Bisnis Butuh Daya Ungkit

Bisnis Butuh Daya Ungkit

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Tulisan ini melanjutkan artikel sebelumnya tentang Kekuatan Daya Ungkit. Daya Ungkit perlu kita miliki dalam kehidupan sehari-hari, terlebih lagi dalam menjalankan bisnis, sangat membutuhkan daya ungkit atau istilah kerennya adalah LAVERAGE, kalo kita ingin Sukses lebih CEPAT. Mengapa bisa..??

Masih ingat kan pengertian Daya Ungkit? Daya ungkit adalah sebuah kekuatan yang menyebabkan kita bisa mendapatkan sesuatu dengan usaha sekecil mungkin atau usaha yang sama dengan hasil yang sebesar mungkin. Tapi bukan sifat serakah ya. Daya ungkit itu menggambarkan bagaimana cara mengoptimalkan apa yang kita miliki dan apa yang ada untuk meraih Sukses dalam bisnis, karir, dan lainnya.

Baca juga: Kekuatan Daya Ungkit

Naaahh, sekarang kita bahas dulu apa yang dimaksud dengan LAVERAGE, khususnya dari sudut pandang bisnis dan ekonomi, menurut para ahli.

  • Leverage adalah penggunaan aset dan sumber dana (source of funds) oleh perusahaan yang memiliki biaya tetap (beban tetap) dengan maksud agar meningkatkan keuntungan potensial pemegang saham (Sartono, Agus. 2008. Manajemen keuangan teori, dan aplikasi, hal : 257)
  • Leverage adalah kemampuan perusahaan untuk menggunakan aktiva atau dana yang mempunyai beban tetap (fixed cost assets or funds) untuk memperbesar tingkat penghasilan (return) bagi pemilik perusahaan. (Syamsudin, Lukman. 2001. Manajemen Keuangan Perusahaan (Konsep Aplikasi Dalam Perencanaan, Pengawasan, dan Pengambilan Keputusan), hal : 89).

Itu pengertian Leverage secara teoritis dan ilmu pengetahuan, sehingga dipelajari secara khusus oleh mahasiswa jurusan Ekonomi dengan mata kuliah Manajemen Keuangan.

Mengapa dalam Bisnis butuh LAVERAGE? Ya.. supaya pertumbuhan dan perkembangan bisnis lebih cepat, dengan modal dan sumber daya yang optimal.

  • Supaya manfaat bisnis lebih besar
  • Supaya dampak perkembangan bisnis lebih kuat
  • Supaya jangkauan bisnis lebih luas
  • Supaya relasi dan jaringan bisnis makin luas
  • Supaya omset dan income bisnis lebih besar
  • Supaya faktor kali bisnis lebih banyak
  • Supaya bisnis menjadi BERKAH

Contoh sederhana bisnis yang menggambarkan peran Laverage sbb:

  • Ada penjual buah menggunakan gerobak untuk jualan keliling kampung/kompleks mendatangi calon pembeli. Itu namanya gak pake Daya Ungkit.
  • Tapi kalo penjual buah itu menggunakan gerobak untuk kumpulin buah dari petani, kemudian ia drop buah dagangannya ke ibu-ibu kompleks sebagai Reseller dengan sharing keuntungan, ini baru pake Daya Ungkit…

Tentu potensi omset dan income jauh lebih besar yang menggunakan Daya Ungkit, karena jangkauan bisa lebih luas dan faktor kali lebih banyak. Sementara modal yang dikeluarkan penjual sama, tenaga dan effort yang dilakukan justru lebih sedikit. Apalagi jika dibarengi dengan Daya Ungkit Langit, yaitu mengharapkan Pertolongan Allah SWT, bisnis akan semakin BERKAH. Itulah pentingnya Daya Ungkit dalam Bisnis

Baca juga: Customer Bukan Beli Barang

Salam Perubahan..!!

 



Categories: Bisnis

Tags: , , , , , , , , ,

1 reply

Trackbacks

  1. Daya Ungkit Dalam Kehidupan – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: