Jadilah Produsen Kebajikan

Jadilah Produsen Kebajikan

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Arti kata Kebajikan menurut KBBI adalah: perbuatan baik atau sesuatu yang mendatangkan kebaikan (keselamatan, keberuntungan, dsb). Jadi, Kebajikan atau perbuatan yang mendatangkan kebaikan pada hakekatnya sama dengan perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama dan etika.

Seorang tokoh pergerakan Islam di Indonesia, dalam taujih halal bihalal, menggambarkan pentingnya berbuat kebajikan.

“Jadilah produsen kebajikan, jangan hanya menjadi konsumen kebajikan. Jangan hanya mau menkonsumsi kebajikan-kebajikan yang diberikan oleh orang lain, jadinya kehidupan akan tekor kebajikan. Kalo defisit kebajikan, hati kita menjadi gersang, qaswatul qulub, saling memfitnah, saling menjegal, menghibah, konflik, sikut-sikutan, dll..”

“Kita harus menjadi masyarakat yang surplus kebajikan, sehingga bisa melaksanakan rahmatan lil ‘alamin…”

Peradaban itu akan terbentuk karena adanya surplus Kebajikan, bukan defisit Kebajikan. Kehidupan manusia akan berjalan normal bahkan penuh dengan kebaikan. Setiap orang akan menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran dan kebaikan, saling tolong menolong dan saling memberikan kemanfaatan bagi sesama.

Contohnya adalah negara Turki yang mampu menyantuni dua juta pengungsi dari Suriah. Itu karena di Turki terjadi surplus kebajikan.

Sebaliknya, peradaban akan hancur dan carut marut ketika dalam suatu negara terjadi defisit kebajikan. Setiap orang hanya berambisi dan peduli terhadap kepentingan diri sendiri. Bahkan rela untuk mengorbankan dan menciderai orang lain, demi mendapatkan ambisinya tsb. Segala macam cara, tidak peduli halal-haram, cara curang dan culas pun ditempuhnya untuk menghempaskan pesaing-pesaingnya.

Bagaimana dengan negara Indonesia? Apakah peradaban masyarakat yang madani, kehidupan masyarakat yang adil makmur sudah dirasakan? Atau masih jauh dari bayangan??

Apabila setiap diri, berorientasi pada kebajikan, berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan, fastabiqul khairaat, saling menebar manfaat, maka peradaban akan indah. Keberkahan senantiasa akan menaungi kehidupan masyarakat kita. Negara akan semakin maju dan kuat yang disegani oleh negara-negara lain.

Sahabatku, yuks tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Karena hanya dengan iman dan taqwa lah, orang akan tergerak untuk menjadi Produsen Kebajikan. Orang akan semakin sadar untuk selalu memperbanyak amal sholeh, untuk menyelamatkan hidupnya di dunia dan akherat.

Sedangkan orang yang iman dan taqwanya rendah, malah banyak tergerak untuk berbuat dosa dan maksiat. Mereka terbelenggu dengan hawa nafsunya serta terjebak bisikan syaithon, sehingga hari-harinya dipenuhi dengan amal salah (keburukan). Na’udzubillahi min dzalik…

Baca juga: Dekatilah Allah

Salam Perubahan..!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , , , , ,

3 replies

Trackbacks

  1. Kekuatan Daya Ungkit – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  2. Apa Manfaat MENULIS? – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  3. Bersyukurlah: Ternyata Aku Kaya Raya – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: