Tips SAHUR Agar Tidak Mudah HAUS

Tips SAHUR Agar Tidak Mudah HAUS

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Terkadang kita merasakan haus di kerongkongan saat puasa? Bukan terkadang… pasti haus lah. Padahal pas waktu sahur sebelumnya sudah minum banyak air. Seakan air minum bergalon-galon yang kita minum tak ngefek sama sekali…

Tetep aja puasa rasanya haus melulu.. Iya kaan..??

Ternyata, rasa haus saat berpuasa bukan karena kita tak minum air, bahkan kita saat sahur sudah minum banyak sekali air, sampai perut mules dan kembung. Tidak lama setelah itu, selalu terkencing-kencing. Lho…? Lalu yang bikin haus saat puasa itu apa dong?

Jawabannya adalah, hal itu di sebabkan oleh MINYAK yang melekat di dinding kerongkongan yang berasal dari makanan yang kita santap saat sahur. Minyak inilah yang membuat kerongkongan kita terasa haus saat puasa.

Baca juga: PUASA itu SEHAT

Naaah, tipsnya adalah dengan minum segelas air putih hangat sebagai penutup sahur. Apapun menu makanan dan minuman kita saat sahur, akhirilah aktifitas sahur anda dengan minum segelas AIR HANGAT.

AIR HANGAT dapat menggelontorkan zat minyak yang menempel di dinding kerongkongan. Sisa-sisa minyak itulah yang dapat memicu rasa haus saat berpuasa walaupun sudah bergelas-gelas minum di waktu sahur.

Jadi, jika anda suka ngopi misalnya, silahkan ngopi terlebih dahulu lalu tutuplah aktifitas sahur anda dengan minum air hangat. Demikian juga kalo anda santap sahur dengan makanan yang berminyak, makanan asin dan pedas… wow… ini pasti akan menyebabkan anda kehausan di siang hari. Makanya, akhiri sahur anda dengan minum segelas AIR HANGAT…

Ingat ya Sahabatku… AIR HANGAT-nya di akhir sahur. Artinya, setelah minum AIR HANGAT jangan makan lagi, karena fungsi kalian minum air hangat tadi adalah untuk membersihkan kerongkongan dari minyak makanan sahur.

Rasakan bedanya…

Tips lain yang bisa anda lakukan adalah dengan perbanyak makan BUAH dan SAYUR segar di malam hari dan saat sahur. Karena buah dan sayur banyak mengandung air dan serat yang bertahan lama di usus sehingga dapat mengurangi rasa lapar dan haus. Serat tersebut juga dapat melancarkan proses pencernaan, membuang racun, dan membersihkan usus.

Contohnya MENTIMUN, yang merupakan sayuran paling populer yang dapat memerangi rasa haus karena menenangkan dan mendinginkan tubuh.

Seharian penuh puasa, kerongkongan anda akan terasa lega dan tak terasa haus sama sekali. Puasa jadi lancar dan tidak lemesss…

Insya Allah..
Okey, selamat mencoba ya..!!!

Baca juga: Taman Bunga Yang Mengundang Kupu-Kupu

*copas n modified#



Categories: Inspiratif

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: