PUASA itu SEHAT

 

PUASA itu SEHAT

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Jangan kaget ya Kawan, saat anda berpuasa… pada jam 12.00 – 18.00 tubuh akan merasa lemas. Kalo berdiri rasanya pingin jatuh. Makanya kita lebih suka tiduran atau duduk-duduk santai sambil bermalas-malasan.

Baca juga: Puasa Ramadhan Hari Pertama

Bersyukurlah…
Itu bukan sesuatu yang buruk, tapi malah baik, karena akan dimulai satu proses yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Apakah itu??

Proses itu adalah AUTOLISIS.

Autolisis adalah proses pembuangan sel-sel yang mati atau rusak di dalam tubuh kita. Itu artinya, akan terjadi peremajaan kembali sel-sel tubuh kita.

Bayangkan…!
Kalau kita lagi gak puasa..
Organ pencernaan kita hampir gak pernah berhenti bekerja. Setiap kita makan, butuh waktu sekitar 8 jam organ pencernaan kita bekerja terus menerus. Belum selesai mencerna makan pagi, sudah digeber lagi dengan makan siang, lanjut ke makan sore/malam.

Jam 7 sarapan pagi, maka jam 15 organ baru selesai bekerja, eeh jam 12 siang kita sudah makan lagi. Dari jam 12 harusnya selesai jam 20, kita makan lagi jam 19. Belum lagi kalo jam 23 ngemil/makan mie tektek/nasi goreng.

Astaghfirullah…

Kalo tubuh kita bisa ngomong, mungkin dia akan bilang, “Boss, saya resign aja yaa..!”

Nah..
Pas kita puasa… Sahur jam 4 sebelum subuh, organ pencernaan bekerja sampai jam 12 siang. Jam 12 – 18, organ kita nganggur gak ada kerjaan. 6 jam lhoo. Lumayan bisa istirahat melepas capek.

Ibaratnya seperti ibu-ibu di rumah..

Kalo lagi gak ada kerjaan, kan suka beres-beres rumah, rapi-rapi, bersih-bersih, buang barang-barang yang gak kepake. Iya kan? Atau jangan-jangan malah sibuk online nih??

Sama… organ tubuh kita kalo lagi gak ada kerjaan, mereka akan melakukan bersih-bersih tubuh, membuang sampah dalam tubuh dan membuang sel-sel mati dari tubuh kita. Inilah Autolisis.

Keren kan..!!

Inilah kenapa dikatakan bahwa PUASA itu SEHAT, bahkan insya Allah bisa ngobatin banyak penyakit, seperti Maag, diabet/gula darah, ginjal, jantung, tekanan darah, buang lemak jahat, bahkan bisa mengobati kanker.

Jadi, selain manfaat puasa bagi ketakwaan umat Muslim, ternyata manfaatnya juga baik bagi kesehatan jasmani dan rohani kita.

Makin banyak puasa..
Makin bersih tubuh kita..
Makin sehat kita..
Insyaa Allah..

Maka berbahagialah kita diperintahkan untuk PUASA. Setelah tahu bahwa PUASA itu SEHAT, seharusnya makin semangat kita untuk Berpuasa. Tidak hanya puasa Ramadhan, perlu dibiasakan untuk Puasa Sunnah lainnya.

Selamat berpuasa..!!
*copas n modified*

Baca juga: Ringkasan Fiqih Puasa

 

2 thoughts on “PUASA itu SEHAT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.