakah dengan apa yang saya rasakan? Rasanya seperti Pedas-pedas sambal, tidak lama pedasnya hilang.

Baca juga: 4 KATA Yang Harus Dihindari Orang SUKSES

Mengapa orang SULIT sekali untuk berubah? Padahal mungkin ia tahu caranya berubah, tahu bahwa ia harus berubah, tahu bahwa ia ingin sekali berubah. Tapi NYATA-nya… kok tidak segera berubah juga? Berikut alasannya:

1. WHY, Saya Harus Berubah

Mengapa Orang SULIT Berubah? Otaknya tidak menangkap “WHY” ia harus berubah, mengapa harus berubah, dan apa keuntungannya kalo berubah. Secara umum, orang akan bisa BERUBAH karena alasan Gain Pleasure atau Avoid Pain. Orang akan BERUBAH karena ia ingin mengejar kesenangan atau menghindari kesengsaraan. Namun pengaruhnya lebih kuat alasan Avoid Pain. Mungkin dalam hal ini, PAIN-nya kurang dirasakan.

Sebagai contoh, Karyawan yang bekerja biasa saja, males-malesan, akan bekerja keras mencapai target apabila ada ancaman SANKSI, jika tidak capai target akan kena demosi dan gaji diturunkan…

2. Visualisasi Gambar Perubahan

Mengapa Orang SULIT Berubah? Pikirannya tidak menangkap Gambar (Image) apapun kemana ia harus berubah. Padahal peran Visualisasi terhadap Image Perubahan itu sangat penting kalo kita ingin berubah. Ketika Pikiran bisa merekam dengan JELAS Gambar Perubahan itu, akan memberikan Energi besar bagi anda untuk berubah. Image itu akan masuk dalam Keyakinan anda sehingga mampu menggerakan seluruh Potensi dalam diri anda.

Sebagai contoh, Orang yang punya Mimpi Sukses, membangun bisnis besar supaya bisa hidup enak dan bahagia, bisa banyak beramal dan berkiprah, dan Mimpi itu mampu divisualisasikan, diyakini dengan kuat… maka orang ini hidupnya tidak akan bermalas-malasan. Hidupnya tidak akan pernah menyia-nyiakan waktunya. Ia akan antusias mengeluarkan kemampuan dirinya demi untuk mengejar impian.

Sahabatku, itu saja ya… Dua syarat saja kalo anda berani memutuskan dan mengaplikasikan, saya yakin… Hidup anda akan segera BERUBAH. Saya yakin, anda akan mengatakan, Berubah itu MUDAH…

Baca juga: Berubah Itu MUDAH
Baca juga: Berubah Atau Punah

Salam Perubahan..!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , , , , , , , ,

3 replies

Trackbacks

  1. Puasa Hari Pertama – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  2. Titik Awal Kesadaran Diri – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  3. Manusia Tiba Masa Tiba Akal – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: