Indonesia Seperti Gado Gado

Indonesia Seperti Gado Gado

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Apakah anda pernah makan Gado Gado yang enak? Bagi pecinta makanan tradisional pasti menyukai makanan ini. Makanan khas Indonesia, yang sehat karena kaya dengan sayuran dicampur bumbu kacang yang dihaluskan. Biasanya gado gado dimakan bukan dengan nasi tapi diganti dengan lontong. Yummmii… enaaaakknya..!!

Saya mengajak anda bukan untuk makan Gado Gado, tapi untuk memperhatikan isi dari Gado Gado. Coba sebutkan, unsur makanan apa saja yang ada dalam Gado Gado? Pasti ada sayuran (biasanya kangkung, kacang panjang, toge, pare, labu siam, mentimun dan kol), tempe, tahu, kentang, telor, bumbu kacang, cabai, dan lontong.

Sayuran hijau yang direbus setengah matang, disertai tahu dan tempe yang mengandung protein nabati serta telor dengan protein hewani, dibarengi dengan kentang dan lontong yang mengandung karbohidrat, semua dicampur menjadi satu, dibalut dengan bumbu kacang dan cabai yang menyatu, ditaburi dengan bawang goreng yang gurih, membuat Gado Gado menjadi menu SEHAT dan NIKMAT untuk disantap.

Baca juga: Taman Bunga Yang Mengundang Kupu-Kupu

Menurut Emha Ainun Najib alias Cak Nun, analogi Gado Gado itu seperti INDONESIA. Indonesia adalah sebuah bangsa yang penduduknya heterogen, terdiri dari banyak suku, bahasa daerah dan agama, namun bisa bersatu padu menjadi bangsa yang HEBAT, yaitu INDONESIA.

Suku bangsa yang ada di Indonesia sangat banyak. Masing-masing memiliki ciri khas dan karakter yang berbeda-beda. Bahasanya pun berbeda-beda. Misalnya

  • Suku Jawa, Sunda, Betawi, Badui, Tengger, Osing di pulau Jawa
  • Suku Madura di pulau Madura
  • Suku Bugis, Makassar, Bone, Toraja, Mandar, Tolaki, Kaili, Gorontalo, Minahasa di pulau Sulawesi
  • Suku Aceh, Gayo, Melayu, Batak, Minangkabau, Nias di pulau Sumatera
  • Suku Ambon, Ternate, Tidore, Buru, Banda di Maluku dan Maluku Utara
  • Suku Asmat, Dani di Papua
  • Suku-suku lainnya yang tidak disebutkan

Masya Allah… ternyata banyak banget ya suku bangsa yang ada di Indonesia. Betul-betul Indonesia kaya akan kebudayaan.

Jadi kalo dikatakan bangsa Indonesia itu siapa? Bangsa Indonesia itu yang mana? Sama jawabannya ketika anda ditanya yang namanya Gado Gado itu bentuknya apa? Apakah lontong? Ataukah sayuran? Ataukah bumbu kacang? Atau tahu dan tempenya?

Gado Gado itu, ya semua campuran bahan itu yang sudah menyatu dengan paduan yang pas sehingga SEHAT dan NIKMAT. Itulah Gado Gado..!!

INDONESIA itu, ya gabungan dari semua suku bangsa yang tinggal di wilayah Nusantara ini, yang sudah menyatu dengan keharmonisan sehingga BERSATU menjadi Bangsa INDONESIA yang KUAT. Dengan Semboyan yang sangat indah yaitu Bhineka Tunggal Ika. Itulah INDONESIA..!!

Baca juga: Sumpah Pemuda Bukan SAMPAH PEMUDA

Sahabatku, Yuks kita rawat keberagaman ini. Kita pupuk persatuan dan kesatuan ini. Kita bina ukhuwwah dan toleransi sebagai bangsa Indonesia. Kita gali dan kembangkan kebudayaan yang beraneka ragam. Kita eksplorasi dan manfaatkan kekayaan alam untuk Indonesia. Kita berdayakan seluruh masyarakat Indonesia. Kita bangun peradaban yang madani, baldatun thayyibatun wa robbun ghofur.

Jadilah bangsa Indonesia yang BERSATU, KUAT, MANDIRI dan MERDEKA.

Baca juga: Menggenggam Sapu Lidi

Salam Perubahan..!!



Categories: Siroh

Tags: , , , , , , , , ,

1 reply

Trackbacks

  1. Saatnya Indonesia Bangkit – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: