Muhasabah Pasca Ramadhan

 

Muhasabah Pasca Ramadhan

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Bulan Ramadhan tlah berlalu. Bagaimana kabar anda? Baik-baik saja kan, Alhamdulillah..!! Semoga tetap dalam kondisi sehat wal afiat, Amin. Kalo ditanya kabar tentang konsistensi amalan Ramadhan yang dilakukan pasca Ramadhan bagaimana?

Ohh… kalo itu, saya yakin setiap orang mengalami penurunan amaliyah ibadah kepada Alloh SWT, baik dari sisi kualitas apalagi kuantitas. Ayoo angkat tangan yang berani katakan amalan tetap konsisten atau bahkan meningkat..!! Saya kasih Doorprice.

Begini maksudnya, jika kita membandingkan amalan pasca Ramadhan dengan amalan di bulan Ramadhan, pasti kalah jauh. Benar kan? Karena Ramadhan itu bulan iman dan taqwa, bulan dimana orang Islam gemar beramal, khusyu’ dalam beribadah, gemar bersedekah, gemar beristighfar dan bertaubat kepada Allah, rajin qiyamul lail, berdzikir dan berdoa, rajin berbuat baik/ menolong orang lain serta kuat menahan hawa nafsu dan emosinya. Itu semua, dibarengi dengan PUASA Ramadhan sebulan penuh..

Makanya, bandingkanlah kualitas dan kuantitas amalan kita sekarang dengan amalan di bulan-bulan sebelum Ramadhan, bagaimana hasilnya? Kalo amalan kita meningkat, baru kereeenn..!! Itu artinya hikmah dan makna bulan Ramadhan masih berbekas dalam diri kita. Itu juga menjadi pertanda bahwa keimanan kita meningkat setelah Ramadhan. Jangan sebaliknya, tidak ada pengaruhnya puasa Ramadhan sebulan penuh. Pasca Ramadhan kembali seperti semula, bermalas-malasan dalam hal ibadah kepada Allah SWT. Na’udzubillahi min dzalik..

Baca juga: Kesalahan Dalam Minta MAAF

Sahabatku, yuks lakukan Muhasabah Diri, lakukan evaluasi diri untuk mengukur kualitas iman dan amal kita. Tidak ada ruginya kok, justru malah bermanfaat demi menjaga kesadaran untuk selalu meningkatkan amal sholeh.

  • Qiyamul lail, masihkah kita bisa bangun di sepertiga malam terakhir untuk melakukan shalat Tahajud?
  • Apakah kita sering puasa sunnah? Diawali dengan puasa Syawal 6 hari di bulan Syawal. Walaupun sunnah dan hanya 6 hari (boleh tidak berturut-turut) namun godaannya sangat berat karena dalam suasana halal bihalal.
  • Shalat 5 waktu masih bertahan? Lakukan tepat waktu dan berjama’ah di masjid/musholla. Tambah dengan shalat sunnah rawatib supaya lebih sempurna.
  • Di bulan Ramadhan kita selalu mengaji dan mengkaji Alqur’an, bahkan sampai khatam lebih dari sekali. Berapa lama kita berinteraksi dengan Alqur’an pasca Ramadhan?
  • Kekuatan spiritual dan emosional masih terpancar? Dorongan dan motivasi untuk selalu berbuat kebaikan serta mengontrol emosi dan hawa nafsu.
  • Solidaritas, empati dan CARE masih ada? Perhatian dan kepedulian kita kepada sesama, berbagi kepada orang yang membutuhkan.
  • Fisik tubuh kita bertambah sehat atau tidak? Selepas perut selalu kosong selama sebulan, begitu masuk Idul Fitri langsung dihajar dengan berbagai makanan lezat, berminyak, dan tidak seimbang.
  • Berat badan setelah puasa bagaimana, pasti turun kan? Tapi jangan sampai BB turun 3 kg, tapi setelah lebaran malah naik 5 kg. Amazing..!!

Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, diberikan keberkahan dalam hidup, diberikan kemudahan rezeki, serta mendapatkan rahmat dan ridho Allah SWT. Amin ya Robbal ‘alamiin…

Baca juga: RENUNGAN Ramadhan

Salam Perubahan..!!



Categories: Personal

Tags: , , , , , , , , ,

1 reply

Trackbacks

  1. Menelisik Amalan Kita – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: