REUNI

REUNI

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Siang itu, hari Sabtu H+3 lebaran Idul Fitri, saya bergegas menuju sekolahanku dulu, yaitu SMP N 2 Grabag, yang sekarang sudah menjadi SMP N 10 Purworejo. Di sana sudah banyak kawan-kawan lama waktu SMP dulu, berkumpul berdasarkan angkatan lulus masing-masing. Saya pun segera bergabung, dan menyalami satu per satu sambil mengernyitkan dahi, mencoba untuk mengingat-ingat siapa dia?

Senyuman, gelak tawa lebar, rasa tidak percaya, dll… mewarnai pertemuan kami. Ternyata sudah banyak yang lupa satu per satu kawan-kawan SMP dulu. Seandainya kami berpapasan di jalan, saya yakin tidak akan saling menyapa karena tidak kenal lagi. Ya… akhirnya kami pun berkenalan lagi sambil ketawa-ketawa.

Tak lupa, saya pun menyempatkan ketemu dan sungkem dengan bapak/ibu Guru yang masih hidup dan datang pada acara tsb. Mereka sudah kelihatan sangat sepuh, tapi ada rona bangga pada raut wajahnya melihat anak didiknya berkumpul dengan cerita kesuksesan masing-masing. Sedih dan tetes air mata keluar ketika kami menyanyikan lagu kenangan indah berjudul “Hymne Guru”. Ingat perjuangan dan jasa-jasa mereka mendidik saya dulu. Tanpa mereka, saya tidak akan menjadi apa-apa…!!

Begitulah suasana REUNI Akbar SMP N 2 Grabag, yang mengundang alumni 10 angkatan 1981-1991 (tahun kelulusan). Semua yang hadir saling bercengkerama dan bernostalgia dengan teman-temannya dengan berbagai macam cerita haru, sedih, gembira, semangat, dan banyak pula cerita yang lucu.

Saya yakin, anda pun sama, memanfaatkan moment mudik Lebaran kemarin untuk mengadakan REUNI dengan teman lama, mungkin teman SD, SMP, SMA, atau teman seperjuangan. Reuni berasal dari dua suku kata, yaitu “Re” = kembali dan “Uni” = bersatu. Jadi Reuni bisa diartikan “Kembali Bersatu”, yaitu berkumpulnya kembali dengan teman, rekan, saudara, atau keluarga yang sudah lama tidak bertemu.

Mungkin banyak di antara anda yang menanyakan, “Apa sih pentingnya REUNI?? Trus ngapain aja dalam Reunian itu??” Jawabannya bisa panjang nih.!!

Jangan salah… banyak loh manfaat REUNI itu. Ketika Reuni, anda paling tidak akan mendapatkan hal-hal berikut ini:

1. Ajang Silaturahim

Reuni sebagai moment untuk menjalin kembali hubungan persaudaraan dengan teman seperjuangan dulu setelah sekian lama berpisah. Kita meyakini bahwa dengan silaturahim ini, akan semakin memperpanjang umur kita dalam arti semakin berkah sisa umur kita serta dapat memperbanyak rezeki. Buktikan deh..!!

Baca juga: Hidup Menjadi Berkah

2. Nostalgia Masa Lalu

Masih ingat lagu hits yang berjudul “Kisah Kasih di Sekolah” kan? REUNI menjadi moment mengingat kembali masa-masa sekolah dulu, tiada masa paling indah, masa-masa di sekolah.., iya kan? Reuni dapat menghadirkan semua kenangan masa lalu, masa perjuangan, suka duka, tawa canda, tangis haru, rajin malas, nakal bandel, dll… dalam menjalani hari-hari sekolah bersama teman-teman.

Baca juga: Jangan Terlalu Lama Melihat Spion

3. Refreshing

Reuni bisa menjadi moment intermezzo yang menghibur (refreshing) untuk diri sendiri maupun kawan-kawan. Bagaimana tidak..?? Semua kelucuan, kegokilan, keluguan, dan kenakalan kita semua, hadir kembali dalam Reuni. Perubahan fisik dan perilaku kawan-kawan menjadi bahan candaan, yang membuahkan gelak tawa semua.

4. Zaman Berubah

Lihatlah sekolah anda sekarang! Lihatlah wajah teman-teman anda! Lihatlah tubuh mereka! Perhatikan sikap dan perilaku teman-teman! Dengarkan ucapan dan cerita mereka! Saya yakin, semuanya pasti BERUBAH kan? Ya dibandingkan dengan dulu waktu sama-sama sekolah.

  • Ada yang kelihatan tampak tua sekali, mungkin karena perjuangan hidup di kampung yang begitu keras..
  • Ada yang keliahatan tetap awet muda, mungkin karena hidupnya bahagia atau banyak bercanda..
  • Yang dulu bertubuh kurus, sekarang berubah menjadi gemuk. Yang dulu gemuk, sekarang kurus..
  • Rambut sudah banyak yang berwarna alias beruban..
  • Wajahnya dulu keliatan imut, sekarang jadi amit-amit..
  • Yang dulu nakal, sekarang jadi orang sukses..
  • Yang dulu rajin, sekarang malah biasa-biasa saja..
  • Dan lain-lain, Zaman sudah Berubah Broo..!!

Baca juga: Dunia Berubah Begitu Cepat

5. Networking

Semua alumni sekarang sudah menjadi orang… ya iya lah..!! Maksudnya mereka semua berprofesi masing-masing, berbeda satu sama lain. Ada yang jadi Guru/Dosen, ada yang jadi ASN, ada yang jadi pejabat birokrasi, ada yang jadi petani, ada yang jadi pengusaha, ada yang jadi ibu rumah tangga, dll. Keberagaman ini, bisa dihubungkan satu sama lain, menjadi sebuah networking yang bisa saling membutuhkan dan saling menguntungkan. Bisa jadi muncul bisnis baru hasil dari reuni ini…

Baca juga: Indonesia Kekurangan Pengusaha

Salam Perubahan..!!



Categories: Masa lalu

Tags: , , , , , , , , ,

3 replies

  1. Bisnis apa mas, melu….

Trackbacks

  1. Minta MAAF Mudah Di Saat Lebaran – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: