Daya Ungkit Dalam Kehidupan

Daya Ungkit Dalam Kehidupan

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Jika setiap orang ditanya, “Ingin Sukses atau tidak?” Jawabannya pasti Ingin Sukses dong..!! Tapi nyatanya, berapa orang yang benar-benar bisa sukses? Mungkin anda sering mendengar orang mengeluh, dengan mengatakan:

“Saya ingin sukses bisnis, tetapi tidak punya modal”
“Saya ingin sukses karir, tetapi pendidikan saya rendah”
“Saya ingin sukses masa depan, tetapi bingung mau ngapain”

Dan jawaban yang paling tepat atas pertanyaan seperti itu atau pertanyaan sejenis ialah dengan mengotimalkan apa yang Anda miliki saat ini. Apa pun itu! Temukan bagaimana CARA untuk mengoptimalkan apa yang anda miliki untuk mendapatkan uang, karir dan membangun bisnis. Untuk mendapatkan kesuksesan dan kebahagiaan. Untuk mendapatkan dunia dan akherat… Inilah Konsep LEVERAGE dalam Kehidupan.

Anda memiliki banyak Aset berharga, tidak harus aset fisik. Anda punya pengetahuan dan skill/kemampuan dalam bidang apapun. Bahkan, jika tidak punya kemampuan tertentu, Anda memiliki tenaga dan waktu yang bisa dijadikan modal untuk meraih sukses besar dan mencapai terobosan besar dalam hidup Anda.

Baca juga: Harta Paling Berharga
Baca juga: Memulai Bisnis Tidak Pernah dari NOL

Leverage menjadi istilah yang umum dalam dunia investasi dan keuangan. Namun, berbeda dengan konsep dalam kehidupan, konsep pengungkit ini memiliki artian yang serupa tapi tak sama. Konsep Laverage yang dimaksud disini adalah bagaimana kita bisa menghemat waktu dan pekerjaan, namun hal yang ingin kita capai dapat terlaksana secara efisien dan maksimal. Dengan kata lain, tujuan yang diinginkan dapat diraih lebih cepat atau lebih besar…

Perhatikan contoh penggunaan Daya Ungkit berikut :

  • WA pribadi vs WAG. Dengan bergabung di WAG, anda cukup sekali kirim chat, tetapi semua anggota group langsung bisa membacanya, tidak perlu kirim satu-satu kontak anda.
  • Motivator yang sedang talk show di radio/TV, orang yang mendengarkan atau melihat jauh lebih banyak dan jangkauan lebih luas dibandingkan dalam kelas.
  • Jual produk via Toko Online di marketplace, anda akan dapat menjangkau konsumen di seluruh Indonesia bahkan international. Apalagi jika ditunjang dengan iklan/promosi online tertarget.
  • Diskusi dan Sosialisasi program baru menggunakan Webinar ke seluruh kantor cabang tanpa harus tatap muka.

Pada intinya, konsep Daya Ungkit ini memudahkan dan membantu kita menjalani kehidupan yang lebih efisien. Bagaimana kita bisa menghemat waktu dan pekerjaan, sehingga hal yang ingin kita capai dapat terlaksana secara efisien dan maksimal. Ingat peribahasa berikut ini kan:

“Sambil menyelam minum air” dan
“Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui”

Peribahasa itu sesuai untuk menggambarkan konsep Daya Ungkit. Bagaimana mengerjakan sesuatu dengan sekali melangkah, namun hasilnya bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus.

Misalnya, ketika anda KULIAH. Kuliah bukan hanya tentang masuk kelas, belajar, mendengarkan, dan ujian, namun dunia perkuliahan juga menawarkan segudang kesempatan untuk mengembangkan diri lebih baik. Belajar berorganisasi dan bersosialisasi. Kembangkan softskill. Bangun networking sesama mahasiswa. Cari pengalaman dengan kerja sambilan. Belajar berbisnis ala mahasiswa, dll…

Dalam kehidupan sehari-hari, leverage atau daya ungkit adalah sebuah keniscayaan. Asalkan kita jeli dalam memberdayakan. Begitu banyak Leverage di sekitar kita:

  • Manajemen waktu yang efektif dan efisien.
  • SDM yang handal dan kompeten
  • Networking alias Silaturahim yang terjaga baik
  • Hutang produktif
  • Manajemen yang bagus
  • Saluran distribusi
  • Teknologi digital dan Multi Media
  • Begitu juga Leverage dalam diri kita, seperti Bakat dan Kemampuan, pendidikan, Keimanan, kemampuan Belajar Cepat

Apakah saat ini anda sudah menerapkan konsep Leverage dalam kehidupan sehari-hari? Saya yakin, semakin cepat anda menerapkannya, maka semakin cepat anda menjalani hidup yang maksimal..

Baca juga: Bisnis Butuh Daya Ungkit
Baca juga: Kekuatan Daya Ungkit

Salam Perubahan..!!



Categories: Bisnis

Tags: , , , , , , , , ,

1 reply

Trackbacks

  1. Hukum Datang Dan Pergi – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: