Puasa Ramadhan Hari Pertama

Puasa Hari Pertama

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Ramadhan 1440 H telah tiba. Setiap orang beriman pasti terpanggil untuk menjalankan ibadah puasa ini. Bahkan kita harus menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan perasaan gembira dan suka cita. Mengapa begitu?? Karena banyak sekali KEUTAMAAN dan MANFAAT bulan Ramadhan bagi orang yang beriman.

Sejauh mana perasaan sukacita kita, sebesar apa perasaan gembira kita, sekencang apa deg-degan detak jantung kita menyambut bulan Ramadhan… begitulah gambaran tingkat keimanan kita. Sekuat apa antusias kita dalam menyambut Ramadhan dan dalam mengisi hari-hari Ramadhan kita… begitulah Pemahaman kita tentang Hakikat Puasa Ramadhan. Introspeksilah..!! Bagaimana perasaan anda Kawan??

Baca juga: Generasi BUIH

Hari pertama berpuasa, bagi orang yang tidak terbiasa dengan puasa sunnah, pasti akan merasakan berat. Perut lapar, kerongkongan kering dan haus, badan terasa lemes, mata ngantuk, dll. Itu manusiawi kok. Ntar hari-hari berikutnya berpuasa, perasaan itu akan mulai berkurang kok. Apalagi kalo anda membayangkan dan merasakan MANFAAT puasa secara langsung, perasaan itu semua tidak ada apa-apanya…

Hari pertama berpuasa, masih sering lupa kalau kita sedang berpuasa. Melihat segelas air di meja, rasanya tangan ini ingin menggapainya dan meminumnya. Melihat ada snack di toples, rasanya tangan ini ingin mengambilnya dan mengemil snack tsb. Makanya… bersihkanlah meja anda. Gelas minum dikosongkan. Toples cemilan disimpan dulu dalam laci. Nanti setelah tiba waktu maghrib, baru dikeluarkan lagi.

Anda kebayang gak, bahwa perjuangan Rasulullah dan para sahabat dulu dalam menegakkan agama Alloh di muka bumi, kemenangan banyak diraih pada saat bulan Ramadhan? Perang Badar, Perang Tabuk, Fathu Makkah (penaklukan kota Mekah oleh kaum Muslimin) semua terjadi pada bulan Ramadhan. Bagaimana mereka bisa menahan lapar dan haus sementara mereka dalam medan peperangan? Subhanalloh…

Jadi Sahabatku, janganlah anda risaukan perasaan berat, lapar dan haus itu. Karena belum ada apa-apanya bila dibandingkan dengan perjuangan Rasulullah SAW dan para sahabat radhiyallahu ‘anhum. Justru yang harus kita fokuskan adalah KEMULIAAN bulan Ramadhan. Hadirkan perasaan ini..!!

  • Inilah waktu yang tepat untuk memperbanyak AMAL IBADAH sebagai bekal hari akherat nanti, karena Allah melipatgandakan semua amal ibadah di bulan Ramadhan.
  • Inilah saatnya bagi kita untuk meningkatkan IMAN dan TAQWA, karena memang tujuan akhir puasa Ramadhan adalah Ketaqwaan.
  • Inilah moment yang pas untuk perbanyak ISTIGHFAR dan BERTAUBAT, karena Allah membuka ampunan seluas-luasnya di bulan Ramadhan.
  • Inilah timing yang sempurna untuk memperbaiki AKHLAQ dan KEPRIBADIAN (Karakter) kita, karena bulan Ramadhan merupakan madrasah akhlaq (Syahrul Tarbiyah) yang luar biasa yang Allah turunkan bagi ummat Islam.

Jalani puasa Ramadhan dengan semangat dan antusias. Isi Ramadhan dengan memperbanyak amal-amal ibadah sunnah yang dianjurkan, seperti sholat Taraweh (Qiyamul Lail), Tahajjud, shalat sunnah rawatib, Tilawah dan Taddabur Alqur’an, Kajian Islam, Sedekah, Dzikir dan Do’a, dll. Hiasi hari-hari Ramadhan dengan kebaikan dan kebajikan yang bisa anda tebarkan.

Selamat menjalankan ibadah Puasa Ramadhan..!!

Baca juga: Mengapa Orang SULIT Berubah?

Salam Perubahan..!!



Categories: Siroh

Tags: , , , , , , , , ,

2 replies

Trackbacks

  1. Ringkasan Fiqih Puasa – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  2. PUASA itu SEHAT – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: