Manual Book Kehidupan

Manual Book Kehidupan

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Di zaman Now, setiap orang pasti punya HP… iya kan? Lihat tuh tukang becak, tukang ojek, tukang bangunan, tukang sampah, dll, mereka semua pegang HP loh. Anak-anak TK dan SD pun juga sudah mainan HP. Makanya zaman sekarang, paket data internet itu sudah menjadi kebutuhan pokok Sobat. Bahkan terkadang, mereka lebih milih beli paket data daripada beli makanan…

Ok, saya tidak akan membahas masalah HP dan paket data. Tapi kita ambil pelajaran hidup dari HP, yaitu ketika anda beli HP baru. Apa yang anda lakukan pertama kali??

Box HP dibuka. Anda keluarin semua komponen yang ada dalam box. Ada HP nya sendiri, baterai, charger, head set, kartu garansi, dan tentunya Manual Book atau User Guide untuk HP tersebut. Tentu selanjutnya anda akan melakukan testing HP tersebut, apakah berfungsi secara normal atau tidak.

Yang menarik perhatianku adalah Manual Book nya. Setiap anda membeli HP baru, atau pun perangkat dan peralatan apapun, pasti ada Manual Booknya. Bahkan dalam beberapa bahasa. Iya kan. Anda beli laptop, mesin cuci, televisi, kulkas, sampai anda beli motor dan mobil pun pasti ada Manual Booknya yang dikeluarkan oleh perusahaan pembuat perangkat tsb.

Apa sih gunanya Manual Book? Anda baca dan pelajari baik-baik gak tuh Manual Book? Kalo aku sih, sering baca tuh panduan dalam Manual Book. Dalam Manual Book HP biasanya terkandung hal-hal berikut:

  • Nama-nama komponen dan tombol-tombol yang ada dalam HP beserta fungsinya masing-masing.
  • Petunjuk dan panduan untuk instalasi HP.
  • Anjuran untuk penggunaan HP supaya berfungsi maksimal dan tahan lama.
  • Larangan dalam penggunaan HP supaya tidak cepat rusak.

Jadi, Manual Book itu berfungsi sebagai Petunjuk untuk penggunaan HP tersebut agar HP berfungsi dengan benar, optimal dan bisa tahan lama. Itu artinya, User Manual itu menjadi penentu keselamatan penggunaan HP tersebut.

Baca juga: Dekatilah Allah

Begitu juga dalam hidup ini, pasti ada Manual Book-nya. Kalo kita ingin hidup dengan SELAMAT di dunia dan akherat, ikuti petunjuk dalam Manual Book yang dibuat oleh Sang Pencipta manusia dan jagad raya ini. Apakah Manual Book untuk hidup kita?? Anda pasti tahu, yaitu Alqur’an dan Sunnah Rasul. Perhatikan hadits nabi berikut:

“Aku tinggalkan padamu sesuatu yang jika kamu berpegang teguh kepadanya niscaya kamu tidak akan sesat selama-lamanya sepeninggalku, yaitu Kitab Allah (Alqur’an) dan ‘ltrah Ahlul Baitku“. (HR Muslim No. 4425).

Pada dasarnya perintah Rasulullah saw untuk berpegang teguh pada Kitabullah (Al-Qur’an) dan Ahlul Bait atau Keluarga-Nabi inilah yang akan menyelamatkan umat Islam dari berbagai penyimpangan dan yang akan membuat kita berada pada Sunnah Rasul.

Sahabatku, yuks kita berpegang teguh kepada Manual Book Kehidupan ini. Janganlah engkau telantarkan dan abaikan Alqur’an dan Sunnah apalagi sampai berani melanggarnya. Hidupmu akan banyak masalah dan tidak akan pernah bahagia. Hidupmu akan rusak dan binasa. Kehidupan duniamu akan merana dan akheratmu akan sengsara. Na’udzubillahi min dzalik…

Baca juga: Tembang Lir-ilir Sunan Kalijaga

Salam Perubahan..!!



Categories: Siroh

Tags: , , , , , , , ,

2 replies

Trackbacks

  1. Listrik Mati Total – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  2. Kisah Kurban: Totalitas Keimanan – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: