Kesalahan Dalam Minta MAAF

Kesalahan Dalam Minta MAAF

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Dalam artikel sebelumnya saya sampaikan bahwa, Minta Maaf itu seringkali sangat sulit dilakukan oleh setiap orang di luar moment lebaran Idul Fitri. Kalo saat lebaran sih mudah aja… kan memang lagi musimnya minta maaf dan memaafkan. Bahkan di iklan-iklan, spanduk, baliho, dll… selalu bertuliskan “Mohon maaf lahir dan batin”

Mengapa orang sulit minta maaf? Baca juga: Minta MAAF Mudah Di Saat Lebaran

Kesulitan (baca enggan) dalam minta maaf ini akan menimbulkan kegalauan, suasana hati tidak bahagia. Oleh karena itu, segeralah Minta Maaf, jangan ditunda-tunda. Pihak sebelah juga segeralah Memaafkan, karena Allah saja maha Pemaaf dan Pengampun kepada hambanya, sebesar apapun dosa-dosa yang dilakukan. Jangan dipendam dan dijadikan beban yang menggelayuti pikiran dan perasaan anda.

Selain sulit (enggan) untuk minta maaf, banyak juga orang yang minta maaf pada orang lain namun salah atau kurang tepat. Dimana salahnya..??

1. Cara Minta Maaf

Jangan sampe anda salah dalam meminta maaf karena cara yang anda gunakan tidak memberikan kenyamanan pada orang yang anda mintai maaf. Cara minta maaf harus menjaga harga diri dan kehormatan orang tsb. Minta maaf harus dengan cara yang santun dan tulus. Jangan malah menambah luka perasaan lawan anda.

2. Waktu Minta Maaf

Pilihlah waktu yang tepat untuk minta maaf, yaitu saat orang yang anda mintai maaf sedang dalam keadaan enjoy, tidak bad mood, tidak galau dan tidak sedang bermasalah. Pilihlah waktu-waktu yang mudah menyentuh perasaan orang, misalnya saat habis sholat, saat habis makan bersama, saat ybs mendapatkan kebahagiaan, dll.

3. Tempat Minta Maaf

Tempat untuk minta maaf pun harus anda perhatikan. Minta maaf jangan di tempat-tempat umum yang menjadi perhatian banyak orang. Jagalah privacy orang yang anda mintai maaf termasuk privacy anda sendiri. Jangan sampai aib tersebar kemana-mana.

4. Mindset Minta Maaf Salah

Ini yang paling penting, karena akan mempengaruhi keberhasilan anda dalam minta maaf. Ketika orang minta maaf, kebanyakan mindset-nya salah yaitu minta maaf hanya untuk kepentingan diri sendiri saja. Seharusnya saat minta maaf berfokus pada orang yang anda mintai maaf. Minta maaflah dengan tulus. Tunjukkan kalo dalam diri anda ada penyesalan karena tlah membuat luka, dan anda ingin sembuhkan luka itu. Ungkapkan empati anda, bagaimana rasanya orang yang disakiti/dizhalimi.

Baca juga: Motor Karomah pak Kyai

Salam Perubahan..!!



Categories: Personal

Tags: , , , , , , , , , ,

1 reply

Trackbacks

  1. Muhasabah Pasca Ramadhan – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: