Acara BUKBER di Kantor

Acara BUKBER di Kantor

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Hari Selasa kemarin (28 Mei 2019), di kantorku ada acara Buka Puasa Bersama alias BUKBER untuk divisi Finance. Seluruh karyawan sore itu berkumpul di ruang meeting yang besar, kecuali karyawan yang sudah ambil jatah cutinya. Maklum, acara Bukber tahun ini diadakan menjelang akhir Ramadhan. Biasanya yang ramai, kantor-kantor mengadakan Bukber di awal dan pertengahan Ramadhan.

Suasana cukup santai dan cair. Tidak ada ketegangan walaupun seluruh jenjang karyawan berkumpul, mulai dari staff, officer, coordinator, manager, general manager dan director. Ohh, ternyata director kami berhalangan hadir karena ada pekerjaan lain yang lebih penting. Namun, pesan-pesan beliau sudah dititipkan kepada ketua/suhu kami yang didapuk untuk memberikan sambutan.

Suasana makin ramai dan meriah. Apalagi acaranya dipandu oleh sepasang MC yang terkenal, yang lucu dan bisa membuat suasana sangat cair. Ditambah lagi dengan pembagian aneka door price yang sangat banyak, diundi berdasarkan NIK karyawan.

Tak ketinggalan pula, acara Bukber di kantor dijadikan sebagai moment untuk memberikan penghargaan kepada Karyawan Terbaik, yang oleh panitia sudah ditentukan 3 orang, entah dengan metode seleksi seperti apa. Acara dimeriahkan dengan Tausyiah yang mencerahkan dari ustadz kondang di kantor kami dan ditutup dengan makan-makan, buka puasa bersama…

Pokoknya, sangat seru suasana Bukber kali ini. Sejenak kita melupakan ketegangan, kepenatan dan hiruk pikuk pekerjaan kantor. Saatnya kita untuk Refresh hati dan pikiran supaya dapat memberikan energi dan semangat baru dalam bekerja.

Bagaimana suasana Bukber di kantor anda? Pasti meriah juga kan ??

Baca juga: Pengeluaran Meningkat di Bulan Ramadhan

Fenomena BUKBER ada dimana-mana. Di kantor-kantor, keluarga, perkumpulan, organisasi dan komunitas lainnya. Semoga paradigma anda bukan hanya sekedar rutinitas belaka, yang setiap tahun acara ini diadakan. Tapi ada insight penting yang bisa diambil disana, terutama BUKBER di kantor. Apakah itu ??

  • Moment Kebersamaan, dimana semua karyawan (semua level jabatan) berkumpul bersama. Mereka saling tersenyum, bertegur sapa, bercerita, humor bersama, ramah tamah dan berkenalan bagi yang sebelumnya memang belum kenal cuma hafal wajah saja. Apalagi buat divisi yang banyak jumlah karyawannya, dan sangat jarang melakukan briefing all karyawan. Acara ini sangat penting, untuk menumbuhkan semangat Kebersamaan, sebagai sebuah TEAM yang solid. Karyawan akan menyadari posisi pentingnya dalam sebuah TEAM.
  • Membuka Kran Komunikasi. Berkumpul bersama, dalam suasana yang santai dan sangat cair, akan menghilangkan sekat/tabir psikologis yang membatasi hubungan antar karyawan. Karyawan yang tidak saling kenal, tidak pernah saling tegur sapa, bagaimana mau berkomunikasi dalam pekerjaan? Akhirnya menjadi beban masalah yang menumpuk karena tidak dikomunikasikan dengan karyawan lain.
  • Recharge Energi bagi semua karyawan karena berada dalam suasana santai dan rilex. Mereka bisa saling bercanda ria, nyeletuk dengan kata-kata lucu, bertingkah kocak, dan akhirnya tertawa bersama. Hal ini dapat melepaskan energi negatif yang disebabkan oleh kejenuhan dan kelelahan dalam bekerja. Dengan Refresh hati dan pikiran ini diharapkan muncul energi baru dalam bekerja. Apalagi jika ditambah dengan motivasi yang mencerahkan oleh Ustadz yang memberikan Nasehat Ramadhan.
  • Performance Meningkat. Dari semua hikmah di atas, tentu harapan terakhir adalah terciptanya suasana kerja yang lebih menyenangkan dan pada akhirnya produktivitas karyawan meningkat. Amiin..!!

Begitu banyak manfaat acara BUKBER di kantor ya. Untuk itu, seharusnya setiap perusahaan jangan segan-segan untuk mengalokasikan budget untuk acara BUKBER setiap tahun. Di dalamnya banyak sekali BERKAH yang akan didapatkan oleh perusahaan, karena memberikan jamuan berbuka puasa bagi semua karyawan yang berpuasa. Berkahnya akan berlipat ganda dibanding budget yang dikeluarkan perusahaan…

Baca juga: TARBIYAH Dari Rasa LAPAR
Baca juga: RENUNGAN Ramadhan

Salam Perubahan..!!



Categories: Inspiratif

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: